b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Study Tour DKV Paramadina - Singapore 3-7 Agustus 2015

  • PDF

Acara yang Studi Trip yang sangat berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan para Mahasiswa dalam keilmuan DKV. Tour yang bertema “Design in Cityscape” memberikan banyak ide dan pengalaman yang luar biasa terutama pada keilmuan Desain Komunikasi Visual. Dimana para mahasiswa dapat melihat & belajar mengenai aplikasi desain pada kota. Studi tour ini mengunjungi beberapa museum di Singapura seperti National Museum of Singapore, URA Center, SAM (Singapore Art Museum). Dimana dimuseum tersebut terdapat banyak referensi Desain dan Seni pada terapannya. Selain itu mahasiswa juga mengunjungi tempat cagar budaya dan pusat kota. Seperti Orchard Road, Marina Bay Sands, Merlion, Garden By the Bay. Acara ini memberikan referensi desain dalam aplikasinya baik outdoor maupun indoor, cetak, web dll.

Mahasiswa juga mempelajari gaya arsitektur Singapura yang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Akulturasi. Singapura yang begitu kaya dengan percampuran budaya memberikan warna yang memukau bagi sejarah dan peradaban kebudayannya.

Bertepatan dengan ulang tahun Singapura yang ke 50 tahun. Seluruh kota diwarnai dengan berbagi macam festival yang memukau dan menggambarkan semangat dari Negeri Singa ini.

 

Lomba Desain Buku Agenda Akademik

  • PDF

LOMBA DESAIN

AGENDA PANDUAN AKADEMIK 2015 - 2016

Sudah menjadi tradisi, keluarga Besar kampus Universitas Paramadina selalu menerbitkan agenda akdemiknya adalah hasil karya mahasiswa Paramadina sendiri, Yang pelaksanaanya dengan cara diperlombakan. Serangkaian acara Lomba Perancangan Buku Agenda & Panduan Akademik Universitas Paramadina 2015-2016 baru saja selesai dilaksanakan sudah sampai tahap pemilihan desain oleh para juri dengan lancar, serta dukungan saudara seluruh elemen civitas akademika (Rektorat, Mahasiswa, Direktur, Dosen, Karyawan, Staff, dll). Dari ketiga finalis yang dipilih, kami panitia mencari satu yang terbaik melalui proses vote (pemilihan suara) selama 2 hari tepatnya pada tanggal 11-12 Juni 2015 di Universitas Paramadina.

Dengan perolehan ini, team 2 "Stay Positive" (Dina & Hanny) menjadi juara 1 dan berpeluang untuk melanjutkan serangkaian perancangan buku agenda.Kami selaku panitia lomba mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak yang sudah membantu melancarkan acara ini.


 

 

 

Kuliah Umum

  • PDF

KULIAH UMUM : GIVE A DAMN! HEART WORK IN DIGITAL CRAFT

Prodi DKV Universitas Paramadina kembali mengadakan kuliah umum dengan mengundang praktisi yang kompeten dan memiliki reputasi tinggi di bidangnya. Kali ini prodi DKV mengundang Dimas Wibisono, seorang praktisi yang berpengalaman di bidang advertising. Dimas Wibisono yang memiliki pengalaman malang melintang di agensi Newyork dan Swedia ini adalah salah seorang founder dan creative director perusahaan bernama “Mankind”, sebuah agensi yang bergerak di bidang pemikiran kreatif, yang banyak menangani projek periklanan dalam aplikasi digital.

Kuliah umum diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2015 di Aula Nurcholish Madjid, di ikuti oleh seluruh mahasiswa DKV dari seluruh angkatan, dan para dosen yang matakuliahnya terkait dengan materi kuliah umum ini. “Give a Damn! Heart Work in Digital Craft” adalah tema yang di presentasikan oleh pembicara. Dijelaskan bahwasannya ide dan proses kreatif adalah hal yang penting, namun yang terpenting adalah eksekusi yang excellent. Mahasiswa harus terbiasa bekerja secara tim, tidak berhenti belajar dan mau mempelajari bidang ilmu lain selain DKV. Pembicara menampilkan beberapa projek yang pernah digarap bersama tim kreatifnya yang kebanyakan diaplikasikan secara digital di android baikberupa games maupun multimedia interaktif.Namunintinyaadalahdengan media apapun seorang desainer bekerja, yang penting adalah mindset untuk menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif.

 

 

Try Out dan Workshop Ujian Menggambar Seni Rupa

  • PDF

Prodi DKV dan DPI Universitas Paramadina kembali mengadakan event tryout dan workshop ujian menggambar seni rupa bernama : Simulasi Ujian Gambar SBMPTN 2015, yang berisi pembahasan soal menggambar dan latihan ujian menggambar SBMPTN 2015. Event yang terselenggara pada hari Minggu tanggal 24 Mei 2015 di Audithorium Nurcholis Madjid ini adalah hasil kolaborasi Prodi DKV, DPI, dan bimbingan belajar Studio Porto yang berlokasi di Depok. Tidak ketinggalan, event ini pun didukung oleh Hima DKV dan DPI, dengan membantu teknis pelaksanaan dan pameran kecil beberapa karya mahasiswa terpilih.


Dipandu oleh Tasri Jatnika, pengelola Studio Porto, tryout ini disesuaikan dengan kondisi ujian gambar SBMPTN, dimulai dengan soal menggambar suasana selama 100 menit, lalu menggambar alam benda selama 25 menit, terakhir ujian gambar psikotes 5 menit, semuanya secara nonstop. Seluruh hasil tryout ini dibahas dan dievaluasi satu persatu agar calon peserta ujian mengetahui kekurangan dan kelebihan gambarnya. Sehingga ketika menghadapi ujian sebenarnya, calon peserta lebih siap sehingga bisa lebih antisipatif dalam menyelesaikan kendala dalam masalah soal atau teknis.

Kuliah Umum dan Workshop

  • PDF

KULIAH UMUM DAN WORKSHOP “FUN FONTS FUCTION”

Prodi DKV bekerjasama dengan “Atap Promotion” untuk menyelenggarakan event Kuliah Umum dan Workshop “Fun Fonts Function”, pada tanggal 13 Mei 2015 di Auditorium Nurcholish Madjid. Narasumber adalah Dodi Nursaiman, M.Ds selaku Creative Planner dari “Atap Promotion”. Maksud dan tujuan dari kuliah umum dan workshop “Fun Font Fuction” adalah pencarian dan perancangan bentuk – bentuk huruf baru melalui bermain – main dengan berbagai jenis budaya visual yang dapat di aplikasikan pada media digital dan mampu menjabarkan entitas pesan melali elemen pembentuk huruf.


FUN – FONT – FUNCTION bukan sekedar mengajarkan merancang huruf melainkan menjadikan huruf yang dapat membentuk pesan yang menjadi mudah di mengerti. Dalam kegiatan ini mahasiswa yang berjumlah sekitar 50 orang dibagi dalam beberapa kelompok, mereka membuat fonts baru hasil dari imajinasi mereka dengan referensi budaya Nusantara secara manual. Kemudian hasilnya akan diolah secara digital oleh “Atap Promotion” yang berlokasi di Bandung. Hasil terpilih dari setiap rancangan yang dilakukan oleh peserta akan menjadi bagian dari isi buku FUN – FONT – FUNCTION yang akan dirilis pada akhir tahun 2015.


 

Mengambar Kuda

  • PDF

KUDA MASUK KAMPUS

Salah satu materi MK Menggambar II adalah menggambar anatomi binatang. Selain mahasiswa menggambar binatang lewat foto atau gambar, mahasiswa pun diberi pengalaman menggambar binatang secara langsung yaitu seekor kuda yang sengaja dibawa ke kampus untuk di gambar. Berbekal alas gambar, kertas, dan pensil warna, pada tanggal 12 Mei 2015, dengan antusias mahasiswa berkumpul di “Taman Peradaban” untuk mengambar kuda bersama-sama.

Tujuan menggambar binatang secara langsung adalah agar mahasiswa memiliki pengalaman mengamati, menganalisa, dan menggambar objek secara langsung, sehingga mahasiswa bisa lebih terasah kepekaannya secara visual dalam mengobservasi objek. Dimana hal tersebut agak sulit didapat apabila hanya mengamati dari bidang dua dimensi seperti mengobservasi dari foto atau gambar.


 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL