b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

BRAVO … “JUARA” Sandalicious Design Competition

  • PDF

Mahasiswa DPI mendominasi gelar juara

 

Prestasi mahasiswa DPI kembali bersinar di lomba desain sandal “Sandalicious”.
Kompetisi ini diadakan oleh produsen sandal Homyped, sejak pertengahan tahun 2013. Pengumuman pemenang dilaksanakan 18 Januari 2014, di Hotel Peninsula. Setelah lolos dan menjadi finalis, akhirnya mahasiswa kami: Fajar Abdillah (DPI 2009) berhasil meraih Juara Pertama, dan Tsamrotul Aniqoh (DPI 2010) meraih Juara Favorit. Sekali lagi, semangat berkompetisi mahasiswa DPI berbuah keberhasilan sebagai pemenang. Tidak hanya dalam lingkup akademik yang mengedepankan kemampuan berkarya, namun melalui organisasi INPRODES (himpunan mahasiswa desain produk) mereka saling memotivasi dan mengasah nyali dalam berkompetisi.
Kami ucapkan selamat atas prestasinya yang membanggakan. Semoga semakin sukses dan memotivasi rekan-rekan lainnya untuk berprestasi dalam kompetisi. (DPI/September 2013)


 

‘‘Congrats”…Lulusan DPI 2014

  • PDF

Yudisium mahasiswa Prodi DPI Universitas Paramadina

Selamat atas Penyelesaian Tugas Akhir

Selamat kepada mahasiswa Program Studi Desain Produk Industri (DPI) yang berhasil menyelesaikan Tugas Akhir. Dengan ini lengkap sudah kompetensi desain produk yang dikuasai. Selamat kepada Ahmad Topani (DPI 2008) yang berhasil menempuh sidang tanggal 12 Desember 2013 lalu, dan Fajar Abdillah (DPI 2009) yang menyusul berikutnya tanggal 7 Januari 2014. Semoga persiapan menuju tanggal wisuda dapat berjalan lancar. Topan berhasil menyelesaikan Tugas Akhir dengan judul : “Pengembangan Desain Gerobak Es Jus, Taman Tenda 46 ; dan Fajar dengan judul “Perancangan Backpack Alpine System.

Selamat dan sukses, semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat banyak. (DPI/Januari 2014)

 

 

"PRESENTASI Terbuka"…karya akademik Desain Produk

  • PDF

Teras Auditorium Nurcholish Madjid Universitas Paramadina


Presentasi dan penilaian MK DP 4 secara terbuka

Sebagai salah satu mata kuliah andalan program studi (prodi) DPI (desain produk industri) yang mengandung kekhususan kompetensi kurikulum, maka prodi mencoba mensosialisasikannya melalui proses presentasi dan penilaian karya secara terbuka. Penilaian tidak hanya dilakukan oleh dosen prodi namun juga oleh dosen dari disiplin lain dan oleh para hadirin. Presentasi diadakan di area terbuka, teras Auditorium Nurcholish Madjid, yang mana sekaligus dibuat pameran kecil.

Mata kuliah DP4 adalah salah satu ciri kompetensi siswa DPI Paramadina. Kuliah ini memberikan kompetensi khusus siswa dibidang industri, produksi, dan strategi desain yang dibungkus dalam proyek desain furniture. Tema kali ini adalah “kursi untuk pasar eksport”. Beberapa proyek yang dikerjakan adalah : kursi untuk lobby dan lounge, kursi pijat refleksi, kursi goyang, stacking chair, kursi pantai, dan sebagainya. Penilaian tidak hanya pada hasil akhir yang dipresentasikan, tetapi proses juga mendapat porsi penting yang dinilai langsung oleh dosen pengampu. Secara umum hasil karya mahasiswa semakin baik, dikarenakan pemahaman dan disiplin mereka terhadap proses telah mengalami banyak peningkatan. Hasil akhir untuk angkatan ini bisa dibilang lebih baik dan berhasil menjadikan prototype yang berkualitas. Produk hasil akhir siswa berupa 1st prototype (prototype awal untuk evaluasi produksi), yang mana biasanya akan dikembangkan lagi menjadi prototype produksi (siap produksi).

Pameran ini dapat menjadi simulasi dari penilaian masyarakat terhadap produk, dengan memberikan masukan langsung. Desainer harus terbuka dan siap menerima masukan tidak hanya berkutat pada teori dan pendapat atau kebenaran pribadi. Kegiatan ini juga menginformasikan kompetensi khusus mahasiswa DPI untuk kalangan civtas akademika. (DPI/Desember 2013)

 

 

Inprodes "CONFERENZA III"…karya akademik Desain Produk

  • PDF

Konferensi HIMA DPI, Universitas Paramadina, 28 November-1 Desember 2013

Pemilu HIMA, pameran karya dan workshop

Setelah satu tahun masa kepengurusan HIMA Inprodes (himpunan mahasiswa desain produk industri) maka saatnya pembentukan pengurus baru dan evaluasi organisasi yang dilakukan dalam rangkaian konferensi HIMA. Sebagai pembina dan rekanan HIMA, prodi mendukung kegiatan ini dan berpartisipasi didalamnya. Banyak hal yang dibahas terkait pengembangan kegiatan organisasi, peningkatan kemampuan siswa, permasalahan seputar akademik dan sebagainya. Hasil kegiatan ini berupa ketua dan pengurus HIMA baru serta beberapa kebijakan dan kegiatan atau program kerja baru yang akan dijalankan. Rangkaian kegiatan berupa ; konferensi, pameran, workshop dan diskusi.

Kegiatan ini menetapkan Noor Bagus (DPI 2012) sebagai ketua HIMA Inprodes yang baru dan Gema Wahyudi (DPI 2010) sebagai ketua dewan penasihat. Acara berikutnya berupa penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi : Gema Wahyudi (DPI 2010) untuk prestasi akademik, Dyan Rachmatullah (DPI 2011) untuk prestasi non akademik, Raeny Juliana (DPI 2008) prestasi lulusan dan Fajar Abdillah (DPI 2009) untuk prestasi organisasi.  Pada kesempatan ini juga diluncurkan desain pin HIMA inprodes yang kemudian disematkan kepada: anggota baru, ketua pengurus baru dan ketua dewan penasihat baru. Acara konferensi ditutup dengan “sharing” dari ketua prodi DPI Noel Febry A, M.Sn mengenai organisasi dan pengarahan khususnya kepada anggota baru.

Selamat atas terpilihnya kepengurusan baru HIMA DPI, semoga semakin kompak dan produktif mengadakan kegiatan yang berkualitas. (DPI/Desember 2013)

 

 

…“Tantangan Pendidikan Desain Produk di Indonesia DULU, SAAT ini dan MASA datang”…

  • PDF

Kuliah Umum, Program Studi Desain Produk Industri, 21 November 2013

 

Ceramah dari “Master” desain produk, Prof. Imam Buchori Z.

Prodi DPI Universitas Paramadina kali ini berkesempatan untuk mengundang Bpk Prof. Imam Buchori Zainuddin, sebagai pembicara dalam kuliah umum bertema “Sejarah Pendidikan Desain Produk di Indonesia”. Prof. Imam Buchori sebagai tokoh awal pendidikan desain produk di Indonesia memaparkan pengalamannya sebagai desainer professional, kemudian sebagai pendidik dan bahkan beliau juga bercerita tentang pendidikan desain yang dialami saat masih mahasiswa. Ceramah dan diskusi ini berlangsung sangat menarik, dimana staf pengajar dan para siswa sangat terkesan dengan pengalaman panjang beliau menekuni bidang desain produk dari awal sebagai mahasiswa, hingga kini menjadi guru besar. Pemaparan menarik tidak hanya cerita saat menempuh pendidikan di luar negeri dan menjadi akademisi, namun juga ketika ternyata beliau sempat aktif sebagai desainer profesional yang menjuarai berbagai lomba saat itu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejarah, dan memahami lebih dalam mengenai kegiatan belajar mengajar, aktivitas mahasiswa, suasana akademis serta sinergi perguruan tinggi dan dunia profesi dalam perjalanan sejarah desain produk di Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kuliah umum terdahulu mengenai pendidikan desain di negara lain (Jerman, Finlandia dan AS).

Kegiatan ini memberikan gambaran pada mahasiswa mengenai suasana pendidikan desain dari awal berdiri hingga kini. Demikian juga mengenai refleksi dan pandangan Prof. Imam Buchori mengenai pendidikan desain produk, yang tentunya sangat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan prodi. Melalui wawasan ini, diharapkan dapat memberi motivasi dan sikap kritis mahasiswa, untuk lebih terbuka merencanakan pendidikan dan kompetensi untuk bersaing di dunia profesi, serta menumbuhkan idealisme sebagai desainer yang memiliki integritas serta tanggungjawab moral sebagaimana tujuan dikembangkannya keilmuan ini di Indonesia dahulu. Kuliah umum ini juga memberikan masukan penting dalam mempersiapkan para siswa, melalui pengelolaan prodi, aktivitas HIMA dan pengembangan keilmuan yang lebih baik. (DPI/November 2013)

 

 

 

 

 

 

“TEH ANGET… showcase”

  • PDF

Auditorium Nurcholish Madjid 11-13 November 2013

Pameran akademik mahasiswa DKV dan DPI tahun pertama

Mengakhiri satu tahun perkuliahan, mahasiswa desain komunikasi visual (DKV) dan desain produk industri (DPI) telah menguasai berbagai ilmu dasar serta teknik dan keterampilan dasar desain yang tercermin dari tugas-tugas yang mereka kerjakan. Diantaranya, adalah kemampuan untuk tampil merepresentasikan diri dalam sebuah pameran karya. Kegiatan pameran adalah salah satu cara memberikan pengalaman pertama pada mahasiswa untuk melatih kemampuan tersebut. Mereka dituntut untuk tampil penuh percaya diri dan berhadapan langsung dengan publik yang mengapresiasi karya mereka. Kegiatan ini dibuka oleh Bpk. Totok A Soefjanto Ed.D, Deputi Rektor Bidang Akademik Riset dan Kemahasiswaan, mewakili Rektor. Bpk. Anies Baswedan Ph.D, yang berhalangan hadir.

Pameran berjudul “Teh Anget showcase” ini terbuka untuk umum. Seluruh rangkaian kegiatan dikelola oleh mahasiswa yang tergabung Rupakapala (HIMA DKV) dan Improdes (HIMA DPI). Kegiatan terdiri dari rangkaian acar : pameran, seminar dan workshop. Banyak kemajuan terlihat dari pameran ini, dimana mahasiswa semakin baik, tidak hanya dari segi karya, tetapi juga kesesuaian dengan tema dan suasana ruang pamer. Pada pameran kali ini ada kemajuan baru dimana panitia menggunakan strategi komunikasi dan promosi yang menarik dengan materi promosi lengkap seperti spanduk, banner dan mascot kegiatan. Hasilnya, kegiatan ini memang lebih meriah dikunjungi oleh segenap sivitas akademika universitas Paramadina. Sementara itu, pada rangkaian kegiatan lainnya diisi oleh seminar mengenai broadcasting, ilustrasi dan workshop kardus. Selamat berkarya…Bravo Rupakapala dan Inprodes!. (DPI/November 2013)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL