b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Punya bakat “DESAIN”…mari kuliah di program studi “DESAIN”

  • PDF

Pameran Pendidikan Tinggi, JCC, 5-8 Februari 2015

“Prodi DPI ramaikan booth Kampus Universitas Paramadina“

Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) kembali mendukung promosi kampus tercinta dengan meramaikan booth universitas Paramadina pada “Pameran Pendidikan Tinggi”. Bekerjasama dengan para mahasiswa yang tergabung dalam HIMA INPRODES (Himpunan Mahasiswa DPI), prodi DPI memajang karya mahasiswa dan membuat suasana booth agar lebih berkesan diantara peserta lainnya. Pada kesempatan kali ini Universitas Paramadina lebih memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk berdiskusi dan konsultasi mengenai program studi yang ada. Khususnya prodi DPI dan DKV (Desain Komunikasi Visual) yang mana memang masih asing bagi para pelajar. Melalui konsultasi ini diharapkan memberikan manfaat bagi mereka dalam mengambil keputusan menempuh jalur pendidikan yang sesuai.

Selain partisipasi pada booth universitas Paramadina, prodi DPI dan DKV (Desain Komunikasi Visual) juga menjadi pengisi acara di panggung utama, yaitu presentasi mengenai “Cara dan Trik Menggambar“. Presentasi ini dibawakan oleh Bpk. Tasri Jatnika, dari Studio Porto, salah lembaga bimbingan belajar yang juga merupakan rekanan prodi DPI dan DKV. Presentasi ini memberikan pengetahuan kepada para peserta bagaimana menggambar yang baik. Perserta juga sedikit banyak mendapatkan gambaran mengenai pelajaran menggambar atau bagaimana pembelajaran menggambar yang akan mereka dapatkan jika mereka menempuh kuliah di program studi desain. Hal ini tentunya dapat menjadi masukan dalam memilih jalur pendidikan yang tepat sesuai bakat dan kemampuan yang dimiliki.

Selamat berpameran bagi tim universitas Paramadina yang bertugas dan semoga sukses. Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi kita semua dan juga bagi masyarakat banyak. (DPI/Februari 2015)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Punya bakat “DESAIN”…mari kuliah di program studi “DESAIN”

  • PDF

Pameran Pendidikan Tinggi ke VIII di Istora Senayan, 2-4 Februari 2015

“Partisipasi Prodi DPI pada booth kampus Universitas Paramadina“

Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) turut aktif mendukung promosi kampus tercinta dengan mengelola booth universitas Paramadina pada “Pameran Pendidikan Tinggi ke VIII”. Bekerjasama dengan para mahasiswa yang tergabung dalam HIMA INPRODES (Himpunan Mahasiswa Prodi DPI) prodi DPI memajang karya mahasiswa dan membuat suasana booth agar lebih berkesan diantara peserta lainnya.

Selain menghiasi booth dengan karya, pada kesempatan ini prodi juga mempromosikan kegiatan pengabdian masyarakat, kerjasama antara prodi DPI dan DKV (Desain Komunikasi visual) berupa “Workshop Tips & Tricks Lolos SBMPTN dan SMNPTN” bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi desain baik di dalam negri maupun di luar negri. Bagi mereka yang berminat menempuh pendidikan desain diluar negeri, workshop ini juga bisa menjadi portfolio yang bagus dan sangat membantu dalam seleksi penerimaan. Portfolio juga sangat diperlukan bagi mereka yang ingin mengajukan beasiswa, dimana “kompetensi desain” tidak terlalu bisa dilacak melalui raport atau ijazah SMU atau sederajat. Workshop akan diselenggarakan pada hari Minggu, 15 Februari 2015, pukul 10.00-14.00, di ruang B1-1, Gedung B, Universitas Paramadina.

Selamat berpameran bagi tim universitas Paramadina yang bertugas dan semoga sukses. Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi kita semua dan juga bagi masyarakat banyak. (DPI/Februari 2015)

 


 

Peningkatan mutu melalui “Mitra Industri“

  • PDF

Kerjasama Prodi DPI dengan industri furniture merek “Mubarix”.

“Penandatanganan MoU dengan PT. Mandegani Nandangi Ardhi, Universitas Paramadina 19 Januari 2015”

Sebagai Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) yang memiliki fokus pada kompetensi “desain produk benda pakai”, maka perancangan furniture merupakan salah satu yang menjadi penekanannya. Peran aktif prodi dalam berbagai kegiatan dibidang furniture, mendapatkan respon yang positif dari pihak industri. Pada hari Senin, 19 Januari 2015 lalu, Prodi DPI mewujudkan kerjasamanya melalui penandatanganan MoU dengan PT. Mandegani Nandangi Ardhi, produsen furniture merek “Mubarix”. Kerjasama ini berupa program peningkatan mutu pembelajaran, dimana melalui pengalamannya dalam bisnis furniture, maka ada banyak kasus dan hal lain yang dapat menjadi contoh nyata penerapan solusi desain yang tepat.

Semoga kerjasama ini dapat berjalan baik dan terus ditingkatkan. Kedepannya Prodi mencoba mengembangkan kerjasama riset produk bersama. Riset produk inovatif dapat memberi manfaat besar bagi kedua belah pihak dan termasuk juga mahasiswa sebagai calon desainer. Hal ini sesuai dengan misi prodi dalam menyiapkan SDM desainer produk guna mendukung pengembangan industri nasional dimasa mendatang. (DPI/ Januari 2015)

.

 

Peningkatan mutu melalui “Mitra Industri“

  • PDF

Kerjasama Prodi DPI dengan Honda R&D Southeast Asia Co.

‘Penandatanganan MoU dengan Honda R&D, Universitas Paramadina 22 desember 2014’

Upaya mendekatkan diri dengan industri melalui peran aktif dalam berbagai kegiatan yang selama ini dilakukan oleh Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI), mendapatkan respon yang positif. Pada hari Senin, 22 Desember lalu, Prodi DPI mewujudkan kerjasamanya melalui penandatanganan MOU dengan Honda R&D Southeast Asia Co. Kerjasama ini berupa program kegiatan dan pengembangan fasilitas belajar. Pada kesempatan ini pihak Honda R&D menyerahkan hibah perlengkapan laboratorium komputer. Selain itu pihak rekanan juga mengharapkan adanya kerjasama lain dibidang tenaga desainer.

Semoga kerjasama ini dapat berjalan baik dan terus ditingkatkan. Peran aktif prodi dalam bekerjasama dengan industri merupakan sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, terutama kompetensi lulusan agar sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Kerjasama ini juga ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dimana ketersediaan tenaga desainer yang memadai merupakan faktor pendukung pengembangan industri nasional dimasa mendatang. (DPI/ Desember 2014)

 

 

Design…”Innovation”

  • PDF

Pameran karya mahasiswa DPI, pada pameran nasional

Pameran Gebyar Cipta Karya Inovatif BUMN, SMESCO/ SME Tower 1-2 Desember 2014

Mahasiswa DPI (Desain Produk Industri) Universitas Paramadina berpartisipasi dalam “Pameran Gebyar Karya Inovatif BUMN 2014”. Kali ini Program studi DPI (Desain Produk Industri) menampilkan karya furniture, radio dan lampu dari bahan baku kayu. Karya tersebut menampilkan inovasi pada pemanfaatan bahan baku alam baru ataupun daur ulang untuk dijadikan produk baru. Pemanfaatan bahan baku alam dapat memberikan nilai tambah bagi produk-produk sederhana seperti furniture, radio dan lampu.

Pada pameran ini mahasiswa menampilkan pesan bahwa desainer tidak hanya mengolah bentuk namun juga berupaya melakukan inovasi pada pengaplikasian bahan serta gambaran bahwa inovasi tidak juga harus yang high-tech. Inovasi juga dapat lahir melalui pemikiran kreatif memanfaatkan apa yang ada disekitar kita. Selain itu Prodi DPI juga, sekali lagi menampilkan semangat men”desain”, dimana desainer harus mampu mengolah berbagai kekayaan alam yang melimpah menjadi produk yang memiliki nilai jual. (DPI/Desember 2014)

 

“BIANGLALA… showcase”

  • PDF

Auditorium Nurcholish Madjid 8-11 Desember 2014

Pameran akademik mahasiswa DPI dan DKV tahun pertama angkatan 2014

Mengakhiri satu tahun perkuliahan, mahasiswa Desain Produk Industri (DPI) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) telah menguasai berbagai ilmu dasar serta teknik dan keterampilan dasar desain yang tercermin dari tugas-tugas yang mereka kerjakan. Selanjutnya kemampuan ini harus selalu diasah dalam karya-karya selanjutnya baik dilingkup akademik maupun non-akademik. Kesadaran untuk terus berkarya dan menghadirkan karya inovatif secara terus menerus ketengah publik, menjadi suatu tantang yang akan trerus dijawab oleh mahasiswa DPI dan DKV angkatan 2013. Demikian gambaran gagasan mereka yang direpresentasikan dalam judul pameran akademik mahasiswa 2014 “Bianglala”.

Setiap tahunnya, mahasiswa baru diberi kesempatan untuk melatih kemampuan mereka untuk tampil merepresentasikan diri didepan publik melalui pameran karya akademik. Mereka dituntut untuk tampil penuh percaya diri dan berhadapan langsung dengan publik yang mengapresiasi karya mereka. Kegiatan ini dibuka oleh Bpk. Totok A Soefjanto Ed.D, Deputi Rektor Bidang Akademik Riset dan Kemahasiswaan.

Pameran ini terbuka untuk umum. Seluruh rangkaian kegiatan dikelola oleh mahasiswa yang tergabung Rupakapala (HIMA DKV) dan Improdes (HIMA DPI). Kegiatan terdiri dari rangkaian acar : pameran, seminar dan workshop. Pada pameran kali ini mahasiswa mencoba untuk membuat dekorasi ruang sendiri dengan panel display yang mereka buat sendiri. Pembuatan berbagai atribut pameran ini memberikan kesempatan untuk lebih menyesuaikan dengan karya yang dipasang. Disisi lain hal ini membutuhkan banyak persiapan termasuk waktu yang akan lebih lama. Namun dengan kerjasama yan gcukup baik hal ini dapat diatasi dan cukup memberikan nuansa berbeda dibanding pameran akademik senior mereka terdahulu.


Kegiatan ini cukup meriah dikunjungi oleh segenap sivitas akademika universitas Paramadina. Sementara itu, pada rangkaian kegiatan lainnya diisi oleh seminar mengenai broadcasting, ilustrasi dan workshop kardus. Selamat berkarya…Bravo Rupakapala dan Inprodes!. (DPI/Desember 2014)

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL