b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Iklan Klub Sepak Bola DKV Universitas Paramadina bersama Gareth Bale : for the love of foot ball

  • PDF

Anggota klub sepak bola DKV Universitas Paramadina merasa senang ketika tiba-tiba disodori tawaran kontrak iklan kacang dalam kemasan bulan Juni lalu, saat dunia sedang demam piala dunia 2014. Betapa tidak, berada dalam satu iklan bersama Gareth Bale pemain klub Real Madrid adalah hal yang membanggakan. Apalagi skenario iklan yang ditawarkan berkesan lucu, menghibur, namun mengangkat arti pentingnya proses dalam menuju prestasi. Peran yang ditawarkan pun sesuai dengan karakter anggota klub sepak bola DKV yang senang bercanda, usil, selalu mencoba hal baru, namun selalu berkompetisi dengan sehat dalam mencapai prestasi.

Klub yang awalnya didirikan dengan iseng-iseng ini secara rutin latihan di lapangan bola bilangan Kuningan. Tujuan utamanya menyalurkan hobi mahasiswa DKV bersepak bola, syukur-syukur bila dapat mengukir prestasi. Mendapat pengalaman beradu akting dengan bintang lapangan hijau dalam satu scene iklan tentunya adalah bonus yang menyenangkan sebagai buah "keisengan" mereka di lapangan bola.
http://www.youtube.com/watch?v=0u7ded1IbsE

 

Lomba Agenda Akademik 2014

  • PDF

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Universitas Paramadina (UPM) kembali mengadakan Lomba Agenda (LAMDA). Buku agenda yang dirancang adalah buku yang berisi seluruh agenda akademik UPM, yaitu visi misi universitas, peraturan akademik, kalender akademik, penerimaan mahasiswa baru, kemahasiswaan, dan informasi mengenai Program Studi S1-S2. Buku agenda ini ditujukkan pada seluruh mahasiswa UPM, dosen dan staff UPM. Format buku berukuran B5 memakai hard cover dengan desain hasil rancangan mahasiswa.

Direktorat Akademik bekerjasama dengan prodi DKV dalam penyelenggara LAMDA, dibantu oleh HIMA Rupakapala sebagai panitia, dan beberapa supervisor yaitu satu orang mahasiswa senior dan dua orang dosen DKV. Tema LAMDA tahun 2014 adalah Menuju Indonesia dan Paramadina Baru Konsep buku agenda adalah dari mahasiswa untuk mahasiswa, diadakan melalui kompetisi yang diselenggarakan oleh HIMA Rupakapala, dan berhak diikuti oleh seluruh mahasiswa UPM.

Kompetisi LAMDA tahun ini, pesertayang turut serta sebanyak 3 (tiga)tim. Rancangan yang terkumpul kemudian diberi penilaian oleh tim juri, yaitu dosen supervisor, Direktur Akademik, Direktur Kemahasiswaan, dan Ketua HIMA. Setelah tersaring 3 finalis, HIMA Rupakapala menggelar hari pencoblosan, pemenang kompetisi adalah yang meraih suara terbanyak. Secara otomatis rancangan pemenanglah yang akan dijadikan buku agenda selama satu tahun ajaran akademik, selain mendapatkan hadiah lain. Pemenang LAMDA tahun ini adalah tim yang beranggotakan 2 orang yaitu Amar Leina Chindany (DKV 2013), dan Yusa Nikmar Turohmah (DPI 2013). Penyerahan hadiah pada para finalis lomba dan pemenang akan diberikan saat GMP (Graha Mahardika Paramadina), yaitu acara inisiasi penerimaan mahasiswa baru 2014 di Audithorium Nurcholis Madjid pada bulan September nanti.

 

 

 

 

 

 

Try Out Akbar Villa Merah dan DKV Universitas Paramadina

  • PDF

Prodi DKV Universitas Paramadina kembali mengadakan kerjasama dengan Bimbingan Belajar Villa Merah Jakarta, dengan menggelar acara : Try Out Akbar, menuju ujian masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD ITB). Try out ini diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 27 April 2014 di Audhitorium Nurcholis Madjid Universitas Paramadina.

Try out ini berisi serangkaian simulasi tes masuk FSRD ITB berupa psikotes, menggambar still life dan menggambar suasana, dengan rentang waktu dan kualitas soal yang disesuaikan dengan ujian yang sebenarnya nanti. Tujuannya agar calon peserta ujian masuk FSRD memiliki gambaran mengenai tes masuk, dan memiliki bekal dalam menghadapi ujian nanti. Peserta yang mengikuti try out sebanyak 70 orang, tidak dibatasi hanya murid-murid bimbingan Villa Merah saja, namun diikuti pula oleh peserta diluar bimbingan.

Try out dibuka oleh kordinator Villa Merah Jakarta, Tasri Jatnika, dan Kaprodi DKV, Gilang Cempaka, dengan MC Taufiq Ramadhan Ammar, mahasiswa yang magang sebagai Junior Marketing Comunication (Junior Marcom) yang direkrut oleh HUMAS Universitas Paramadina.  HIMA Rupakapala DKV turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yaitu sebagai panitia dan  juga menggelar pameran karya mahasiswa dari berbagai tugas seperti Menggambar, Nirmana, Ilustrasi, dan lain-lain.Acara try out ditutup oleh bincang-bincang perwakilan mahasiwa DKV dengan peserta try out, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan karya satu persatu oleh pengajar Villa Merah, dengan memberikan feed back berupa penilaian terhadap gambar para peserta.

 

 

 

Kunjungan ke Museum Al-Qur’an

  • PDF

Kunjungan ke Museum Al-Qur’an

Prodi DKV mengadakan program kunjungan ke Museum Al-Qur’an di TMII, sebagai salah satu kegiatan dalam Mata Kuliah Kaligrafi Islam. Kunjungan ini terselenggara pada hari Jumat tanggal 4 April 2014, didampingi oleh dosen pengampu, Ibu Ayoeningsih Dyah Woelandhary, M.Sn.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengapresiasi berbagai karya rupa yang terinspirasi karya kaligrafi seperti Al-Qur’an terbesar dan terkecil, Al-Qur’an iluminasi, Al-Qur’an braille, dan berbagai artefak Al-Qur’an di masa lalu. Prodi menyadari bahwa ilmu tidak bisa didapatkan di dalam kelas saja, namun mahasiswa pun harus tahu perkembangan ilmu yang ada di luar kelas. Maka dari itu program-program kunjungan cukup penting untuk terselenggara secara rutin.

 


 

 

Seminar “Smithsonian X 3D” di @america

  • PDF

 

Seminar “Smithsonian X 3D” di @america

Prodi DKV bekerja sama dengan @america untuk mendukung serta menghadiri kegiatan diskusi “Smithsonian X 3D” di @america di Pasific Place Jakarta, pada hari Selasa, tanggal 1 April pk. 13,30-15.00 wib. Tujuan diselenggarakan diskusi ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa akan desain grafis dan printer 3D.

Di berangkat kan dengan bis yang disediakan oleh @america, sekitar 60 mahasiswa dan dosen pendamping, bpk Ratno Suprato, M.Ds mendengarkan pemaparan dari pembicara yaitu Vincent Rossi, seorang 3D modeling program officer dari America. Pembicara menjelaskan bahwa Smithsonian X 3D adalah perangkat lunak yang mendukung pembuatan material objek 3D, hasilnya bisa dipakai untuk kepentingan multimedia di dunia DKV. Namun perangkat ini akan lebih baik bila didukung oleh scanner dan printer khusus yang memang tidak lah murah harga nya.


Mahasiswa cukup puas mengikuti seminar ini, karena sangat mendukung keilmuan dan menambah wawasan mereka tetntang dunia multimedia.

 

Menggambar Kuda di Taman Peradaban

  • PDF

Menggambar Kuda di Taman Peradaban

Ada yang berbeda di Taman Peradaban Universitas Paramadina pada hari Selasa tanggal 25 Maret 2014 ini. Seluruh mahasiswa DKV dan DPI tampak sedang menggambar seekor kuda yang sengaja didatangkan ke kampus untuk mata kuliah Menggambar 2. Mereka duduk dengan peralatan gambar masing-masing, mencari posisi strategis agar dapat menggambar kuda dengan hasil yang baik.

Mata kuliah Menggambar 2 memang menitikberatkan pada materi menggambar anatomi mahluk hidup bergerak seperti manusia dan hewan. Untuk beberapa pertemuan perkuliahan dosen sengaja mendatangkan model manusia (laki-laki dan perempuan) untuk di gambar secara langsung di kelas. Begitupun dengan menggambar hewan, seekor kuda didatangkan secara khusus agar para mahasiswa dapat menggambar objek dengan lebih realistis, dan memiliki pengalaman menggambar objek secara langsung. Tujuan nya agar mereka dapat lebih baik dalam menganalisa gambar, serta dapat mengembangkan kepekaan visual yang diwujudkan lewat gambar.

Proses menggambar melalui proses asistensi, yang tidak hanya mengejar kemiripan, namun mementingkan pula analisa visual objek yang digambar. Setelah selesai hasil karya di bahas satu persatu di depan mahasiswa, agar mereka mendapat feed back dari para dosen.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL