b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Kuliah Umum Program Studi Desain Produk Industri

  • PDF

“Product and Fashion”

Kuliah Umum, MK Fashion dan Asesoris , 14 Desember 2015

Prodi DPI Universitas Paramadina mengundang Tri Anugrah, S.Sn. Trend & Design Researcher at BD+A sebagai pembicara dalam kuliah umum MK (mata kuliah) Fashion dan Assesories. Kuliah umum memberikan pengetahuan bagaimana seorang desainer melakukan riset tren berdasarkan pengalaman pembicara. Kuliah umum ini bertujuan agar mahasiswa melakukan riset mengenai trend dengan bbaik dan benar dalam proses desain mereka. Selain itu mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan kompetensi dalam merancang produk-produk yang masuk dalam kelompok fashion dan assesories. Kuliah umum ini juga memberikan masukan penting dalam melihat proses kerja desainer yang mana umumnya adalah entrepreneur dibidang fashion. (DPI/Desember 2015)

 

Pameran Akademik Angkatan 2014

  • PDF

Karya tahun pertama dalam….“ENIGMA”

Pameran Akademik Prodi DPI dan DKV, Auditorium Nurcholish Madjid 7-10 Desember 2015…

Mengakhiri satu tahun perkuliahan, mahasiswa Desain Produk Industri (DPI) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) menggelar pameran karya akademik berjudul “Enigma” di Auditorium Nurcholish Madjid , Universitas Paramadina. Kesadaran untuk terus berkarya dan menghadirkan karya inovatif secara terus menerus ketengah publik, menjadi suatu tantang yang akan terus dijawab oleh mahasiswa DPI dan DKV angkatan 2014. Demikian gambaran gagasan mereka yang direpresentasikan dalam judul pameran akademik mahasiswa 2014 “Enigma”. Kegiatan terdiri dari rangkaian acara : pameran, seminar dan workshop

Setiap tahunnya, mahasiswa (mahasiswa baru) diberi kesempatan untuk melatih kemampuan mereka untuk tampil merepresentasikan diri didepan publik melalui pameran karya akademik. Selanjutnya kemampuan ini harus selalu diasah dalam karya-karya selanjutnya baik dilingkup akademik maupun non-akademik. Mereka dituntut untuk tampil penuh percaya diri dan berhadapan langsung dengan publik yang mengapresiasi karya mereka.

Seluruh rangkaian kegiatan dikelola oleh mahasiswa yang tergabung Rupakapala (HIMA DKV) dan Improdes (HIMA DPI). Selamat berkarya…Bravo Rupakapala dan Inprodes!. (DPI/Desember 2015)


 

Kuliah Umum Prodi DPI

  • PDF

“Drawing and Designing”

Kuliah Umum Menggambar 1 Desember 2015...

Kuliah Umum, Program Studi Desain Produk Industri, 1 Desember 2015

Ceramah dari, Rudi Budiman, S.Sn. Chief Designer, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Prodi DPI Universitas Paramadina kali ini berkesempatan untuk mengundang Rudi Budiman, S.Sn, sebagai pembicara dalam kuliah umum “Mengambar”. Kuliah umum ini berlangsung sangat menarik, mengikuti pengalaman pembicara menekuni bidang desain dari awal sebagai mahasiswa, hingga kini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai sinergi perguruan tinggi dan dunia profesi.

Melalui wawasan ini, diharapkan dapat memberi motivasi dan sikap kritis mahasiswa, untuk lebih terbuka merencanakan pendidikan dan kompetensi untuk bersaing di dunia profesi. Kuliah umum ini juga memberikan masukan penting dalam mempersiapkan para siswa, melalui pengelolaan prodi, aktivitas HIMA dan pengembangan keilmuan yang lebih baik. (DPI/Desember 2015)

 

Kuliah Umum Prodi DPI

  • PDF

“Trend and Fashion”

Kuliah Umum “Trend Forecasting”, 23 November 2015…

Prodi DPI Universitas Paramadina kali ini berkesempatan untuk mengundang Tri Anugrah, S.Sn dari Trend & Design Researcher at BD+A Design, sebagai pembicara dalam kuliah umum bertema “Trend and Fashion”. Kuliah umum ini berlangsung sangat menarik, para siswa sangat terkesan dengan pengalaman pembicara menekuni bidang trend forecasting dan melakukan riset untuk buku trend yang diselesaikanya bersama tim peneliti dari BD+A Design. Kemampuan melakukan riset mengenai trend adalah salah satu senjata bagi desainer produk dalam menghasilkan desain yang laku disapasar.

Hal lain yang menarik adalah Tri Anugrah adalah alumni sehingga jadilah kegiatan ini “sharing alumni”, dimana mahasiswa banyak bertanya juga mengenai dunia profesi yang digeluti setelah lulus. Selamat menerapkan ilmunya dalam perancangan desain produk dan semoga semakin banyak lagi peneliti desain dari universitas Paramadina. (DPI/November 2015)

 

Auditorium Nurcholish Madjid 1-4 November 2015

  • PDF

Pameran Karya Mahasiswa DPI…“Waste meet Design”

“Kreativitas” mahasiswa DPI mengolah bahan tidak terpakai…

Mahasiswa Desain Produk Industri (DPI) telah menguasai berbagai ilmu, teknik dan keterampilan dasar desain yang tercermin dari tugas-tugas yang mereka kerjakan. Selanjutnya kemampuan ini harus selalu diasah dalam karya-karya yang terus dilakukan baik dilingkup akademik maupun non-akademik. Kesadaran untuk terus berkarya menjadi suatu tantang yang dijawab dengan menghadirkan karya mereka ketengah publik. Setiap tahunnya, mahasiswa baru diberi kesempatan untuk melatih kemampuan mereka merepresentasikan diri didepan publik internal kampus melalui pameran karya akademik. Selanjutnya mereka diharapkan mampu mencari kesempatan berpameran sendiri, yang kali ini mereka buktikan pada pameran Waste Meet Design”. Gagasan yang mereka representasikan adalah upaya mendesain melalui barang yang ada disekitar lingkungan mereka, baik dari barang bekas ataupun material alam yang biasa ditemui.

Mereka dituntut untuk tampil penuh percaya diri dan berhadapan langsung dengan publik yang mengapresiasi karya mereka. Pameran ini terbuka untuk umum. Seluruh rangkaian kegiatan dikelola oleh mahasiswa yang tergabung Improdes (HIMA DPI). Selamat dan sukses atas kegiatannya. Kegiatan ini cukup meriah dikunjungi oleh segenap sivitas akademika universitas Paramadina. (DPI/November 2015)

 

Auditorium Nurcholish Madjid 13 Oktober 2015

  • PDF

Prodi DPI dukung program Asosiasi profesi

Sosialisasi program ADPII (Aliansi Desainer Produk Indonesia)…

Penguasaan iptek di perguruan tinggi haruslah sinergi dengan kebutuhan masyarakat dunia profesi. Perguruan tinggi harus jalan beriring dan saling mendukung perkembangan desain dan aplikasiannya di masyarakat. Atas tujuan tersebut Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) universitas Paramadina selalu aktif dalam membangun jejaring dengan profesional yang terhimpun dalam asosiasi desainer produk. Pada kesempatan ini Prodi DPI menjadi tuan rumah dalam pertemuan ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) di Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh para desainer profesional dan akademisi mewakili perguruan tinggi desain produk di Jakarta. Kegiatan ini berupa sosialisasi program dari ADPII. ini diharapkan desain produk sebagai profesi yang sedang tumbuh ini dapat berkembang dengan pesat melalui keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh ADPII sebagai asosiasi profesi.

Semoga kelanjutan dari program ADPII ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi perkembangan profesi desainer produk di Indonesia. (DPI/Oktober 2015)

 

Page 1 of 21

Positive SSL