b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Meet’n Greet INPRODES”…

  • PDF

Melanjutkan tradisi “Prestasi"mahasiswa DPI

"Sharing" mahasiswa berprestasi, prodi DPI, Universitas Paramadina

Sepanjang tahun 2013 ini, mahasiswa desain produk industri (DPI) berhasil menorehkan prestasi membanggakan, dengan menjadi juara di berbagai kompetisi. Selamat kepada para juara dan tentunya juga kepada tim pendukung, rekan-rekan yang tergabung dalam INPRODES (HIMA DPI). Prestasi ini tentunya harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Untuk itu sejalan dengan dimulainya awal tahun ajaran yang dipenuhi dengan hadirnya para mahasiswa baru, maka prodi bekerjasama dengan HIMA, mengadakan kegiatan “Meet ‘n Greet INPRODES”. Kegiatan ini berupa presentasi dan ramah tamah antara mahasiswa dan mahasiswa baru. Presentasi dilakukan oleh para siswa berprestasi dalam kompetisi, diantaranya : Abdussalam (DPI 2011), Favorite Futuristic Product Design 2013/ STISI Telkom, Dyan Rachmatullah (DPI 2011), Lomba karya ilmiah “Electrical Innovation Award” 2012 dan 2013, Bisma Yudha (DPI 2010) 2ND Winner Fashion design /STISI Telkom, Fajar Abdillah , finalis iCAT Free Form Challenge 2012, dan 1st Winner  Futuristic Product Design 2013/STISI Telkom, dan Imam Mucholis (DPI 2011) Favorite Fashion Design /STISI Telkom. Mereka mempresentasikan bagaimana usaha dan kiat apa yang dilakukan untuk berprestasi. Termasuk kiat untuk tetap semangat, karena sebagian dari mereka sudah ikut beberapa kali lomba dan baru kali ini menjadi juara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa dan tentunya mahasiswa baru untuk aktif berkompetisi menerapkan pengetahuan desain diluar kampus. Atmosfir positif ini memang harus dijaga dengan kegiatan-kegiatan semacam ini. Sekali lagi selamat kepada para mahasiswa dan HIMA atas kontribusinya dalam mengembangkan atmosfir prestasi di kampus tercinta ini. Ilmu yang didapat didalam kelas memang harus selalu di asah agar semakin tajam dan merupakan bekal penting saat terjun ke dunia proffesi nanti….Semoga semakin sukses dan memotivasi rekan-rekan lainnya untuk berprestasi. (DPI/Oktober 2012)

 

 

“FURniture Showcase”…DPI paramadina

  • PDF

Pameran Produk Kayu dan Rotan, Plaza Kemenprin, 26 September 2013

Pameran Karya mahasiswa DPI, pada pameran furniture nasional

Mahasiswa Desain Produk Paramadina kembali berpartisipasi dalam “Pameran Produk Kayu dan Rotan Indonesia 2013”. Kali ini Program studi DPI (desain produk industri) menampilkan karya furniture kursi berbahan alam (kayu, rotan, dan kombinasi logam), dengan inovasi pada fungsi dan kreativitas menyelesaikan permasalahan pengguna. Karya yang dipamerkan diantaranya : kursi santai untuk lounge, kursi belajar untuk penderita cacat, kursi untuk ibu menyusui, kursi dengan storage untuk anak dan sebagainya. Selain furniture, ditampilkan juga karya produk mainan kayu, lampu dinding, dan beberapa display karya riset produk tugas akhir, styling dan sebagainya. Prodi mencoba menampilkan karya yang menggambarkan kompetensi mahasiswa sebagai persiapan untuk terjun ke dunia profesi, seperti kemampuan mengolah kayu dan modelling untuk industri berbasis bahan logam dan plastik.

Melalui pameran ini para mahasiswa mencoba menampilkan pesan bahwa desainer harus mampu membuat produk yang dapat diproduksi dengan kualitas baik, menggunakan strategi, serta berperan bagi pemberdayaan perekonomian dan kelestarian lingkungan. Prodi DPI memang menfokuskan untuk memperkaya kajian-kajian desain yang sejalan dengan kondisi Indonesia sebagai negara yang kaya akan bahan baku hutan, serta SDM di bidang pengolahan hasil hutan. (DPI/September 2013)

 

Mari membaca…“TREND”

  • PDF

“Sharing” alumni dalam Kuliah Umum prodi Desain Produk


Kuliah Umum “Trend Forcasting”, 26 September 2013,

Tugas desainer produk adalah membuat produk untuk diproduksi dan kemudian dimanfaatkan oleh konsumennya. Kesuksesan produk dipasaran memberikan keuntungan yang tidak hanya bagi konsumennya, tetapi juga untuk produsen yang berskala industri besar, menengah ataupun kecil. Para pekerja di tiap lapisan industri ini menggantungkan besar/kecil penghasilannya pada produk mereka. Disinilah letak peran desainer produk bagi perekonomian, dimana kesuksesan desain ternyata berpengaruh bagi orang banyak. Untuk itu desain harus dilakukan dengan serius menghindari kegagalan produk.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan “trend forecasting” yaitu suatu metode “meramal” trend (kecenderungan) masyarakat dalam suatu waktu tertentu. Metode ini digunakan agar produk kita bisa lebih diterima karena lebih sesuai dengan kecenderungan selera dari masyarakat saat produk tersebut diluncurkan. Untuk itu Prodi Desain Produk (DP) kali ini mengadakan kuliah umum “trend forecasting”, dengan mengundang pembicara dari BDA+ , sebuah konsultan desain yang melakukan riset tren, dan membuat buku tren bagi para desainer. Hal yang menarik dari kuliah umum ini adalah, dimana Tri Anugrah S.Sn, sebagai pembicara, merupakan alumni universitas Paramadina yang menjadi salah satu researcher dalam membuatan buku tren tersebut.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mampu mengembangkan konsep-konsep desain yang tidak hanya inovatif dan menarik, namun juga sesuai dengan tren yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Disamping itu kegiatan yang menampilkan alumni sebagai pembicara, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan kualitas desain mereka. (DPI/September 2013).

 

 

Mahasiswa DPI Siaaap…ber“Kompetisi”

  • PDF

Prodi DPI tuan rumah “Sosialisasi lomba desain sandal Homyped Ladies

Sebagai mahasiswa desain produk, sebaiknya tidak hanya berkarya berdasarkan tugas yang diberikan dalam perkuliahan, namun kemampuan desain juga harus “diasah” melalui partisipasi dalam lomba desain. Kamis lalu tanggal 26 September 2013, prodi Desain Produk Industri (DPI) Universitas Paramadina menjadi salah satu dari tujuh perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah sosialisasi lomba desain sandal, yang diadakan oleh PT. Dwi Naga Sakti Abadi, produsen sandal merek Homyped. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan penjelasan mengenai lomba, agar kualitas desain yang masuk lebih baik. Acara cukup menarik apalagi dengan adanya doorprize, untuk pendengar yang paling konsentrasi dan mampu menjawab pertanyaan di setiap sesi.

 

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih termotivasi untuk turut berkompetisi. Prodi siap menfasilitasi bila dibutuhkan dan silahkan INPRODES (HIMA desain produk) mengkoordinasikan rekan-rekan mahasiswa untuk mengikuti lomba ini. Selamat berkompetisi dan semoga sukses meraih prestasi. (DPI/Oktober 2013)

 

‘‘Selamat dan sukses”…mahasiswa TA DPI 2013

  • PDF

Yudisium mahasiswa Tugas Akhir Desain Produk Universitas Paramadina

titan

Mengucapkan selamat kepada mahasiswa kami Inddy Leggasih dan M. Titan Anoda atas keberhasilannya menempuh Tugas Akhir (TA). Rangkaian sidang TA Prodi Desain Produk berakhir minggu lalu dengan meluluskan empat mahasiswa, setelah beberapa waktu sebelumnya, memutuskan kelulusan dari Raeny Juliana R dan Farah Aini Astuti.

Prodi DPI juga memberikan apresiasi tinggi kepada para sarjana baru atas keberhasilannya. Semoga pembelajaran yang diperoleh bisa dimanfaatkan dengan baik dan menjadi awal langkah sukses anda di dunia profesi nanti. Tak lupa pesan kami agar selalu menjaga nama baik almamater dan tetap menjaga integritas dan terimakasih telah menjadi bagian dari sivitas akademika Universitas Paramadina.

(DPI/ September 2013)

 

“Selamat” untuk … JUARA Lomba Desain Kemasan

  • PDF

Prestasi mahasiswa Desain Produk Paramadina dalam "Lomba desain Kemasan 2013”

 

 

 

Mahasiswa Desain Produk (DP), Imam Mucholis (DPI 2011) berhasil meraih penghargaan dalam “Lomba Desain Kemasan 2012”. Imam meraih penghargaan ke 2 untuk kategori kemasan makanan dan minuman. Sekali lagi, semangat para siswa DP dalam berkompetisi berbuah keberhasilan sebagai pemenang. Tidak hanya dalam lingkup akademik yang mengedepankan kemampuan berkarya, namun melalui organisasi INPRODES (himpunan mahasiswa desain produk) mereka saling memotivasi dan mengasah nyali untuk berkompetisi.

Kami ucapkan selamat atas prestasinya yang membanggakan. Semoga semakin sukses dan memotivasi rekan-rekan lainnya untuk berprestasi dalam kompetisi. (DPI/September 2013)

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL