b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Kuliah Umum "Etika Bisnis"

  • PDF

Etika profesi, merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Para alumni maupun mahasiswa  yang bekerja, memerlukan wacana tentang  etika bisnis pada saat bekerj di suatu perusahaan. Perlu pengenalan  tentang nilai, norma dan bagaimana berperilaku dalam membangun hubungan dengan pimpinan, pelanggan, mitra kerja, pemegang saham, dan masyarakat.

Perlu adanya pembekalan, bahwa profesional yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan, budaya kerja yang berlaku. Etika bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh professional dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional. Pengenalan etika bisnis ini diselenggaran oleh prodi DKV, disampaikan oleh pakar etika yang juga sebagai dosen di prodi Ikom, yaitu bapak Fernando S Srivanto. Kuliah umum ini diselenggarakan di auditorium Nurcholish Madjid universitas Paramnadina pada tanggal 27 April 2006


 

 

 

Field trip Pindad Bandung

  • PDF

Program studi DKV dn DPI Paramadina, pada hari Rabu 11 Mei 2016 yang lau berkunjung ke perusahaan industri angkatan darat di Bandung. Pengenalan teknologi modern yang digunakan oleh industri ini sangat diperlukan sebagai pengetahuan bagi mahasiswa prodi DPI maupun DKV. Sebagai industri yang memproduksi peralatan perang, mulai dari senjata sampai kendaraan perang, PT Pindad dilengkapi dengan system dan teknologi yang berkualitas tinggi. Terbukti dengan kemampuan membuat senjata yang diakui secara internasional, karena telah memenangkan lomba keterampilan menembak oleh pasukan khusus Indonesia di Australia. Kemudian Pindad juga memproduksi mobil mobil untuk kebutuhan perang yang kualitasnya sudah diakui, terbukti dengan banyaknya pesanan terhadap kendaraan perang ini oleh beberapa Negara Asia.

Dengan teknologi ini, mahasiswa diharapkan dapat menyerap pengetahuan dan mengaplikasikannya sesuai dengan kompetensinya. Sehingga diharapkan akan memperkarya teknik produksi desain akhir dari karya karya desainnya.

 

TRYOUT. PESERTA TERBAIK, LANGSUNG MENDAPAT TIKET MASUK DKV dan DPI Universitas Paramadina

  • PDF

Program studi DKV dn DPI Paramadina, kembali menyelenggarakan persiapan masuk Perguruan Tinggi, jurusan Desain dan Senirupa. Jurusan DKV dan DPI Paramadina bekerjasama dengan Studio Porto serta Ikatan Alumni ITB Jakarta, menyelanggarakan hal ini, untuk memberikan pengalaman dan kemudahan bagi calon mahasiswa yang berminat masuk jurusan desain dan senirupa. Tryout diselnggarakan pada hari Minggu tanggal 1 Mei 2016, seharian penuh acara ini diselenggarakan di Auditorium Paramadina. Peminat terlihat cukup banyak dari para siswa yang diikuti oleh mereka yang berdomisili di Jakarta Depok dan sekitarnya.

Kali ini, dalam acara tryout tsb, ada keistimewaan, karena bagi lima hasil nilai terbaik dari peserta tryout, mendapat penghargaan dari program studi DKV dan DPI Paramadina. Namun bukan itu saja, mereka yang terbaik tersebut, juga mendapatkan tiket masuk untuk secara langsung menjadi mahasiswa DKV atau DPI Paramadina. Artinya mereka yang terbaik secara otomatis, tanpa melalui ujian reguler, diberi kesempatan dapat masuk langsung ke program studi DKV atau DPI secara langsung tanpa test lagi.

Bagi para peserta tryout terbaik, kami mengucapkan selamat, semoga ananda mendapatkan jaminan peluang yang besar untuk memasuki dunia perkuliahan DKV maupun DPI, seperti yang anda minati. Dan bagi yang belum mendapat kesempatan, masih ada peluang untuk mengikuti tryout yang DKV dan DPI Paramnadina selenggarakan pada kesempatan mendatang. Pantau terus informasi try out kami.

 

 

 

 

 

Kuliah Umum 'The Important of International IT Certificate"

  • PDF

 

Indonesia yang dalam waktu tidak lama lagi akan menghadapi Era Globalisasi atau yang kita kenal dengan istilah MEA ( Masyarakat Ekonomi Asia). Dimana persaingan global antara negara asing dalam segala hal perekonomian, industri, manufaktur, yang antara lain termasuk Industri Desain khususnya DKV. Sudah siapkah kita para desainer akan menghadapinya? Dimana akan banyak tenaga pekerja asing yang datang dan bekerja diIndonesia. Akankah kita dapat setaraf dengan mereka? Atau mungkinkah justru kita bekerja dinegara mereka? Sudah saatnya para mahasiswa desain dibekali kemampuan yang optimal, namun kemampuan saja tidak cukup, perlu adanya pengakuan Internasional yaitu sertifikasi. Adobe merupakan salah satu vendor pengkangkat lunak komputer grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, InCopy dan lain sebagainya memandang penting hal ini. Brand berskala Internasional ini mengeluarkan sertifikasi Internasional yang dapat digunakan oleh para pemegangnya untuk memungkinkan tidak hanya bersaing namun dapat bekerja diluar negeri dan setara dengan keahlian para SDM negara lokal.

 

Pada kesempatan ini DKV Paramadina mendapat kehormatan untuk mengundang dua orang pakar dibidangnya. Dibawah bendera EduTrain bapak Adi Nugroho dan Ade Nugraha memberikan pengalamannya dan berbagai tips untuk mengikuti dan dapat lulus dalam ujian sertifikasi Adobe. EduTrain salah satu vendor penyelenggara sertifikasi Adobe berlisensi mengadakan sosialisasi dan demo simulasi ujian sertifikasi Adobe. Di fasilitasi oleh Adi Nugroho, ACA (Adobe Certified Associate) dan Ade Nugroho, MMSI, ACA. Mereka berbagi pengalamannya dan memberikan tips untuk dapat sukses dalam ujian sertifikasi Adobe. Pak Adi menekankan betapa pentingnya sertifikasi Adobe karena dalam ujiannya tidak hanya mengenai tools dan teknis namun pengetahuan desain secara keseluruhan. Pak Adi menekankan bahwa ujian sertifikasi Adobe juga mencakup pengetahuan seputar desain, proses cetak, efisiensi kerja. Karena perangkat lunak ini didesain untuk kerja efisien yang memenuhi kaedah keilmuan desain. Pak Ade Nugroho, pemengang gelar ACA menjelaskan bahwa calon peserta ujian tidak hanya cukup hanya mengetahui wasasan desain namun juga harus sudah terbiasa bekerja dengan software Adobe sehingga tahu bagaimana bekerja yang efisien. Yang menarik adalah dalam kesempatan ini para mahasiswa Paramadina diberikan kesempatan untuk mencoba langsung soal ujian sehingga mendapatkan pengalaman yang sebenarnya saat nanti mengikuti ujian. Terlihat sangat antusias minat dari para Mahasiswa Paramadina yang bertanya banyak. Terlihat minat yang tinggi dari para mahasiswa untuk mengikuti ujian sertifikasi Internasional ini. Pak Adi menambahkan bahwa hal yang tidak kalah pentingnya adalah agar tetap fokus. Karena pengalaman dalam mengikuti ujian ini adalah fokus dan tenang. “Kebanyakan Mahasiswa sudah grogi duluan”, ujarnya. Namun para fasilitator yakin bahwa mahasiswa akan siap dan dapat lulus ujian kalau fokus.


Kuliah Umum "Color Manners Designer Matters With Leonard Pek"

  • PDF

 

Warna adalah kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari dimana tanpa disadari kita menggunakannya setiap hari. Dalam desain warna memegang peranan penting karena warna dapat memvisualkan emosi, karakter dan arti. Warna juga merupakan reprensentasi dari penjalanan tren dan kebudayaan. Misalnya tren fashion, tren budaya ‘60, ‘70, ‘80 dst.

DKV Paramadina kali ini mengundang Leonard Pek dari Designasea untuk mengupas lebih dalam lagi mengenai warna. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2016 di Auditorium Nurcholish Madjid Universitas Paramadina. Dengan pendekatan yang sistematis. Pak Leonard memaparkan fenomena warna yang kaitannya dengan Socio-Culture, dimana warna menjadi Tren dalam Fashion, Pop Culture dari masa ke masa. Menuturkan bagaimana warna menjadi ‘Identitas’ dari sebuah pergerakan, gejolak dan secara global menjadi simbol misalnya RED for AIDS, dsb. Pak Leonard memaparkan Pantone menjadi salah satu tonggak pendukung bangkitnnya industri warna didunia, industri seni dan kreatif.

Warna berperan besar dalam produksi cetak, dimana dari sejak awal desainer saat membuat desain harus memiliki pengetahuan dan pertimbangan akan efisiensi penggunakan warna dan mana berkaitan dengan biaya produksi. Pak Leonard juga berbagi pengalamannya dalam desain dimana dijelaskan Peranan Spot Color dalam desain, akurasi warna menggunakan Pantone color swatch dan membuat desain dengan cost yang efisien. “Dengan menggunakan Pantone Cost Produksi dapat ditekan cukup signifikan” tandas Pak Leonard. Beliau memberikan studi kasus dengan Pantone spot color dapat membuat desain yang “Elegan dan Mahal” namun dengan biaya yang rendah. “Desainer jaman sekarang umumnya kurang paham mengenai produksi, biasanya hanya menyerahkan desain ke tukang cetak lalu menunggu. Disitulah ada yang hilang” ujar Leonard. Beliau menjelaskan masih banyak fenomena desainer pemahaman minim mengenai cetak sehingga banyak mengalami masalah dalam hal produksi.Yang mana juga berpengaruh kepada biaya. Beliau menekankan pentingnya pengetahuan cetak dan produksi sebagai bekal yang wajib dimiliki setiap desainer.

Nah para Desainer... sudah saatnya kalian meng-upgrade pengetahuan kalian bukan? Kini saatnya belajar pengetahuan warna. Karena Warna adalah bagian besar yang berperan dalam produksi cetak.

 

TRYOUT Masuk Perguruan tinggi

  • PDF

Program studi DKV dn DPI Paramadina, kembali menyelenggarakan persiapan masuk PT jurusan Desain dan Senirupa. Dengan cara memberikan arahan kepada para siswa bagaimana membuat dan mensiasati ujian menggambar. Masuk perguruan tinggi jurusan Desain dan Senirupa diharuskan salah satunya adalah test menggambar. Ada berberapa macam yang diujikan, antaralain, Iustrasi, gambar bentuk, still life. Ketiga macam ujian tersebut di simulasikan dalam tryout ini. Meliputi waktu, media, ukuran gambar, membaca soal, membuat komposisi yang digunakan, soal tryout ini secara keseluruhan mengacu kepada soal2 yang selama ini diberikan oleh sejumlah perguruan tinggi yang menyelenggarakan ujian saringan masuk untuk jurusan desain dan senirupa. Jurusan DKV dan DPI Paramadina bekerjasama dengan Studio Porto serta Ikatan Alumni ITB, menyelanggarakan hal ini, untuk memberikan pengalaman dan kemudahan bagi calon mahasiswa yang berminat masuk jurusan desain dan senirupa.

Kali ini tryout diselnggarakan pada hari Minggu tanggal 17 Januari 2016, seharian penuh acara ini diselenggarakan di Auditorium Nurcholish Madjid Universitas Paramadina. Peminat terlihat cukup banyak dari para siswa yang diikuti oleh mereka yang berdomisili di Jakarta Depok dan sekitarnya.Mengingat minatnya cukup tinggi, mendatang, acara trayout akan secara rutin diselenggarakan di kampus Paramadina.

 

 

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL