b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Mari “Bergabung” … mahasiswa Baru 2014

  • PDF

Grha Mahasiswa Paramadina 2014

Orientasi mahasiswa mahasiswa baru prodi DPI, angkatan 2014.

Universitas Paramadina mengadakan penyambutan mahasiswa baru angkatan 2014 secara serentak, termasuk prodi Desain Produk Industri (DPI). Kegiatan dilakukan di dalam dan di luar kelas dalam format presentasi, kuliah, diskusi serta game-game seru dan mengasyikkan. Orientasi ini diberi nama Grha Mahardika Paramadina (GMP). Kegiatan ini berlangsung diselenggarakan pada 8-11 September 2014, dan  dikelola bersama Senat Mahasiswa (SEMA), Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan tim perwakilan dari universitas.

Grha Mahardika Paramadina (GMP) Mengambil dari makna gramatikal (sansekerta, Grha: rumah, Mahardika: merdeka; bebas), “Grha Mahardika Paramadina” adalah menjadikan bentuk utama universitas sebagai “Rumah Kebebasan Paramadina”. Universitas adalah rumah baru, rumah ‘kebebasan’ bagi mahasiswa baru. Rumah menuju pendewasaan dengan membebaskan pikiran (kepekaan pikir dan hati), membebaskan gerak (ekspresi-kreasi) dalam wujud yang paling bermutu dan membawa manfaat (kontributif).

Tujuan dari kegiatan GMP adalah Mengenalkan lebih jauh kepada mahasiswa mengenai wawasan internal civitas academica Universitas Paramadina (Wiyata Mandala). Kegiatan ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kembali kepekaan mahasiswa secara pikiran (kritis) dan hati (peduli) dengan kemampuan dasar (pola pikir): menafsirkan dan menularkan nilai-nilai Paramadina. Selain itu juga untuk menumbuhkan semangat kreatif (tanggap dan dinamis) dan kontributif (bermanfaat) dalam beraktivitas. Oleh karena itu, tidak hanya di dalam kelas, siswa juga dituntut peran aktifnya diluar kelas melalui organisasi HIMA untuk mempersiapkan kompetensi professional sebagai bekal menghadapi berbagai dinamika kehidupan masa kini dan masa depan.

Tema GMP kali ini adalah “Kitalah Generasi Penyulut Mimpi: Pemantik Idealisme Manusia Baru Paramadina”.  Kegiatan yang berlangsung 4 (Empat) hari ini diawali dengan penyambutan bagi mahasiswa baru oleh Rektor, dan hari keempat ditutup dengan malam seni.

Kami ucapkan selamat berkegiatan. Semoga kegiatan ini menjadi kenangan pertama yang berkesan dan tak terlupakan. (DPI/September 2014)

Mahasiswa wirausaha DPI …raih “PMW 2014”

  • PDF

Program Mahasiswa Wirausaha 2014, Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi

Selamat atas prestasi tim “Krak Roll” mahasiswa DPI

Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, melalui Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) III Jakarta seperti tahun – tahun sebelumnya menyelenggarakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Program ini dimaksudkan untuk melahirkan wirausahawan baru dari lingkungan mahasiswa sehingga dapat mengurangi “mental pencari kerja”, dan diganti dengan lulusan yang dapat memberikan manfaat yang lebih banyak di masyarakat. Pendaftaran PMW 2014 dibuka tanggal 14 Maret 2014 sampai dengan 25 April 2014. Dalam tahap pendaftaran ini diterima 142 proposal bisnis mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Wilayah Koopertis III Jakarta, termasuk Universitas Paramadina. Sejumlah 142 proposal bisnis tersebut, kemudian ditentukan 20 finalis yang dianggap paling memenuhi kriteria untuk mendapatkan dana hibah Program Mahasiswa Wirausaha 2014.

Para Finalis ini kemudian mempresentasikan konsep bisnisnya didepan tim penguji pada tanggal 17 Juli 2014 di gedung Koopertis III Jakarta. Universitas Paramadina melalui salah satu tim perwakilannya dari Program Studi Desain Produk Industri (DPI) yang diketuai oleh Abdussalam (DPI 2011) dengan anggota tim Imam Mucholis (DPI 2011) dan Anton Nuari (DPI 2011) berhasil lolos dan mendapatkan dana hibah untuk implementasi usaha dengan nama usaha “KRAK ROLL; warisan budaya, inovasi dan citarasa”. Krak Roll adalah kerak telor modern, yaitu ide usaha kreatif dalam bidang kuliner yang menginovasi kerak telor tradisional menjadi lebih modern agar dapat diterima oleh pasar yang lebih luas. Inovasi yang dilakukan adalah pada : proses produksinya, konsep penjualan, tampilan, pengemasan, dan varian rasa dengan tetap mempertahankan identitas rasa dari kerak telor tradisional. Saat ini Abdussalam dan tim sudah membuka gerai penjualan Krak Roll dari program PMW 2014 ini di daerah Pancoran Barat Jakarta selatan.

