b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Rapat Kerja Pengurus HIMA Rupakapala DKV

  • PDF

Rapat Kerja Pengurus HIMA Rupakapala DKV

Rapat Kerja (RAKER) pengurus HIMA Rupakapala terselenggara setelah ketua HIMA dan para pengurusnya terbentuk. RAKER diselenggarakan pada tanggal 14-16 Maret 2014 di daerah Cisarua Bogor, dihadiri oleh seluruh pengurus HIMA Rupakapala periode 2014/2015. RAKER ini membahas beberapa hal yaitu : anggaran (ad/art), dan rencana kerja dalam setahun, yaitu program pameran, refresh logo, penunjukkan PIC, fund rising, dan program workshop. RAKER berlangsung secara bersahaja, serius namun santai. Kaprodi DKV berpesan agar HIMA Rupakapala dapat bekerjasama lebih baik lagi dengan prodi, dan lebih banyak program kerja yang bisa di integrasikan, baik program dari prodi maupun dari HIMA Rupakapala.

Semoga HIMA Rupakapala dapat melaksanakan program kerjanya dengan lancer dan sukses di tahun ini !

 

Pengangkatan Ketua dan Pengurus HIMA Rupakapala DKV

  • PDF

Pengangkatan Ketua dan Pengurus HIMA Rupakapala DKV

Ketua dan pengurus HIMA Rupakapala DKV periode 2014/2015 telah terbentuk melalui proses aklamasi seluruh anggota HIMA,yaitu seluruh mahasiswa DKV aktif. Setelah para kandidat mengkampanyekan program masing-masing, para mahasiswa memilih ketua HIMA sekaligus wakilnya melalui proses perhitungan suara tertinggi. Maka di daulatlah Kusuma Pandu Wijaya (DKV 2011) sebagai ketua HIMA, dan Atina Zakaria Putri (DKV 2011) sebagai wakilnya.

Tugas berikutnya sebagai ketua dan wakil adalah memilih pengurus HIMA untuk menjalankan program kerja. Pengurus HIMA dibagi menjadi beberapa divisi yaitu : Kesekretariatan, Bendahara, Humas dan Publikasi, Divisi Kreatif, Dokumentasi, Divisi Eksternal. Divisi-divisi tersebut dikelola oleh mahasiswa-mahasiswa DKV lintas atasan.

Sukses untuk ketua dan wakil HIMA Rupakapala DKV! Semoga kepengurusan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya!

 

 

 

Menggambar Mural dan SEBATSS

  • PDF

Menggambar Mural dan SEBATSS

Program kerja HIMA Rupakapala DKV yang secara rutin digelar dalam tiap semester adalah menggarap mural di lingkungan kampus dan pentas musik SEBATSS (Sore-Sore BerkaryaTanpa Batas). Kali ini penggarapan mural dan SEBATSS dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 10-14 Maret 2014.

Beberapa mahasiswa secara berkelompok dan individual menggarap mural di atas dinding sekitaran kampus dengan tema “Kreatifitas Tanpa Batas”. Mereka mengusung konsep masing-masing delam merespon tema tersebut dengan gaya visual masing-masing, dan media yang bervariatif seperti cat, print digital, dan origami. Tujuan perancangan mural ini lebih padat ujuan estetis dan ekspresi, agar dinding di kampus tidak kosong, dan mahasiswa pun memiliki media berekspresi secara visual tanpa batas. Dinding kampus sepanjang 25 meter menjadi ajang memamerkan kepiawaian para mahasiswa dalam berkarya rupa.

Selain berkarya rupa, mahasiswa DKV pun mahir berekspresi dalam musik. Secara rutin selama 2 kali dalam 1 semester, HIMA Rupakapala menggelar pentas music SEBATSS, yang digelar di sekitaran kampus di sore hari. SEBATSS kali ini telah memasuki volume ke-5, di isi oleh performa band-band mahasiswa prodi DKV dan DPI. Ada 4 grup band mahasiswa DKV dan 2 grup band dari prodi DPI yang tampil. SEBATSS kali ini cukup special dengan menampilkan video mapping hasil karya Sabeth Utara dan Husen Wicaksono (DKV 2009) sebagai back ground panggung.

 

 

 

 

Bakti Sosial HIMA Rupakapala DKV

  • PDF

Bakti Sosial HIMA Rupakapala DKV

Pada tanggal 31 Januari 2014, Himpunan Mahasiswa DKV Universitas Paramadina menyelenggarakan bakti sosial untuk para korban banjir di daerah Cawang Jakarta Timur. Atas prakarsa dosen DKV, Khalid Zabidi, 6 orang mahasiswa DKV yang diketuai oleh Kusuma Pandu Wijaya (ketua HIMA), terjun langsung kelokasi banjir. Dengan niat baik menghibur para korban banjir terutama anak-anak, Hima DKVmenggelar beberapa agenda yang dirasa sesuai dengan kompetensi mereka sebagai mahasiswa DKV, yaitu : pemutaran film bertema lingkungan, membuat game interaktif dari sampah, membuat origami, dan pembagian roti dan susu.

Bakti sosial ini disambut hangat oleh para korban banjir, terutama anak-anak yang umumnya merasa bosan di tempat pengungsian. Anak-anak korban banjir secara antusias mengikuti seluruh kegiatan ini, di pandu oleh para mahasiswa DKV yang terampil dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak-anak. Selain memberikan pengetahuan lingkungan hidup lewat pemutaran film, anak- anak pun ditantang untuk berkreasi dengan sampah untuk dijadikan permainan dan membuat origami yang menarik.

 

Menggambar Bersama Prodi DKV dan Bimbingan Belajar Villa Merah Jakarta

  • PDF

Menggambar Bersama Prodi DKV dan Bimbingan Belajar Villa Merah Jakarta

Menggambar Bersama adalah salah satu kegiatan rutin yang terselenggara atas kerjasama Prodi DKV, HUMAS Universitas Paramadina, dan Bimbingan Belajar Villa Merah Jakarta (bimbel Vilmer). Kegiatan ini adalah salah satu program kegiatan pengabdian masyarakat Prodi DKV, dan pengenalan Prodi DKV pada murid-murid bimbel Vilmer. Tim dari prodi DKV adalah para dosen DKV dibantu oleh 12 mahasiswa DKV, sedangkan peserta dari bimbel Vilmer adalah murid-murid bimbel, ditemani oleh para pembimbingnya dari total sekitar 70 orang bersama –sama berpartisipasi dalam kegiatan ini.


Lokasi yang dipilih dalam kegiatan menggambar bersama ini adalah danau sekitar Universitas Indonesia-Depok, pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2013. Para peserta berangkat bersama-sama dengan para dosen, mahasiswa dan pembimbingnya mengunakan bis yang disediakan oleh prodi DKV ke lokasi. Di lokasi, peserta diberi pengarahan oleh pembimbing bimbel dan para dosen DKV, kemudian peserta menggambar objek yang dianggap menarik, dengan dibimbing oleh para dosen, para pembimbing bimbel, dan juga para mahasiswa yang menjadi fasilitator.


Acara berlangsung lancar, baik peserta, pembimbing dan penyelenggara kegiatan ini tampak santai dalam berinteraksi dengan peserta yang menggambar. Para mahasiswa tanpa ragu-ragu membantu peserta bila ada kesulitan menggambar, para dosen turut menerangkan cara menggambar yang baik pada peserta, begitu pula para pembimbing Vilmer yang turut bahu-membahu mendukung kegiatan ini. Acara ini ditutup dengan pembahasan gambar satu persatu, agar para peserta mendapatkan feed back atau evaluasi karya. Kemudian mereka diantar pulang kembali dengan bis ke bimbel Vilmer.

Pemenang Lomba Icon Jakarta 2013

  • PDF

Pemenang Lomba Icon Jakarta 2013

Pada tanggal 13-15 December 2013, KKFA (Kompetisi Komunitas Film Animasi) menyelenggarakan acara kompetisi "Icon Jakarta", yang didukung sepenuhnya oleh Pemda DKI dengan ANIMART, venue Binus University kampus Anggrek, Jakarta. Kompetisi berlingkup nasional ini di ikuti sekitar 253 peserta, 8 mahasiswa terseleksi menjadi juara kategori mahasiswa/pelajar, 4 orang diantaranya adalah mahasiswa DKV Paramadina. Dari 8 nominator tersebut, pemenang pertama :Nareswara Widito dengan nama karya "Bang Ma'an", pemenang kedua: Kusuma Pandu Wijaya dengan nama karya "Bang Jet", kedua-dua nya adalah mahasiswa DKV 2010 dan 2011. Selain itu Farid Kardana dan Rheza Purbawasesa menjadi finalis dalam kompetisi ini. Selamat bagi para pemenang, tetaplah maju dengan karya yang membanggakan!

Informasi lainnya termasuk karya mereka bisa dilihat disini :https://www.facebook.com/bambi.b.gunawan/media_set?set=a.10202046226030385.1628634084&type=3danhttps://www.facebook.com/rheza.purbawasesa/media_set?set=a.10202085018761031.1654171867&type=3.

 

 

 

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL