b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Paramadina Desain Produk… in “IFEX 2014 “

  • PDF

JIExpo Kemayoran, 12-15 Maret 2014

‘Peran aktif dalam pameran Internasional’

Program Studi Desain Produk Industri (DPI) selain kembali berpartisipasi dalam IFFINA 2014, juga mendorong mahasiswa untuk mengikuti pameran internasional lainnya dalam waktu hampir bersamaan, yaitu Indonesia Furniture Expo 2014 (IFEX). Kegiatan ini diselenggarakan oleh AMKRI (Indonesia Furniture Association), bertempat di JIExpo kemayoran.

Berbeda dengan IFFINA, dalam IFEX ini peserta mewakili perorangan baik sebagai desainer professional ataupun mahasiswa. Pada kesempatan ini Prodi Desain Produk Industri Universitas Paramadina diwakili oleh Gema Wahyudi (DP 2010).

Apresiasi yang besar kepada Gema atas antusiasnya untuk mengikuti kegiatan ini. Keberanian untuk tampil secara perorangan merupakan hal yang tidak gampang apalagi untuk kegiatan internasional seperti IFEX ini. Semoga sukses berpameran dan menjadi awal bagi keikutsertaan mahasiswa secara individu dalam kegiatan-kegiatan lain berikutnya. (DPI/Maret 2014)


 

Modeling dengan…“3D printing”

  • PDF

25 Februari, Auditorium Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina

Kuliah umum Perkembangan teknologi modeling produk

Tugas desainer produk adalah membuat produk untuk diproduksi dan kemudian dimanfaatkan oleh konsumennya. Untuk mencapai kesuksesan produksi tersebut, perlu dilakukan tahapan-tahapan proses desain yang tepat. Salah satunya adalah proses pengembangan model atau ‘modeling”, dimana produk dibuat seperti aslinya dengan skala tertentu. Model produk ini kemudian dianalisa apakah sudah sesuai atau masih diperlukan pengembangan, sebelum masuk tahap produksi. Proses modeling ini memakan waktu cukup lama, untuk itu dikembangkanlah teknologi modeling cepat. Salah satunya adalah menggunakan mesin 3D Printing. Dengan kecepatan pembuatan model ini, maka akan ada waktu cukup lama untuk proses analisa desain.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mampu mengembangkan konsep-konsep desain yang tidak hanya inovatif dan menarik, namun juga tepat waktu dan menyediakan waktu yang cukup untuk analisa desain. (DPI/Februari 2014)

 

 

 

JUARA 2…dalam Lomba Desain Tempat Sampah

  • PDF

Jakarta bersih..desain tempat sampahnya harus kereen…

Selamat kepada Dyan Rachmatullah... Juara 2 lomba desain Tempat Sampah Jakarta

Mahasiswa Desain Produk, Dyan Rachmatullah (DPI 2011) kembali berprestasi. Tidak hanya aktif dalam kegiatan kompetisi ilmiah, mahasiswa prodi Desain Produk semester 6 ini, juga mampu meraih prestasi dalam kompetisi lomba desain. Dyan Rachmatullah meraih Juara II dalam “lomba desain tempat sampah” yang diadakan oleh gerakan “Bersih Nyok”, yang mana merupakan gerakan sosial mengajak masyarakat Jakarta untuk membuat Jakarta “kinclong”. Kegiatan lomba kali ini sifatnya lebih untuk memupuk dan mendorong kesadaran masyarakat menjaga kebersihan kota.

Keikutsertaan dalam kegiatan ini memperlihatkan antusias mahasiswa sebagai kaum terpelajar untuk turut aktif berperan dalam mengatasi masalah-masalah sosial, seperti bagaimana mencari solusi masalah sampah di ibukota. Dengan bekal ilmu desain yang dipelajari, mahasiswa sudah memiliki kemampuan untuk menyumbangkan pikiran dalam menyelesaikan permasalahan desain di masyarakat.

Kami ucapkan selamat atas prestasinya yang membanggakan dan semoga sumbangan desainnya bermanfaat bagi kebersihan Jakarta. Semoga juga semakin sukses dan memotivasi rekan-rekan lainnya untuk berprestasi dalam kompetisi. (DPI/Februari 2014)

 

 

Rancangan kegiatan… “organisasi mahasiswa”

  • PDF

Raker pengurus HIMA DPI, Universitas Paramadina

Prodi DPI- Inprodes, 21 Februari 2014…

Setelah terbentuknya kepengurusan HIMA Inprodes (Himpunan Mahasiswa Desain Produk Industri) maka saatnya pengurus baru menentukan rencana kerja dan program tahunan. Untuk itu diadakan rapat kerja anggota HIMA yang diadakan di kampus Universitas Paramadina 21 Februari lalu. Ketua program studi sebagai pembina HIMA, membuka dan memberi pengarahan dalam kegiatan ini. Kaprodi mendukung kegiatan ini dan mendukung pengembangan kegiatan organisasi, peningkatan kemampuan siswa, permasalahan seputar akademik dan sebagainya. Hasil kegiatan ini berupa kalender kegiatan HIMA yang akan diajukan kepada program studi.

Selamat bekerja semoga semakin kompak dan produktif mengadakan kegiatan yang berkualitas. (DPI/Februari 2014)

 

 

 

 

 

 

 

 

“Sharing Session”…mahasiswa DPI

  • PDF

Presentasi kegiatan “Paramadina Design Camp 2014”

Berbagi pengalaman melakukan riset mahasiswa

Pada Januari lalu sekelompok mahasiswa desain produk industri (DPI) melakukan kegiatan Paramadina Design Camp 2014 (PDC’2014) dan berhasil mengembangkan beberapa konsep desain baru untuk pengembangan produk wadah tanaman hidroponik. Selanjutnya, INPRODES (HIMA DPI) dan Program Studi Desain Produk Industri menfasilitasi mereka untuk berbagi dengan mahasiswa lainnya, melalui presentasi mengenai apa saja kegiatan mereka, manfaat serta hasil yang dicapai.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa dan tentunya mahasiswa baru untuk aktif dalam kegiatan ilmiah dan menerapkan pengetahuan desain diluar kampus. Kegiatan presentasi dan diskusi seperti ini baik untuk menjaga kelangsungan kegiatan-kegiatan positif dan juga ajang interaksi senior dan junior agar lebih akrab dan kompak. Selamat kepada para mahasiswa dan HIMA atas kontribusinya dalam mengembangkan atmosfir riset di kampus tercinta ini. Ilmu yang didapat didalam kelas memang harus selalu di asah agar semakin tajam dan merupakan bekal penting saat terjun ke dunia profesi nanti. (DPI/Februari 2014)

Untuk itu sejalan dengan dimulainya awal tahun ajaran yang dipenuhi dengan hadirnya para mahasiswa baru, maka prodi bekerjasama dengan HIMA, mengadakan kegiatan “Meet ‘n Greet INPRODES”. Kegiatan ini berupa presentasi dan ramah tamah antara mahasiswa dan mahasiswa baru. Presentasi dilakukan oleh para siswa berprestasi dalam kompetisi, diantaranya : Abdussalam (DPI 2011), Favorite Futuristic Product Design 2013/ STISI Telkom, Dyan Rachmatullah (DPI 2011), Lomba karya ilmiah “Electrical Innovation Award” 2012 dan 2013, Bisma Yudha (DPI 2010) 2ND Winner Fashion design /STISI Telkom, Fajar Abdillah , finalis iCAT Free Form Challenge 2012, dan 1st Winner Futuristic Product Design 2013/STISI Telkom, dan Imam Mucholis (DPI 2011) Favorite Fashion Design /STISI Telkom. Mereka mempresentasikan bagaimana usaha dan kiat apa yang dilakukan untuk berprestasi. Termasuk kiat untuk tetap semangat, karena sebagian dari mereka sudah ikut beberapa kali lomba dan baru kali ini menjadi juara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa dan tentunya mahasiswa baru untuk aktif berkompetisi menerapkan pengetahuan desain diluar kampus. Atmosfir positif ini memang harus dijaga dengan kegiatan-kegiatan semacam ini. Sekali lagi selamat kepada para mahasiswa dan HIMA atas kontribusinya dalam mengembangkan atmosfir prestasi di kampus tercinta ini. Ilmu yang didapat didalam kelas memang harus selalu di asah agar semakin tajam dan merupakan bekal penting saat terjun ke dunia proffesi nanti….Semoga semakin sukses dan memotivasi rekan-rekan lainnya untuk berprestasi. (DPI/Februari 2014)

 


 

Go Research…“Paramadina DESIGN CAMP 2014”

  • PDF

Mengisi liburan dengan kunjungan studi ”tim riset mahasiswa DPI dan DKV”

Kunjungan studi mahasiswa ke pusat riset agraris PT INDMIRA, Sleman Yogyakarta

Program studi desain produk industri (prodi DPI) di awal tahun ini mengadakan program “Paramadina Design Camp, 2014”, dengan tema “Research for our better earth and society”. Kegiatan berlangsung tanggal 13-18 Januari 2014. Program ini dirancang sebagai kegiatan kunjungan studi ke luar kampus, untuk melihat peran dan kebutuhan desain di masyarakat. Kegiatan ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk lebih mengenal perkembangan dan kebutuhan desain, baik terkait proyek desain, keilmuan desain, ataupun peran desain terkait disiplin ilmu lainnya. Tujuannya adalah agar siswa lebih memiliki inisiatif untuk menerapkan ilmunya bagi masyarakat luas. Kegiatan dialokasikan untuk mengisi atau memanfaatkan liburan mereka, dengan mengikuti “wisata ilmiah”.

Kunjungan studi mahasiswa kali ini bentuknya adalah riset desain. Peserta PDC 2014 berkunjung ke PT INDMIRA yang bertempat di Jl. Kaliurang, Sleman Yogyakarta. PT INDMIRA adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang agraris berupa pengembangan, riset inovasi dan produksi menuju pada kelestarian bumi dan kesejahteraan masyarakat. Pada kegiatan kali ini prodi DPI dan PT INDMIRA melakukan kerjasama riset, yang bertujuan menghasilkan produk dari hasil riset mereka. Para siswa akan mempelajari dan mencoba menciptakan suatu konsep produk yang lebih bernilai berdasarkan pada hasil penemuan PT INDMIRA. Setelah kegiatan ini, para peserta akan melanjutkan riset mereka di kampus. Mereka akan melakukan proses pengembangan desain hingga menghasilkan prototype produk yang siap diuji, bersama tim dari PT INDMIRA. Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai riset yang bisa mereka sertakan dalam kompetisi ilmiah, dan jika berhasil diproduksi maka tentunya akan menjadi portfolio dan penghasilan yang membanggakan.

Apresiasi yang tinggi kami berikan untuk tim mahasiswa yang terdiri dari : Siti Mudrika (ketua Tim), Noor Bagus (ketua HIMA), Rizal Fauzan, Imam Mucholis, Abdussalam, Anton Nuari, Dyan Rachmatullah, Atina Zakaria, Santi dan Dimas Dwi Prakoso. Prodi DPI senantiasa mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan ilmiah dan diharapkan kerjasama ini dapat berlanjut dengan bentuk kerjasama lainnya, serta materi riset yang lebih beragam. Selamat berkarya semoga tim perdana PDC 2014 dapat menjalankan tugas ini dengan baik dan memberi motivasi bagi rekan-rekan lainnya. (DPI/Januari 2014)



 

Page 7 of 21

Positive SSL