Atas prestasi ini, Prodi DPI turut bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada tim pemenang dan seluruh pihak yang berpartisipasi. Prodi DPI berupaya mengasah kemampuan “entrepreneurship” siswa melalui kurikulum dan mata kuliah. Dukungan aktivitas nonakademik melalui kesempatan pameran, lomba, riset dan seminar desain, juga memberikan wawasan pada siswa untuk berkompetisi dan meningkatkan kemampuan kreatif dan inovatsi mereka. Kami ucapkan selamat atas prestasinya yang membanggakan. Semoga semakin sukses dan memotivasi rekan-rekan lainnya untuk berprestasi dalam kompetisi. (DPI/Juli 2014)


 

Desain Produk Paramadina … di “Pasar DESAIN 2014 “

  • PDF

MEGABUILD International Expo, JCC, 17-20 April 2014

‘Peran aktif mahasiswa Desain Produk dalam ajang Desain Internasional

Program Studi Desain Produk Industri (DPI) kembali mengikutsertakan Inprodes (HIMA Desain Produk) berpartisipasi dalam “Pasar Desain 2014”, sebuah kegiatan Pameran Internasional yang melibatkan desainer profesional dan pelaku industri dibidang bangunan, interior, arsitektur dan furniture. Kegiatan ini berlangsung tanggal 17-20 April, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Pasar Desain adalah sebuah area dalam pameran “MEGABUILD International Expo”, sebuah pameran yang digagas oleh Asosiasi Keramik Indonesia dan mengundang IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia dan HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia). Pameran ini melibatkan pengusaha dan industri pendukung bidang : Desain Produk, Arsitektur, Desain Interior, Desain Tekstil, dsb.

Pameran kali ini menampilkan produk-produk karya desainer yang dijual untuk umum. Desainer tidak hanya bekerja berdasarkan pesanan, namun juga dapat menyalurkan kemampuan enterpreneur dengan menjual karya kreatif mereka. Karya para desainer ini tidak hanya yang sudah diproduksi massal, namun banyak juga yang merupakan karya terbatas atau eksklusif. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung “Pasar Desain”. Mereka dapat membeli produk-produk unik yang jarang mereka lihat dipasaran.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal dunia bisnis dimana desainer tidak bekerja untuk diri sendiri, namun bisnis ini melibatkan juga profesi desain terkait, serta industri pendukung desain. Wawasan ini penting sebagai bekal mereka dalam memasuki dunia profesi. Kegiatan ini bermanfaat juga untuk membangun koneksi dengan para pengusaha, desainer dan produsen produk-produk penting dalam proses realisasi desain.

Apresiasi yang besar kepada para Mahasiswa Desain Produk yang menyempatkan diri berpartisipasi aktif di tengah kegiatan perkuliahan yang padat karena sudah mendekati ujian akhir. Jika pandai membagi waktu, tentunya permasalahan kuliah bisa diatasi dengan baik. (DPI/April 2014)


 

‘‘Congrats”…lulusan Terbaik DPI 2014

  • PDF

Profil Lulusan terbaik Prodi Desain Produk Industri Universitas Paramadina

Fajar Adillah, lulusan terbaik prodi

Selamat kepada para wisudawan Program Studi Desain Produk Industri (DPI). Kepada : Widodo Anwar, M. Ersjad, Ahmad Topani dan Fajar Abdillah, semoga sukses di dunia profesi. Apresiasi khusus untuk Fajar Abdillah (DPI 2009) sebagai Lulusan Terbaik Prodi (Program Studi) DPI (Desain Produk Industri).

Fajar Abdillah, lahir di Bukittinggi, 03 November 1990. Menempuh pendidikan Desain Produk di Universitas Paramadina tahun 2009, melalui program beasiswa “Paramadina Fellowship”. Ketertarikan terhadap Desain Produk sudah dimulai sejak lulus SMU. Sambil menyelesaikan Tugas Akhir, Fajar juga aktif sebagai freelance designer untuk Interior Consultant, dan berkarya di bidang furniture dan interior Accessories, sejak 2012.

Selama kuliah, Fajar merupakan siswa yang aktif mengikuti event di bidang desain seperti IFFINA 2010-2012, bersama himpunan mahasiswa dan Universitas Paramadina. Kegigihannya mengikuti lomba akhirnya berbuah hasil dengan meraih penghargaan di bidang desain yaitu : The 1st Winner For Futuristic Product Design DIGIFEST 2013, Finalist of ICAT FFC Maribor, Slovenia 2012, dan The 1st Winner of Homyped Sandalicious Design Contest 2014.

Kedepannya sebagai designer dan alumni Universitas Paramadina, berupaya menjadi “Agent of Change”, aktif menginspirasi rekan-rekan generasi muda untuk bersama-sama mengembangkan potensi desain nasional. Untuk itu Fajar bergabung dengan HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) pada tahun 2014. Saat ini aktif berprofesi sebagai freelance designer untuk Interior dan Desain Produk disamping turut berpartisipasi dalam kesekretariatan HDMI.

Selamat dan sukses, jagalah integritas dan semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat banyak. (DPI/April 2014)

 

 


 

‘‘Congrats”…Lulusan DPI 2014

  • PDF

Yudisium mahasiswa Prodi DPI Universitas Paramadina

Selamat atas penyelesaian tugas akhir

Selamat mahasiswa Program Studi Desain Produk Industri (DPI) yang berhasil menyelesaikan Tugas Akhir (TA). Dengan ini lengkap sudah kompetensi desain produk yang dikuasai. Selamat kepada M. Ersjad (DPI 2006) dan Widodo Anwar (DPI 2007) yang berhasil menempuh sidang tanggal 12 Maret 2014 lalu. Semoga persiapan menuju tanggal wisuda dapat berjalan lancar. M Ersjad berhasil menyelesaikan Tugas Akhir dengan judul : “Perancangan Permainan Congklak Menggunakan Konsep Pertanian dalam Upaya Pelestarian Permainan Tradisional ; dan Widodo dengan judul “Perancangan Rig Kamera Multifungsi”. Keduanya berhasil menyusul ke dua rekan mereka : Fajar Abdillah dan Ahmad Topani yang terlebih dahulu menyelesaikan TA. Mereka semua akan di wisuda bulan April ini.

Selamat dan sukses, semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat banyak. (DPI/Maret 2014)

Paramadina Desain Produk… in “IFFINA 2014 “

  • PDF

Eco Park Senayan, 14-17 Maret 2014

‘Peran aktif dalam pengembangan produk lokal

Program Studi Desain Produk Industri (DPI) kembali berpartisipasi dalam IFFINA 2014, dalam area “d-Insight”. Area ini dikelola oleh HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia), sebuah area yang berisi sekolah desain dan desainer profesional. Kegiatan ini berlangsung tanggal 14-17 Maret di Taman Parkir Timur Senayan (Senayan Eco Park).

Pada kesempatan kali ini Inprodes (HIMA desain produk) menampilkan karya furniture mahasiswa tingkat 3. Mereka menampilkan produk-produk furniture dengan material lokal (kayu, rotan, logam, dsb) dengan inovasi pada pengembangan konsep pasar, budaya dan perilaku konsumen, seperti : produk kursi goyang, kursi santai untuk remaja, kursi pijat, dst. Prodi DPI menampilkan pesan bahwa “para mahasiswa siap berperan aktif dalam mengembangkan produk furniture lokal”.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan silaturahmi antara desainer profesional, industri dan perguruan tinggi. Sebuah kesempatan berharga bagi para siswa untuk berpartisipasi dalam pameran tingkat internasional dan dapat berinteraksi dengan rekan-rekan dari perguruan tinggi desain lainnya, serta tentunya mendapatkan banyak ilmu dari para desainer profesional. Para mahasiswa juga aktif dalam rangkaian kegiatan yang dikelola oleh HDMI, seperti Forum Perguruan Tinggi Desain dan seminar desain dengan pembicara para desainer senior dari dalam dan luar negeri.

Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk atau Improdes Paramadina, jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen, dan seluruh mahasiswa atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI atas segala dukungannya melalui seminar dan workshop yang sangat bermanfaat. Tentunya terima kasih kepada ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) yang telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain untuk tampil dalam kegiatan bertaraf internasional ini. (DPI/Maret 2014)

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL