Knowledge Management

Paramadina e-learning

  • PDF

 

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terjadi perkembangan yang cukup pesat di bidang strategi pembelajaran. Salah satunya pemanfaatan teknologi komputer dalam kegiatan belajar mengajar adalah program e-learning yang telah menjadi salah satu kebutuhan bagi civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa;

Perubahan paradigma strategi pembelajaran dari teacher-centered ke student-centeres mendorong civitas akademika untuk menggunakan elearning sebagai salah satu mtode pembelarajan yang dipersepsikan bersifat student centered. Pemanfaatan elearning diaharapkan dapat memotivasi peningkatan kualitas pembelajaran dan materi ajar, kualiatas aktivitas dan kemandirian mahasiswa, serta komunikasi antar a dosen dengan mahasiswa maupun antar mahasiswa,

E-learning juga dapat digunakan unuk mengatasi keterbatasan ruang kelas serta hambatan jarak dan waktu di dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Universitas Paramadina, mulai tahun 2010 mulai mengimplementasikan e-learning dalam penyelenggaraaan program pembelajaran secara terstruktur, walaupun untuk beberapa dosen telah melakukan program pembelajaran berbasis e-learning secara mandiri. Penyelenggaraan e-learning merupakan salah satu pendukung visi Universitas Paramadina menuju World Class University.

Website e-learning Paramadina dapat diakses melalui http://elearning.paramadina.ac.id oleh seluruh civitas akademika Universitas Paramadina mulai tahun akademik 2010/2011.

 

 

Kegiatan Pembelajaran

  • PDF

Universitas Paramadina diharapkan sanggup menjawab tantangan perkembangan bangsa pada masa depan yang terus berubah serta mampu mengoreksi model pendidikan yang berlaku sambil melahirkan model alternatif. Jalan ke arah itu, Universitas diharapkan dapat menumbuhkan suatu tradisi masyarakat ilmiah, dimana di dalamnya bukan hanya terdapat dosen yang mendidik mahasiswa, tetapi selutuh lingkungannya adlah guru yang memekarkan potensi kreatif serta menjunjung tinggi kebebasan mimbar akademis.

Mulai tahun 2010 Knowledge Management merancang suatu kegiatan pembelajaran untuk seluruh pegawai Universitas Paramadina. Kegiatan pembelajaran ini bertujuan untuk mendorong seluruh pegawai untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Kegiatan pembelajaran ini terdiri dari beberapa kegiatan yang bersifat Self Learning, belajar berkelompok hingga kegiatan pembelajaran tingkat Universitas dalam bentuk training/pelatihan maupun knowledge sharing.

Dengan adanya kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat memicu semangat seluruh pegawai untuk belajar dan mengembangkan diri, yang pada akhirnya akan menumbuhkan budaya pembelajaran di lingkungan Universitas Paramadina. Budaya pembelajaran yang terus menerus dikelola dan dilakukan dengan baik pada akhirnya akan menjadikan Universitas Paramadina sebagai sebuah organisasi pembelajaran (Learning Organisation)

 

Call of Paper Jurnal Universitas Paramadina Vol 8 No 4, Desember 2011

  • PDF

Jurnal Universitas Paramadina mengundang rekan-rekan untuk berpartisipasi mengirimkan artikel untuk dimuat di Jurnal Universitas Paramadina Vol 8 No 4 Desember 2011. Tema tulisan adalah bebas, namun sejalan dengan nilai-nilai Universitas Paramadina (Leadership, Entrepreneurhsip, Ethics), mengandung pemikiran-pemikiran baru dan memiliki referensi pendukung yang cukup.

Read more...
Positive SSL