b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Delegasi DPI … di “International Student Forum”

  • PDF

International Student Furniture Exhibition, 28 November, IKJ, Jakarta

Partisipasi Hima DPI dalam forum mahasiswa desain

Himpunan mahasiswa Desain Produk Indusrtri (DPI) Universitas Paramadina mengirimkan delegasinya pada “Internatinal Student Furniture Exhibition 2014” di IKJ, Jakarta. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28 November hingga 3 Desember 2014 ini adalah kegiatan forum mahasiswa desain, berupa kegiatan pameran dan seminar internasional. Kegiatan ini bekerjasama dengan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) dalam upaya meningkatkan kerjasama dengan institusi pendidikan sebagai penyedia tenaga desain produk mebel. Prodi DPI Universitas Paramadina yang merupakan rekanan HDMI, turut serta dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan bagi perkembangan profesi desain produk khususnya desain mebel. Pada kegiatan ini, dilakukan pula penandatanganan MOU kerjasama antara IKJ dan HDMI.

Prodi DPI senantiasa mendorong siswa untuk aktif berorganisasi. Forum mahasiswa desain yang diprakarsai oleh HDMI ini merupakan wadah mahasiswa desain untuk saling berbagi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kemampuan profesional mereka. Melalui forum ini mereka juga akan terkoneksi dengan para desainer mebel professional yang dapat memberikan banyak masukan bagi kompetensi desain produk yang mereka tekuni di bangku kuliah. Aktivitas organisasi kemahasiswaan tingkat nasional dapat memberikan wawasan bagi siswa mengenai dunia profesi. Melalui kerjasama dengan banyak pihak, kita dapat melakukan banyak hal yang jauh lebih besar, bahkan dari apa yang kita bayangkan. Sikap professional harus ditunjang oleh kesadaran untuk menjunjung tinggi etika dan semangat bekerjasama dan saling membangun antara sesama. Hal inilah yang ingin ditanamkan kepada para siswa agar dikemudian hari dapat turut membesarkan profesi desainer produk mebel “sejajar” dengan profesi lainnya.

Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan memberi banyak masukan. Ditunggu peran mahasiswa DPI pada kesempatan berikutnya, semoga tetap aktif dan senantiasa turut ambil peran dalam membangun bangsa melalui desain produk. (DPI/November 2014)

 

DPI ramaikan… “Gelar Desain 2014”

  • PDF

Gelar Desain 2014, UKDW, Yogyakarta

Delegasi Hima DPI dalm forum mahasiswa desain produk nasional…

Himpunan mahasiswa Desain Produk Indusrtri (Inprodes) turut mengirimkan delegasinya dalam berpartisipasi dalam “Gelar Desain 2014”, yang berlangsung di kampus UKDW, Yogyakarta tanggal 26 November 2014. Para mahasiswa diupayakan untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan kemahasiswaan tingkat nasional. Tahun ini kegiatan nasional mahasiswa desain produk berlangsung di tiga kota dan dalam waktu yang hamper bersamaan, yaitu di bulan November di ITB (pasar seni) dan di Yogyakarta (Gelar desain), dan Desember nanti di IKJ (Forum Mahasiswa Desain Produk Mebel). Untuk itu HIMA harus membentuk tiga tim yang akan menghadiri ketiga kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk melihat perkembangan pendidikan desain melalui karya-karya dari rekan-rekan mereka dari perguruan tinggi lain. Mereka dapat bersilaturahmi dan bertukar pikiran dengan para siswa dari Yogyakarta dan Surabaya yang memiliki kekhasan kompetensi pendidikan yang dapat memperkaya wawasan mereka. Forum seperti ini baik sekali bagi siswa untuk saling belajar dan meningkatkan kemampuan kreatif mereka. (DPI/November 2014)

 

DPI & DKV ramaikan… “PASAR SENI”

  • PDF

Pasar Seni 2014, ITB, Bandung

Hima DPI dan DKV turut ramaikan Pasar Seni , 23 November 2014, ITB

Himpunan mahasiswa Desain Produk Indusrtri (Inprodes) dan Desain Komunikasi Visual (Rupakapala) Universitas Paramadina kembali bekerja sama mempersiapkan karya untuk berpartisipasi dalam “Pasar Seni ITB 2014”, yang berlangsung di kampus ITB, Bandung tanggal 23 November 2014. Para mahasiswa selalu berpartisipasi dalam pasar seni ini, termasuk juga pasar seni Jakarta yang diadakan tahun lalu. Pada kesempatan ini mereka menampilkan kebih banyak karya mereka sendiri yang dikerjakan diluar perkuliahan. Antusias siswa dalam kegiatan ini cukup besar, dimana hal ini juga dikarenakan Pasar Seni ITB merupakan kegiatan besar dari mahasiswa seni rupa, khususnya desain se Indonesia.

Pameran ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk melihat perkembangan pendidikan desain melalui karya-karya dari rekan-rekan mereka dari perguruan tinggi lain. Mereka dapat bertukar pikiran sekaligus silaturahmi. Forum seperti ini baik sekali bagi siswa untuk saling belajar dan meningkatkan kemampuan kreatif mereka. (DPI/November 2014)

 

“Sharing” desain…DPI dan DKV!”

  • PDF

Seminar dan workshop desain

Auditorium Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina 9 November 2014

Desain sebagai pilihan studi ternyata belum terlalu dikenal oleh masyarakat khususnya pelajar tingkat SMU/SMK. Informasi mengenai pendidikan desain memang sangat jarang diberikan di sekolah. Pengenalan program desain sebagai salah satu pilihan studi dan merupakan profesi potensial, masih belum banyak dilakukan. Untuk itu, Prodi DKV (Desain Komunikasi Visual), DPI (Desain Produk Industri) dan Humas Universitas Paramadina bekerjasama dalam menyelenggarakan acara “Watch Your First Step : Seminar dan Workshop Desain”, pada hari Minggu tanggal 9 November 2014 di Auditorium Nurcholish Madjid. Kegiatan ini diikiuti oleh para pelajar dan guru SMU/ SMK se-Jabotabek. Pada kegiatan ini dibahas mengenai pendidikan DPI dan DKV serta peluang kerja para lulusannya.

Kegiatan ini diawali dengan seminar yang menghadirkan Irwan Fakhrudin (Dentsu-Leo Burnett-Lowe-Trinidad) yang menjelaskan mengenai Desain Komunikasi Visual dan Indra Koespratama (Head of Direct Design Center) mengenai Desain Produk Industri, dengan moderator Noel Febry A (Kaprodi DPI). Sesi berikutnya adalah workshop menggambar yang dibawakan oleh Tasri Jatnika (Studio Porto), serta para dosen yaitu Hendriana Werdhaningsih, Gilang Cempaka dan Agoes Joesoef. Sebelum workshop dimulai para peserta diberi informasi mengenai persiapan mengikuti ujian masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain. Bahan workshop disesuaikan dengan soal ujian masuk FSRD ITB, yaitu : gambar suasana, gambar psikotest dan menggambar still life. Para peserta juga mendapatkan gambaran mengenai perkuliahan melalui karya tugas kuliah mahasiswa yang turut dipamerkan.

Kegiatan ini didukung D2C (Direct Design Center) sebagai sponsor dan Studio Porto, sebuah lembaga pelatihan gambar dan porto folio visual, sebagai pengisi workshop. Apresiasi yang tinggi kepada D2C dan Studio Porto sebagai rekanan Universitas dan semoga kerjasama ini dapat berlanjut pada kegiatan-kegiatan “sharing desain” berikutnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat para pelajar untuk menempuh pendidikan DPI dan DKV. Semoga kedepannya, pengembangan sektor industri kreatif yang sedang digaungkan pemerintah dapat berkembang dengan baik lewat dukungan SDM yang memadai. (DPI/November 2014)

 

"Design..Design..Design...!"

  • PDF

Pameran karya mahasiswa DPI, pada pameran nasional

Pameran Furniture dan Produk Interior, Plaza Kemenprin 4-7 November 2014

Mahasiswa Desain Produk Paramadina kembali berpartisipasi dalam “Pameran Furniture dan Produk Interior 2014”. Kali ini Program studi DPI (Desain Produk Industri) menampilkan karya furniture kursi berbahan alam (kayu, rotan, dan kombinasi logam), dengan inovasi pada fungsi dan kreativitas menyelesaikan permasalahan pengguna. Karya yang dipamerkan adalah kursi untuk rumah atau individu, seperti : kursi untuk di livingroom atau kursi santai untuk di kamar atau tempat kost. Selain furniture, ditampilkan juga karya produk lampu meja, dan beberapa produk tas. Prodi mencoba menampilkan karya yang menggambarkan kompetensi mahasiswa sebagai sebagai SDM kreatif dibidang desain produk.

Melalui pameran ini para mahasiswa mencoba menampilkan pesan bahwa desainer harus mampu membuat produk yang dapat diproduksi dengan kualitas baik, menggunakan strategi, serta berperan bagi pemberdayaan perekonomian. Prodi DPI menampilkan semangat men”desain”, dimana desainer harus mampu mengolah berbagai kekayaan alam yang melimpah menjadi produk yang memiliki nilai jual. (DPI/November 2014)


 

Mari mengenal “Pabrik”

  • PDF

Kunjungan Industri Mahasiswa DPI

Kunjungan studi mahasiswa ke PT. Mandegani Nandangi Ardhi, Bekasi-Jawa Barat

Program Studi Desain Produk Industri (Prodi DPI) pada bulan oktober 2014 mengadakan kunjungan ke industri mebel. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari realisasi kerjasama universitas dengan rekanan industri. Program Studi DPI bekerjasama dengan berbagai industri di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk menunjang pengetahuan mahasiswa terkait teknologi produksi dan strategi organisasi perusahaan manufaktur bidang desain produk. Program ini dirancang sebagai bagian dari mata kuliah dimana mereka harus membuat perancangan produk berbasis industri manufaktur. Kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa tahun ke 3, dimana mereka diberi tugas untuk membuat desain untuk industri manufaktur.

Mahasiswa berkunjung ke PT. Mandegani Nandangi Ardhi, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang office furniture dengan merk MUBARIX yang bertempat di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Banyak hal yang mereka bisa peroleh melalui pengamatan mengenai teknologi, proses produksi dan berbagai produk yang dihasilkan perusahaan. kegiatan diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa agar lebih memiliki inisiatif untuk menerapkan ilmunya bagi masyarakat luas melalui produk yang diproduksi secara massal.

Prodi DPI senantiasa mendorong mahasiswa untuk aktif dalam menggali pengetahuan produksi sebagai kompetensi penting untuk terjun ke dunia profesi. Universitas memberi dukungan dengan melalui kerjasama dengan berbagai industri yang memiliki perhatian dibidang desain dan riset produk inovatif. (DPI/Oktober/2014)

 


 

 

Page 5 of 21

Positive SSL