b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Kuliah Umum"Corporate Communication : The Flip Side Of Opportunity"

  • PDF

 

Kuliah Umum“Corporate Communication : The Flip Side of Opportunity”

 

Kuliah umum berikutnya dalam semester ini adalah kerjasama prodi DKV Universitas Paramadina dengan PT. Maksimedia Satya mitra (Maksimedia), adalah graphic agency yang spesifikasi lingkupnya di bidang corporate communication. Reputasi Maksimedia sudah tidak diragukan lagi dalam menggarap sejumlah annual report perusahaan besar di Indonesia, baik BUMN maupun swasta. Pembicara dalam kuliah umum ini adalah Bapak Untung Setyo irawan sebagai Director of account service dan ibu Orchidarina sebagai creative head dari Maksimedia.

Tema “Corporate Communication : The Flip Side of Opportunity” diambil karena corporate communication di ibaratkan sebuah koin, corporate communications adalah sisi lain dari marketing communications. Sisi lain dari peluang (the flip-side of opportunity) yang dihadirkan oleh fungsi corporate communications berbeda dengan marketing communications atau advertising. Corporate communication mempromosikan reputasi perusahaan yang dihasilkan dari keberadaan budaya perusahaan yang kuat, identitas korporat, nilai dan filosofi perusahaan, corporate citizenship, serta hubungan atau relasi secara professional terhadap pihak internal dan eksternal.

Industri corporate communication tumbuh karena adanya kebutuhan, terutama dalam merespon informasi yang dibutuhkan oleh publik internal dan eksternal. Seiring perkembangan bisnis global, perusahaan menyadari bahwa reputasi dan citra perusahaan merupakan hal yang penting untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif serta dalam rangka memenangkan persaingan. Melalui strategi komunikasi yang tepat, corporate communication mampu menjelaskan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan menjadi sebuah pesan kohesif kepada para stakeholder. Menyadari pentingnya fungsi corporate communications dalam menentukan arah bisnis perusahaan, saat ini peluang semakin terbuka bagi para pemikir kreatif untuk turut serta dalam membangun reputasi dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi perusahaan.Saat ini, corporate communications telah menjadi aset yang signifikan untuk keberlanjutan pertumbuhan perusahaan. Corporate communication kini telah muncul sebagai suatu ilmu dan seniman menpersepsi.



Kuliah ini menambah wawasan mahasiswa mengenai lingkup corporate communication, dengan menunjukkan pula proses brain storming sampai dengan proses produksi sebuah annual report pada peserta. Para pembicara menunjukkan banyak contoh kalender, dan annual report yang sudah dikerjakan oleh Maksimedia yang diapresiasi secara antusias oleh para mahasiswa DKV.



 

Watch Your First Step :Seminar dan Workshop Desain

  • PDF

 

Watch Your First Step : Seminar dan Workshop Desain

Prodi DKV, DPI dan Humas Universitas Paramadina bekerjasama dalam menyelenggarakan acara Watch Your First Step : Seminar dan Workshop Desain, pada hari Minggu tanggal 9 November 2014 di Auditorium Nurcholish Madjid. Seminar dan workshop ini terselenggara atas sponsorship dari perusahan Direct Design Center, adalah perusahaan yang memproduksi brand alas kaki, salah satunya yang terkenal adalah sandal Connect. Selain itu didukung pula oleh Studio Porto, yaitu lembaga yang bergerak di bidang kreatifitas, pelatihan gambar dan porto folio visual. Tidak ketinggalan, para mahasiswapun memamerkan beberapa karya mereka agar para peserta mendapat gambaran bagaimanakah hasil karya tugas dari perkuliahan DKV dan DPI.

Peserta seminar dan workshop adalah siswa siswi SMU yang tertarik untuk kuliah desain, senirupa atau arsitektur, beberapa peserta diantaranya diantar oleh guru masing-masing. Acara dibuka oleh seminar yang dibawakan oleh Irwan Fakhrudin (Dentsu-Leo Burnett-Lowe-Trinidad) yang menjelaskan mengenai lingkup Desain Komunikasi Visual serta keprofesiannya, dan Indra Koespratama (Head of Direct Design Center) yang banyak bercerita mengenai Desain Produk Industri. Seminar dimoderatori oleh Noel Febry Kaprodi DPI.


Sesi berikutnya adalah workshop menggambar yang dibawakan oleh Tasri Jatnika (Studio Porto), serta para dosen yaitu Hendriana Werdhaningsih, Gilang Cempaka dan Agoes Joesoef. Sebelum workshop dimulai para peserta diberi informasi mengenai persiapan mengikuti ujian masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Bahan workshop disesuaikan dengan soal ujian masuk FSRD, yang terdiri dari 3 bagian ; bagian pertama adalah menggambar suasana diatas kertas dengan menggunakan pinsil, bagian kedua yaitu psikotest, bagian ketiga yaitu menggambar still life. Pada bagian ketiga para peserta duduk berkelompok untuk menggambar benda-benda sederhana di atas sebuah mejadi depan mereka.



Tujuan seminar dan workshop ini adalah agar para murid SMU yang menjadi peserta lebih terbuka wawasannya mengenai DKV dan DPI serta keprofesiannya, dan agar para peserta yang berminat kuliah seni atau desain memiliki pengetahuan dalam menghadapi ujian masuk FSRD.


 

Pameran Kemahasiswaan VITAMIN C

  • PDF

 

Pameran Kemahasiswaan VITAMIN C

Mahasiswa DKV Universitas Paramadina memang gemar menggerakan kegiatan di kampus. Segala kegiatan dilahirkan dari hasil diskusi antar mahasiswa dengan pengurus HIMA Rupakala DKV dan Prodi, sehingga tercipta kegiatan positif yang didukung oleh civitas akademika. Dari kegiatan itu, mahasiswa mendapatkan dual transkrip non akademik, selain tentunya mereka mendapatkan pengalaman berorganisasi dan link untuk mengembangkan jejaringnya di dunia luar.

Pameran Vitamin C adalah salah satunya, yang merupakan “kerja besar” HIMA Rupakapala DKV tahun ini. Vitamin C yang diselenggarakan pada tanggal 20-22 Oktober 2014 di Auditorium Nurcholish Madjid, adalah ajang unjuk kreatifitas dan ide dari para mahasiswa Desain Universitas Paramadina. Berbeda dengan pameran akademik yang diselenggarakan tiap tahun, Pameran non akademik menawarkan ide serta kreatifitas mahasiswa, dan alumni anggota Rupakapla yang tidak terakomodasi oleh kegiatan perkuliahan. Tak ketinggalan, para dosen pun turut berpartisipasi memamerkan karyanya.


Vitamin C disponsori oleh Direct Design Center perusahaan yang memproduksi brand alas kaki, salah satunya yang terkenal adalah sandal Connect, Telkomsel, DGI (DesainGrafis Indonesia) dan Cafela Late (Indofood) Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian yaitu ; pameran, workshop dan pentas musik. Di pameran sebanyak 50 karya tematik 3 dimensi maupun 2 dimensi terpajang di Aula Nurcholish Madjid. Terdapat berbagai jenis karya yang ditampilkan, yaitu seni instalasi, senigrafis, art performance, audio visual, interactive public art, seni lukis, dan juga video mapping. Workshop pada tanggal 21 Oktober2014 adalah cukil kayu berupa“Linocut”. HIMA mengundang seniman grafis Muchlis Fachri, seorang visual artist dan printmaker muda dari Jakarta, memberikan workshop pada mahasiswa. Penutup rangkaian acara adalah live music performance, menampilkan sejumlah band indie lokal yang tergabung di Komunitas “Sebatsss” (Sore - sore berkarya tanpa batas) yang secara rutin mengelar mini konser di kampus Paramadina.


 

Kuliah umum creativity that moves people

  • PDF

Kuliah Umum “Creativity that Moves People - Empowered by Advertising and Brands"

oleh Irwan Fakhrudin

 

Prodi DKV Universitas Paramadina menyelenggarakan kuliah umum pada hari Rabu, tanggal 15 Oktober 2014, di Audithorium Nurcholis Madjid. Kuliah umum bertema “Creativity that Moves People - Empowered by Advertising and Brands" dibawakan oleh Irwan Fakhrudin, profesional kreatif yang telah malang melintang selama 12 tahun di beberapa agency periklanan terkenal. Ia telah banyak menggarap iklan di TV, diantaranya iklan pastagigi, rokok, dan maskapai penerbangan, ia pernah mendapatkan award di bidang periklanan, dan sekarang memiliki agency periklanan sendiri yaitu Trinidad di Jakarta.

Irwan berbagi pengalaman bekerja di dunia kreatif pada mahasiswa yang hadir, dengan menghadirkan karya-karya iklan yang ia rancang dan sempat ditayangkan di media. Menurutnya kreatifitas-lah yang dapat menggerakkan sebuah kampanye yang akan berdampak pada masyarakat atau target audience. Sebuah iklan tidak akan berdampak sesuai dengan yang diharapkan apabila media dan komunikasinya tidak tepat, menurutnya tiap daerah di Indonesia itu unik, maka bahasa komunikasi dan medianya pun disesuaikan dengan kondisi sosial-budaya disana. Kreatifitas dan kemampuan desainer yang dapat menggali insight-lah yang dapat menjawab permasalahan tersebut.

Selain itu Irwan menekankan perlunya idealisme dalam beriklan, salah satu idealisme itu adalah dengan menyertakan nilai budaya Indonesia dalam konsep iklan. Karena sebaiknya budaya sebuah negara bisa termuat dalam iklannya.

Siap-Siap :Pameran Vitamin C

  • PDF

Siap-Siap : Pameran Vitamin C !

Kepada rekan-rekan akademisi DKV, para calon mahasiswa DKV, para mahasiswa DKV dari kampus manapun,  dan para penikmat seni juga desain dimanapun berda….Bersiaplah untuk mengadiri pameran karya mahasiswa bertajuk “Vitamin C” pada tanggal 20 Oktober 2014 di Aula Nurcholis Madjid, dan selasar Universitas Paramadina Jakarta.  Pameran ini diselenggarakan oleh HIMA Rupakapala DKV dalam rangka ulang tahun HIMA.  Tentunya akan menarik karena akan memamerkan berbagai ekspresi  mahasiswa dan dosen dalam  karya visual, baik dua dimensi, tiga dimensi, dan multimedia dengan berbagai keunikan dan kreatifitas masing-masing.

 

Sahur dan Nonton Bareng Piala Dunia

  • PDF

Seolah-olah tidak mau ketinggalan dengan demam sepakbola 2014 yang melanda dunia, HIMA Rupakapala DKV berinisiatif menyelenggarakan nonton bareng (Nobar) final kejuaraan sepakbola Jerman vs  Argentina sekaligus sahur bareng, karena bertepatan dengan bulan Ramadhan. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 14 Juli 2014, bertempat di selasar aula kampus, mulai pada pukul 00.00 sampai dini hari menjelang sahur.

 

 

Acara yang diselenggarakan HIMA Rupakapala DKV ini secara antusias diramaikan oleh para mahasiswa DKV berbagai angkatan, para alumni, dan juga rekan-rekan mahasiswa dari program studi lain.

 

 

Keseruan dan kegembiraan menonton final piala dunia bersama-sama tidaklah harus selalu bisa dinikmati di cafe-cafe ternama atau mewah.  Nobar bisa pula dinikmati secara bersahaja di kampus, yang penting adalah kebersamaann yang menghapuskan perbedaan antara senior dan junior.

 

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL