b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Best School of Visual Communications Design 2015

  • PDF

Penghargaan Best of the Best 2014 – 2015

 

Untuk kedua kalinya Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina, telah memenangkan Best of the Best School of Visual Communication Design. Tahun lalu 2014 dan juga tahun 2015.

Hal ini adalah hasil ukur kiprah kampus kampus yang memilki program studi Desain Komunikasi Visual meliputi kampus strata 1 se Indonesia. Hasil survai ini menunjukan masih diisi oleh Top 10 kampus yang sama seperti tahun tahun lalu.

Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina yang memilik kompetensi : Corporate Visual Branding, telah dinilai berdasarkan persepsi, reputasi, dan kualitas lulusan dimata calon mahasiswa [SMA dan Sederajat], para orang tua, dan industri atau user.

Adapun metodologi survai ini dilakukan oleh majalah MIX sebagai kelompok media dari SWA. Adapun sample survai diambil dari populasi siswa SMA kelas 3 dan orang orang tua siswa di lima kota sebanyak 1.218 responden. Survai ini diselenggarakan mulai tanggal Oktober 2014 sampai Mei 2015. Kemudian pemeringkatan hasil survai dihitung berdasarkan rata rata variable variable tersebut.

Terimakasih kepada segenap tim dosen, admin DKV dan seluruh civitas akademika yang telah membantu prodi DKV sehingga dapat meraih untuk keduakalinya penghargaan ini.

 

Kuliah Umum

  • PDF

Kuliah Umum “Bisnis Desain” oleh Surianto Rustan

Jum’at, 20 November 2015

Bisnis adalah hal yang tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan khususnya dalam dunia profesional. Termasuk Industri Desain bisnis menjadi hal yang tak kalah pentingnya menjadi pertimbangan bagi Desainer. Kali ini DKV Paramadina mengundang Surianto Rustan untuk berbagi pengalamannya, beliau adalah pembicara, penulis, pengajar dan Desainer Komunikasi Visual yang telah cukup lama berkiprah di dunia Industri. Dalam kuliah umum kali ini Surianto bertema desain dari perspektif Bisnis. Yang mana topik yang sering dibicarakan secara tertutup dari mulut ke mulut dan jarang dibahas secara terbuka dan tertulis. Pada kuliah umum beliau ini mencoba mengupasnya secara objektif tidak hanya dari pengalaman pribadi namun dari berbagai narasumber pelaku Industri kreatif profesional diberbagai bidang. Serta dilengkapi dengan teori-teori umum dibidang bisnis dan marketing.

Penyampaian yang inspiratif dan diselingi oleh Intermezzo memberikan suasana yang akrab dan mempermudah para peserta dalam menyerap materi yang disampaikan. Terlihat antusiasme dan minat para peserta yang begitu tinggi. Dihadiri oleh para Mahasiswa dari berbagai Universitas di Jakarta dan luar kota seperti Bandung, Tangerang dan sekitarnya. Tidak sedikit para peserta yang meminta tanda tangan, foto bersama dan berkonsultasi di akhir acara. Hal tersebut menunjukkan antusias dan minat yang tinggi para peserta dan profesional dibidang Industri Kreatif akan Bisnis Desain. Acara ini menginspirasi banyak orang para mahasiswa, pelajar dan profesional. Diharapkan dapat terinspirasi bahwa tidak hanya mampu men Desain namun juga mampu Berbisnis Desain.

 

 

Pameran Packaging Karya Mahasiswa se-ASIA

  • PDF

ASPaC (Asia Student Package Design Competition)

Hubungan antar bangsa tidak dibatasi oleh semata2 teknologi saja, pertukaran budaya global kini dapat dengan mudah terjalin lewat individu. Menanggapi isu tersebut. Melaui media desain kemasan telah di himpun dalam kompetisi pembuatan desain kemasan oleh Executive Committee for Exchane Program for Asia Student Package Design, melalui sejumlah desainer desainer muda Asia lewat pameran ASPaC [ Asia Student Package Design Competition] . Pameran diselenggarakan di aula Nurcholish Madjid universitas Paramadina, yang telah menyuguhkan idea baru dan segar, yang mampu membuka wawasan publik mengenai konsep baru dalam mengemas produk sehari hari.Pameran kali ini merupakan salah satu rangkaian pameran keliling yang sebelumnya telah diadakan di Tokyo, Osaka, dan Seoul, Bangkok, Thailand, Bandung, Surabaya. Pameran diselenggarakan mulai tanggal 28 – 30 September 2015.

 

 

 

 

10 Desainer Senior Indonesia

  • PDF

Desain Grafis Indonesia sebagai salah satu wadah asosiasi profesi desainer grafis di Indonesia, dalam pameran FGD Expo Juli 2015 di jakarta Convention Center, Menetapkan 10 desainer senior Indonesia dalam rangka membangun Mini Museum Desain Grafis Indonesia. yang diharapkan menjadi kontribusi besar terutama bagi para desainer grafis muda untuk dapat memiliki wawasan yang lebih luas dan landasan pemikiran yang lebih mendalam dalam menjalankan profesinya. Salah satu dari 10 senior desainer tsb, adalah Agoes Joesoef, dosen DKV Paramadina.

 

“ Desain berkualitas memiliki roh sebagai hasil integrasi dari sejumlah proses, tahapan dan eksplorasi kreatif ” agoes joesoef Paramadina

“ Desainer, sejatinya memiliki fitrah untuk mensinergikan data, fakta dan imajinasi menjadi kreatifitas “ agoes joesoef Paramadina.

Kunjungan Studi Museum Kepresidenan Bogor

  • PDF

Pengenalan sejarah keperesidenan indonesia, sangat diperlukan bagi mahasiwa yang akan menjadi bagian dari sejarah membangun bangsa. Terkait dengan hal tsb, mahasiswa DKV beserta sejumlah dosen melakukan kunjungan ke museum kepresidenan di Bogor pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2015. Penyajian informasi yang cukup lengkap, dimulai dari presiden pertama RI sampai presiden terahir, mulai dari postur presiden dalam ukuran cukup besar dan sejumlah properti pribadi  serta atribut protokoler. Memberikan gambaran personal, karakter dan pribadi pemimpin bangsa tersebut, yang diharapkan menjadi pengetahuan dan inspirasi bagi generasi muda.


Pengabdian Masyarakat Dosen dan Mahasiswa

  • PDF

 

Mahasiswa Mengabdi

Desa Guyung, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi

Jawa Timur

27 Juli - 21 Agustus 2015

Program Kerja Lapangan yang diusung oleh IPB bekerjasama dengan Universitas Paramadina ini memberikan pengalaman kerja lapangan kepada Mahasiswa dimana dapat langsung turun ke lapangan dan berinteraksi dengan penduduk desa. Program dengan tema pertanian ini dikonsentrasikan dibeberapa Kabupaten dikepulauan Jawa & Bali yaitu di Malang, Ngawi, Kulonprogo dan Bangli. Dengan kondisi lahan pertanian dan permasalahan yang berbeda mahasiswa membantu para petani setempat dalam kegiatan sehari-hari maupun daalm program internal yang dilaksanakan didesa setempat.

Program ini memberikan pengalaman yang luar biasa dengan berinteraksi dan bersosialisasi langsung dengan penduduk. Hal tersebut menambah kepekaan mahasiswa dan menguatkan integritas mahasiswa dalam kehidupan sosial.

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL