b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Yudisium Prodi DPI

  • PDF

Desainer Produk Masa Depan

Selamat para lulusan prodi DPI…

Sepanjang bulan Juni hingga Oktober ini Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina disibukkan dengan agenda sidang TA (Tugas Akhir) mahasiswa. Hasilnya adalah, hingga Oktober ini Yudisium telah dilakukan untuk para lulusan Prodi DPI, yaitu: Abdussalam, Avian Pandu, Dyan Rachmatullah, Nur Annisa W, Rayvaldo Sakuain, dan Siti Mudrika. Hal yang menarik dalam TA kali ini adalah tema yang diangkat cukup beragam, mulai dari mainan edukatif, fasilitas umum, alat peraga pendidikan, alat makan hingga alat musik. Prodi DPI mengupayakan agar mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri dan kritis terhadap berbagai hal yang terjadi dan dibutuhkan masyarakat, baik ditinjau dari segi sosial, budaya, bisnis dan sebagainya. Keragaman tema TA/ skripsi memperlihatkan semangat yang tinggi untuk menghasilkan karya yang maksimal.

Kami ucapkan selamat kepada para lulusan, semoga ilmu yang diperoleh dapat dimanfaatkan dengan maksimal. (DPI/Oktober 2015)

 


 

JIEXPO, Kemayoran, 17-19 September 2015

  • PDF

“Desain Produk Paramadina” …kembali tampil di “IFMAC”

“Partisipasi mahasiswa pada pameran tingkat internasional”…

Penguasaan teknologi produksi merupakan salah satu penekanan pada Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina. Untuk itu, partisipasi dalam “IFMAC (International Woodworking & Furniture Manufacturing Components) 2015” merupakan suatu kesempatan untuk “update” wawasan produksi dengan mengenal aneka jenis mesin produksi. Dalam setiap keikutsertaannya, prodi DPI dan HIMA menampilkan produk karya mahasiswa terbaru yang dihasilkan dalam perkuliahan. Mereka menampilkan produk-produk furniture dengan material lokal (kayu, rotan, logam, dsb) dengan inovasi pada pengembangan konsep pasar, budaya dan perilaku konsumen. Prodi DPI kembali menampilkan pesan bahwa “para mahasiswa siap berperan aktif dalam mengembangkan produk furniture lokal”. Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk atau “Inprodes” Paramadina, jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen, dan seluruh mahasiswa atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) atas segala dukungannya melalui seminar dan workshop yang sangat bermanfaat. (DPI/September 2015)

 

Prestasi mahasiswa DPI dalam kompetisi desain tingkat nasional,

  • PDF

Mahasiswa DPI kembali raih “JUARA”

Pengumuman pemenang lomba desain sandal Homyped, 21 Agustus 2015…

Penguasaan iptek harus dibarengi dengan keinginan dan semangat untuk berkompetisi. Modal ini diperlukan bagi mahasiswa saat terjun ke dunia profesi. Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina sangat mendukung dan bekerja sama dengan HIMA (Himpunan Mahasiswa) untuk mengirimkan wakil dalam setiap kompetisi. Prestasi membanggakan kali ini dicapai oleh Abdussalam (DPI 2011) yang menjadi pemenang ke 2 dalam “Lomba Desain sandal Homyped “. Selamat kebada Abdussalam, semoga dapat memotivasi rekan-rekan lainnya.

Selamat juga kepada rekan-rekan mahasiswa dari HIMA, semoga keikutsertaan dalam kompetisi memberikan motivasi untuk terus mengembangkan kompetensi menjadi desainer handal masa depan. (DPI/Agustus 2015)


 

Sosialisasi Kegiatan BCIC 2015

  • PDF

Prodi DPI Dukung upaya Tingkatkan Potensi Produk Eksport

Coworking, Kemang, 19 Agustus 2015...

Sebagai wujud peran aktif perguruan tinggi dalam mendukung program pemerintah, masyarakat dan professional dibidang desain, Program Studi Desain Produk Industri Universitas Paramadina (prodi DPI) melakukan kerjasama (MOU) dengan BCIC (Bali Creatif Industry Center). BCIC adalah program dari Kementrian Perdagangan RI, berupa kegiatan pendampingan desain yang diikuti oleh para profesional dan mahasiswa desain seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama enam bulan dan diakhiri dengan pameran dan seminar internasional yang diadakan di gedung BCIC Denpasar, Bali.

Program ini bertujuan memberikan pengalaman dan wawasan kepada desainer untuk mengembangkan kekayaan budaya nasional. Peran para desainer sangat dibutuhkan untuk mengangkat kekayaan budaya nasional yang melimpah dan meningkatkan daya saing produk nasional untuk pasar eksport. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun lalu. Tahun ini kegiatan diperluas dengan menyertakan perguruan tinggi swasta dan desainer profesional dari beberapa kota termasuk DKI Jakarta. Sebagai wujud kerjasama/ MoU yang dilakukan, Prodi DPI universitas Paramadina ditunjuk menjadi tuan “Sosialisasi Program BCIC” untuk wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini berlangsung di Coworking, Kemang, Jakarta Selatan, tanggal 19 Agustus 2015. Acara terdiri dari sosialisasi program, fashion show dan sharing session oleh Dina Midiani (akademisi bidang Fashion) dan I Wayan Suklu (akademisi, seniman).

Prodi DPI berupaya agar mahasiswa mampu menghasilkan karya dengan mengembangkan kekayaan budaya lokal. Kemampuan dalam pengolahan material dan teknik produksi merupakan salah satu penekanannya. Pengetahuan mengenai trend dan fashion yang dipelajari di kampus juga menjadi bekal mahasiswa dalam menghasilkan produk yang disukai konsumen dan sesuai pasar yang dituju. Desainer harus berperan aktif dalam meningkatkan daya saing produk Indonesia khususnya untuk pasar eksport. Kerjasama dengan BCIC dan kementrian Perdagangan adalah upaya prodi DPI dalam memberikan kesempatan siswa untuk lebih update terhadap perkembangan desain, pasar (khususnya eksport) dan wawasan budaya nasional. (DPI/Agustus 2015)

 

Sosialisasi dan Silaturahmi Pra Converenza IV 19 Juni 2015

  • PDF

Kongres HIMA DPI….CONVERENZA IV

Sosialisasi dan Silaturahmi Pra Converenza IV pengurus HIMA DPI Universitas Paramadina…

Menyambut bulan Ramadhan kepengurusan HIMA Inprodes (Himpunan Mahasiswa Desain Produk Industri) mengadakan sosialisasi dan silaturahmi pra Converenza IV yang diadakan pada 19 Juni 2015. HIMA Inprodes mengadakan kongres tahunan untuk memilih ketua dan program kerja pengurus baru. Kegiatan ini adalah awal dari rangkaian kegiatan Converenza IV yang terdiri dari: kongres, pameran, dan seminar. Ketua program studi sebagai pembina HIMA, membuka dan memberi pengarahan dalam kegiatan ini. Kaprodi mendukung kegiatan ini dan mendorong pengembangan kegiatan organisasi, peningkatan kemampuan siswa, evaluasi permasalahan seputar akademik dan sebagainya. Hasil kegiatan ini berupa kalender kegiatan HIMA yang akan diajukan kepada Program Studi. Kemampuan berorganisasi merupakan kompetensi penting yang menjadi bekal mahasiswa dalam berkarir di dunia profesi. (DPI/Juni 2015)

 

Kunjungan Studi MK HKI

  • PDF

Rencanakan INOVASI dengan Mendaftar….Hak DESAIN INDUSTRI

Program Studi Desain Produk Industri (Prodi DPI) mengadakan kunjungan Kunjungan studi mahasiswa ke Direktorat Jenderal HKI, Kemenkumham, Kuningan-Jakarta Selatan. Program Studi DPI bekerjasama dengan Kemenkumham di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk menunjang pengetahuan mahasiswa terkait teknologi produksi dan strategi organisasi perusahaan bidang desain produk. Program ini dirancang sebagai bagian dari mata kuliah HKI (Hak Kekayaan Intelektual) bidang desain produk, dimana mereka harus mengetahui bagaimana memanfaatkan kebijakan dan undang undang mengenai Hak Kekayaan Intelektual.

Kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa tahun ke 3. Banyak hal yang mereka bisa peroleh terkait informasi, prosedur dan lingkup HKI. Kegiatan bertujuan agar mahasiswa lebih memiliki inisiatif untuk melindungi karya mereka sesuai undang-undang dan kesadaran bahwa pemanfaatan inovasi akan lebih maksimal jika dibarengi dengan perlindungan hukum.

Pengetahuan mengenai HKI merupakan sebagai kompetensi penting untuk terjun ke dunia profesi. Universitas memberi dukungan melalui kerjasama dengan Kementerian yang memiliki perhatian dibidang desain dan riset produk inovatif. (DPI/Juni/2015)

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL