b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Workshop Kolaburasi Universitas Paramadina dengan Merck

  • PDF

(DPI-Universitas Paramadina) “Coluorburatif”, inilah judul dari Workshop kolaburasi Universitas Paramadina dengan Merck, sebuah perusahaan pigmen warna yang diadakan pada. Saat seorang desainer telah memahami fungsi produk dan keinginan penggunanya, kemudian beberapa ide telah dikembangkan dalam sketsa gambar, maka langkah penting yang paling menentukan dalam menghasilkan desain yang sukses direspon oleh pasar adalah ketepatan dalam pemilihan dan penggunaan warna. Untuk itu Program studi Desain Produk Industri universitas Paramadina mengadakan workshop aplikasi pigmen warna pada produk pada tanggal 24 Nopember 2009 bertempat di Ruang C1 dan Plataran Gedung Studio C. Merck sebagai perusahaan pigmen warna mengadakan presentasi mengenai karakter produk pigmen warna yang mereka miliki, bagaimana warna dan efek-efek warna itu dapat terjadi serta manfaat menggunakan pigmen warna. kemudian bersama-sama dengan dosen dan mahasiswa mengaplikasikan warna tersebut pada produk2 yang disediakan (kaos, kain, kayu, logam, dst), dengan teknik kuas, semprot, sablon, bahkan menggunakan canting sebagaimana orang membatik.

Kegiatan ini memberi pengenalan kepada mahasiswa bahwa pewarna tidak hanya diperoleh dari cat yang kita beli dipasaran, namun warna bisa kita ciptakan sendiri melalui pewarna produk. Desain yang dihasilkan bisa bebas menggunakan warna yang menurut kita lebih cocok, tepat dan sesuai dengan citra yang diharapkan, tred, mode atau selera konsumen.

Workshop ini juga memberikan wawasan mengenai keanekaragaman warna. Karena sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pigmen warna maka tentunya banyak menghasilkan warna-warna baru yang masih jarang dan sedang trend digunakan.

Kegiatan ini sendiri baru awal dari kerja sama Univ Paramadina dengan Merck. Melihat minat mahasiswa yang cukup besar maka kita sepakat kedepannya direncanakan akan ada kegiatan lagi dengan tema berbeda dan semakin menjurus pada kebutuhan di dunia profesi dan industry. Hadir dalam acara tersebut wakil dari PT. TBS (perusahaan sepatu local merek Connec) sebagai unadangan, dimana perusahaan ini juga merupakan salah satu rekanan universitas dari sektor industri.

 

 

 

 

 

Sukses DPI di Pameran Furniture

  • PDF

 

(DPI Universitas Paramadina 13/11). Pameran Furniture Kayu dan Rotan hari ini resmi di tutup. Selama 4 hari mulai tanggal 10 - 13 Nopember 2009, Desain Produk Industri Universitas Paramadina mengambil bagian dan berpartisipasi dalam meramaikan serta memeriahkan pameran tersebut.

Stand Universitas Paramadina yang berada di antara stand-stand peserta pameran lain telah menjadi salah satu stand yang ramai dikunjungi. Menteri Perindustrian MS Hidayat juga menyempatkan datang ke stand Universitas Paramadina dan disambut baik secara langsung oleh Mahasiswa Desain Produk Industri Universitas Paramadina yang bertugas sebagai penjaga stand.

Pada pameran kali ini Desain Produk industri Universitas Paramadina memamerkan hasil karya mahasiswanya dalam bentuk furniture yang diberi nama "dara 2" dan "Sunda Chair". hasil karya yang dipamerkan tidak kalah dengan furniture-furniture yang ada di pameran tersebut.

Dengan adanya pameran ini diharapkan motivasi mahasiswa dalam melahirkan karya-karya di dunia kreatif semakin tinggi, karena dengan keikutsertaan pameran mahasiswa dapat mensosialisasikan hasil karyanya kepada masyarakat luas. Keikutsertaan DPI Universitas Paramadina dalam pameran tersebut mengusung semboyan " we are ready to join creative industry". (rho)

 

Awi Awi Mandiri 2009 goes to Paramadina

  • PDF















(DPI-Universitas Paramadina 13/11). Awi-Awi Mandiri mungkin tidak asing lagi di telinga para pencinta industri kraetif PRODUK bambu. Pelaksanaan Awi Awi Mandiri tahun lalu pernah diselenggarakan dan untuk mengulang sukses di tahun lalu maka pada tahun 2009 akan dilaksanakan kembali. Awi Awi 2009 adalah kegiatan yang terdiri dari Lokakarya Bambu, Lomba Karya Design Produk Bambu, Pameran Karya, Workshop Bambu dan Malam Penganugrahan Karya Bambu Normal Kreatif akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 10 November s/d 19 Desember 2009.

Rangkaian kegiatan AWI AWI MANDIRI 2009 akan di mulai dengan roadshow lokarkarya dari tanggal 10 – 24 November 2009 di 5 kota masing –masing Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar.  Jakarta menjadi kota kedua untuk melaksanakan Lokakarya AWI AWI MANDIRI 2009. Program Studi Desain Produk Industri Universitas Paramadina bekerjasasma dengan Saung Angklung Udjo dan Bank Mandiri akan melakukan Konfrensi Pers dan Lokakarya  Awi Awi Mandiri 2009 pada hari  Sabtu, 14 Nopember 2009 sebagai bagian dari roadshow yang akan dilaksanakan di Auditorium Universitas Paramadina Jakarta Jl. Gatot Subroto Kav. 97 Mampang Jakarta 12790 pukul 09.00-13.00 WIB.

Dr. Dwinita Larasati, MA dan Purwito, Dipl. E. Eng akan hadir pada acara roadshow di Universitas Paramadina sebagai nara sumber, pada kesempatan ini akan disampaikan informasi mengenai dunia desain produk bambu. Pada acara ini juga telah di undang Kaprodi Kriya Institut Kesenian Jakarta, Kaprodi Design Interior Universitas Tarumanegara, Dekan Fakultas Design & Teknik Perencanaan Universitas Pelita Harapan, Wakil Dekan IV Bidang Kerjasama Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti, serta perwakilan Asosiasi Design Produk Indonesia untuk berbincang bersama media seputar Perkembangan Kriya Produk Indonesia.


Kegiatan ini terbuka untuk umum, jadi bagi yang tidak mau ketinggalan untuk mengikuti perkembangan dunia kreatif Produk Bambu hadirilah Awi Awi Mandiri 2009 di Universitas Paramadina.GRATIS TIDAK DIPUNGUT BIAYA!!.(rho)

 

 

 

Lagi lagi, DPI Beraksi di Pameran Furniture

  • PDF

(DPI Universitas Paramadina). Dunia industri kreatif di Indonesia makin berkembang, lahirnya desiner-desainer muda sangat dibutuhkan dalam menjawab tantangan kedepan. Bukti makin seriusnya Program Studi Desain Produk Industri (DPI) dalam melahirkan generasi-generasi yang kreatif dalam dunia desain dengan mengikuti pameran atau event di berbagai tempat.

Pada tanggal 10-13 November 2009, DPI Universitas Paramadina berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Furniture Kayu dan Rotan yang dilaksanakan di Plaza Pameran Industri gedung Departemen Perindustrian Republik Indonesia. Kali ini DPI akan memamerkan hasil-hasil karya mahasiswanya diantaranya dalam bentuk Furniture. Tujuan keikutsertaan pameran ini agar karya mahasiswa yang sudah tercipta dapat dipamerkan dan dapat diketahui oleh masyarakat luas. Keikutsertaan DPI Universitas Paramadina dalam pameran tersebut mengusung semboyan " we are ready to join creative industry"

Bagi yang ingin membuktikan bahwa hasil karya mahasiswa DPI dapat bersaing dengan designer profesional maka kunjungi stand Universitas Paramadina di ajang Pameran Furniture Kayu dan Rotan yang diselenggarakan oleh Departemen Perindustrian.(rho)

 

Kuliah Umum Dunia Grafika Desain

  • PDF

(DPI/DKV-Universitas Paramadiana) Perkembangan       teknologi grafika di era globalisai sangat berkembang dengan pesat sehingga Indonesia membutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dalam dunia grafika dan ini akan menjadikan tantangan bagi dunia pendidikan untuk dapat melahirkan SDM yang handal dan memiliki kualitas yang baik dalam dunia grafika.

Dalam menjawab tantangan tersebut dan mendapatkan SDM yang berkualitas maka Program Studi Desain bekerjasama dengan Link & Match pada tanggal 6 Novenber 2009 mengadakan Kuliah Umum dengan narasumber  seorang Praktisi yang sudah memiliki pengalaman dalam di dunia grafika yaitu Anne Dameria.

Tujuan diadakannya Kuliah Umum ini yaitu agar dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses produksi cetak di industri grafika serta memberikan pengetahuan yang up date mengenai perkembangan industri grafika di Indonesia. Pada Kuliah umum kali ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari para mahasiswa Desain Produk Industri dan Desain Komunikasi Visual.

Kuliah Umum  yang dilaksanakan di Ruang A1-8 ini, menyajikan materi mengenai “ Kupas Habis Masalah Warna dan data Digital: dalam pemaparannnya disampaikan mengenai Color Management Syatem, Alur kerja Cyf, Alur Kerja Ctp, ICC profile dan solusi-solusi dalam permasalahan percetakkan.

Menurut Anne Dameria, Color Management bukan metode yang sekali tekan bisa automatic bagus (one push button) melainkan sesuatu poses yang saling berkaitan satu sama lain. “ Color management akan terlihat benefitnya jika kita melaksanakannya dengan benar dan menggunakan peralatan yang benar “ tambah Anne.

Kuliah umum  yang berakhir pukul 15.00 WIB telah menjadikan lahan pengetahuan baru bagi para mahasiswa Program Studi Desain Produk Industri dan Desain Komunikasi Visual. Semoga dengan adanya Kuliah Umum ini pengetahuan mahaiswa mengenai dunia grafika menjadi bertambah.(rho)

 

Karya Mahasiswa DPI diminati Perusahaan Luar Negeri

  • PDF

(DPI-Universitas Paramadina). Perkembangan dunia kreatif makin lama makin menggairahkan, sudah banyak lahir hasil-hasil karya yang dapat memikikat banyak orang. Program Studi Desain Produk Industri memiki visi untuk dapat melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif.

Ismarini Indah Setyoningrum sebagai salah satu mahasiswa Desain Produk Industri yang saat ini menduduki semester akhir telah membuktikan dirinya sebagai mahasiswa yang kretaif dengan lahirnya hasil-hasil karya yang telah dibuatnya.

Keikutsertaan Ismarini pada pameran International Furniture and Craft Fair Indonesia (IFFINA) 2009 yang di selenggarakan di PRJ Kemayoran mendapat tanggapan yang besar salah satunya ketertarikan yang disampaikan oleh Miguel Lattore Angel selaku Chief Representatuve of Latto Pacific Ltd.

Selain itu karya Isma yang diberi nama “ Dara 2” juga di pamerkan pada acara Trade Expo Indonesia 2009 pada tanggal 28 Oktober – 1 November 2009 yang dilaksasnakan di Arena PRJ Kemayoran Jakarta. Karya tersebut menjadi 10 Finalis dalam Paramdina Latto Furniture Design Challenge 2009.

Keikutsertaan mahasiswa Desain Produk Industri pada pameran-pameran akan terus digalakkan demi melahirkan designer-designer muda yang kreatif dan inovatif.(rho)

Berita terkait http://www.antara.co.id/en/view/?i=1237261742&c=BIZ&s=

 

Positive SSL