b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Kunjungan ke Musium Istiqlal Taman Mini

  • PDF

Kunjungan ke Musium Istiqlal Taman Mini

 

Kelas Mata Kuliah "Kaligrafi Islam" mengadakan kunjungan ke  Musium Istiqlal Taman Mini, pada tanggal 7 Mei 2015.  Kunjungan mahasiswa dan dosen ini dalam rangka pengayaan,apresiasi karya seni Islam, sebagai bagian dari pembelajaran di mata kuliah, dari masa sejarah di Indonesia hingga masa kini.  Mahasiswa mengapresiasi beragam jenis karya kaligrafi, dari berbagai penggayaan (Khat) dari karya seni murni hingga kontemporer.


 

International Women Art Exhibition

  • PDF

Pameran21 “Spirit of Woman”


 

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Univeristas Paramadina bekerjasama dengan Paramadina Women Institute (POINT) dan Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Rupakapala), menyelenggarakan Pameran 21 “Spirit of Woman”, yang merupakan kompilasi karya dari Dosen dan Guru Perempuan Internasional 2015. Pameran bertaraf internasional ini diikuti oleh 52 peserta dari dalam dan luar negeri, semua peserta adalah para guru dan dosen perempuan yang mengajar seni rupa dan desain.

Pembukaan Pameran akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 26 April 2015
bertempat di Auditorium Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina. Pameran yang diselenggarakan tanggal 27-30 April 2015 di buka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bpk Anies Baswedan, diberi sambutan oleh rektor Universitas Paramadina, Bpk. Prof. Firmanzah, Ph.D, dan Bpk Tubagus Andre, selaku direktur Galeri Nasional Jakarta.



 

 

Workshop Portofolio

  • PDF

Workshop Portofolio untuk Ujian Masuk Seni Rupa

Prodi DKV bekerjasama dengan Bimbingan Belajar Studio Porto menyelenggarakan workshop portofolio untuk ujian SNMPTN dan SMBPTN Seni Rupa dan Desain pada hari Minggu tanggal 15 Februari 2015 di Universitas Paramadina. Dalam workshop ini, para calon peserta yang berminat untuk masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB diajarkan gambar suasana, still life, dan gambar perspektif, dengan nara sumber para pengajar DKV dan DPI Universitas Paramadina. Para peserta pun diberikan tips agar bisa lulus ujian SNMPTN dan SMBPTN Seni Rupa dan Desain.


 

“Tips and Tricks”

  • PDF

“Tips and Tricks” Konsultasi Menjadi Desainer Handal

Para dosen DKV dengan sigap memberikan konsultasi bagi calon mahasiswa yang bercita-cita menjadi desiner handal di Pameran Pendidikan Tinggi, di Istora Senayan pada tanggal 3 Februari 2015, dan di JCC Senayan pada tanggal 7 Februari 2015. Konsultasi yang diberikan salah satunya adalah portofolio, para calon mahasiswa membawa sketsa, gambar, desain dan karya lainnya untuk di konsultasikan pada para dosen. Selain itu para calon mahasiswa banyak yang ingin mengetahui informasi mengenai ujian masuk seni rupa dan desain, perkuliahan di bidang desain, kurikulum dan lapangan pekerjaan di bidang desain.




 

Pameran Akademik Program Studi DKV dan DPI

  • PDF

 

PAMERAN AKADEMIK “BIANGLALA”

 

Mahasiswa DKV dan DPI angkatan 2013 menyelenggarakan pameran akademik bertajuk “Bianglala”.Pameran ini diselenggarakan pada tanggal 8 – 11 Desember 2014 di Audithorium Nurcholish Madjid Universitas Paramadina. Pameran dibuka oleh Bpk. Totok A Soefjanto, Ed.D, Deputi Rektor Bidang Akademik Riset dan Kemahasiswaan.


Karya-karya yang ditampilkan adalah tugas mahasiswa selama satu tahun pertama belajar ilmu DKV dan DPI di kampus, seperti tugas dari mata kuliah Menggambar 1, Nirmana 2 Dimensi dan 3 Dimensi, DKV 1, DPI 1, Fotografi, dan Komputer Grafis. Selain untuk menambah porto folio mahasiswa, pameran ini menambah pengalaman mahasiswa untuk berani menampilkan karyanya di depan publik, melatih berogranisasi dan bekerjasama dalam tim.

 

Selama pameran, mahasiswa menyelenggarakan senimar dan workshop dengan mendatangkan narasumber professional dari luar kampus. Hari Senin tanggal 9 Desember 2014, seminar berjudul“Minimize Your Wood, Create Beyond Design, Save The Earth”oleh mahasiswa DPI (Abdulsalamdan Imam Nurcholis). Lalu seminar oleh Lody Andriyan dari Rock n Roll Magazine, berjudul “Hobby Can Makes Money”. Pameran hari Senin ditutup oleh Komikazer, yaitu workshop membuat ilustrasi komik.

 

Pameran di hari Rabu tanggal 10 Desember 2014 diramaikan dengan workshop cat air “Freehand is More Powerfull” yaitu menggambar ilustrasi yang di bawakan oleh Dika Toolkit, Elfandiary, dan R. Hakim. Selanjutnya dilanjutkan dengan workshop dibawakan oleh Said Kamengski, Bobby Agam, dan Naela Ali dengan tema “From Passion to Bussines yang member inspirasi mengenai entepreneurship. Seperti biasa rangkaian pameran ditutup oleh pentas music Sebbats.

 

Menggambar Bersama Di Sekitar Danau UI Depok

  • PDF

MENGGAMBAR BERSAMA DI SEKITAR DANAU UI DEPOK

Kelas Menggambar 1 tidak selalu diselenggarakan di dalam kelas dengan melihat objek gambar hanya secara dua dimensi. Sesekali menggambar di alam terbuka akan dapat menambah pengalaman mahasiswa dalam menggambar objek secara langsung, dengan suasana yang berbeda. Dalam sesi terakhir perkuliahan Menggambar I, kelas diselenggarakan di sekitaran danau UI Depok pada hari Selasa tanggal 23 Desember 2014.

Materi dalam sesi ini adalah menggambar gedung atau bangunan dengan metode perspektif. Setelah diberi briefing, kemudian mahasiswa mencari lokasi dan menetukan objek yang digambar. Gambar diselesaikan menggunakan cat air.

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL