b-psi.jpg
Profil Program Studi Psikologi Program Studi Psikologi
30908_1361374686511_1595906447_30855372_2861386_s.jpg
Kurikulum Program Studi Psikologi disusun untuk membekali para
tim-psi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Alfikalia,

PEMBEKALAN PERSIAPAN MASA PUBER Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan

  • PDF

Fase perkembangan dalam konteks fisik dan psikologis dalam kehidupan manusia menjadi hal yang alami. Fase perkembangan yang seringkali menjadi perhatian bagi para orangtua dalam hal ini tidak terlepas dari perkembangan fase anak-anak menjadi seorang remaja. Perkembangan mengarah pada fase remaja tersebut, jika diperhatikan maka akan didapati sebuah perubahan-perubahan besar yang dapat menimbulkan kecemasan, ketakutan maupun ketidakstabilan jika tidak ada bekal maupun kesiapan yang dimiliki oleh anak sendiri. Salah satu hal yang penting dalam perkembangan anak memasuki fase remaja dalam hal ini adalah mulai berkembanganya alat reproduksi dan hormonal (pubertas). Anak harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang benar dan sesuai agar mampu beradaptasi dengan tepat sesuai dengan fase perkembangan remaja yang akan dimasukinya nanti. Dengan adanya pembekalan yang sesuai ini akan menghindarkan dari pemahaman keliru yang sangat mungkin dimiliki oleh anak dari rasa keingintahuan anak mencari informasi. Upaya pembekalan ini juga akan menghindarkan anak terhindarkan dari informasi-informasi yang dirasa belum layak dikonsumsi saat upaya pencarian informasi melalui media internet maupun media yang lainnya.

Dengan melihat pentingnya permasalahan tersebut maka program studi psikologi melalui lembaga Paramadina For People bekerjasama dengan Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu dan Lembaga Sentra Tumbuh Kembang Kancil mengadakan “Pembekalan Persiapan Masa Puber” yang dilaksanakan

 

Tanggal 22 September 2016 dengan kegiatan pelatihan “Pembekalan Persiapan Masa Puber” yang difasilitasi oleh para dosen dan mahasiswa program studi Psikologi Universitas Paramadina.

 

 

Foto bersama para fasilitator dari program studi Psikologi Universitas Paramadina dan guru SD Islam Al Izhar Pondok Labu

 

Pelaksanaan kegiatan pembekalan persiapan masa puber

 

Dalam pelaksanaan kegiatan pembekalan ini, penggunaan alat bantu/media peraga bagi peserta dalam memahami permasalahan reproduksi dan pubertas merupakan hasil karya yang pembuatannya melibatkan mahasiswa psikologi yaitu Nailys Syifa (angkatan 2013) yang dinamakan dengan CIBAKU (Cintai Badan Ku). CIBAKU ini memiliki tujuan sebagai media pendidikan seksual pada anak usia sekolah dasar. CIBAKU terdiri dari empat konten pendidikan seksual yaitu pengenalan alat reproduksi laki-laki dan perempuan, cara menjaga kebersihan alat reproduksi, aktifitas seksual (menstruasi, mimpi basah, pernikahan) dan pengetahuan tentang privasi anggota tubuh. Empat konten tersebut mendasarkan pada konsep yang dipaparkan dalam buku Beyond the Bird and the Bees (1997).

 

 

· D

 

CIBAKU sebagai alat bantu/media di dalam kegiatan pembekalan persiapan masa puber

·Tanggal 28 September 2016 dengan kegiatan diskusi hasil pelatihan dengan guru. Dalam hal ini dosen program studi Psikologi yaitu Tia Rahmania, M. Psi, Psikolog memaparkan hasil pembekalan yang sudah dilaksanakan dan mendiskusikan dengan para guru di Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu.

Tanggal 29 September 2016 dengan kegiatan diskusi seminar hasil pelatihan dengan para orangtua murid. Dalam kegiatan ini dosen program studi Psikologi yaitu Tia Rahmania, M. Psi, Psikolog memaparkan hasil pembekalan kepada para orangtua di Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu.

 

 

Presentasi hasil evaluasi kegiatan di depan para orangtua murid SD Islam Al Izhar Pondok Labu

 

 

Presentasi hasil evaluasi kegiatan di depan para orangtua murid SD Islam Al Izhar Pondok Labu

 

 

Kerjasama Prodi Psikologi Universitas Paramadina dengan HIMPSI Jaya

  • PDF

Program studi psikologi dengan bangga dapat melaksanakan kerjasama dengan insitusi atau organisasi lain sebagai salah satu cara memperkenalkan prodi psikologi kepada khalayak dan juga untuk memperluas jejaring dan untuk sarana bersosialisasi yang mengarah kepada kemajuan program studi itu sendiri. Sepanjang perjalannya hingga saat ini, program studi psikologi telah banyak melahirkan kerjasama-kerjasama dengan berbagai institusi dan organisasi dan kedepannya kerjasama akan terus dilaksanakan guna mencapai tujuan tujuan tersebut diatas.

Di penghujung tahun 2015 ini, program studi psikologi kembali melakukan kerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) wilayah DKI Jakarta Raya. Kerjasama tersebut diikat dengan Surat Kesepakatan Kerjasama No: 01/MOU/Jaya/DKI/2015 yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh HIMPSI JAYA adalah melaksanakan Musyawarah Wilayah Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah DKI Jakarta Raya.

Sebagai forum pertemuan yang penting dan melibatkan banyak pakar dalam bidang ilmu psikologi, maka program studi psikologi memandang bahwa Musyawaran Wilayah yang akan dilaksanakan oleh HIMPSI JAYA tersebut dapat dijadikan momentum untuk bersilaturahmi dan untuk mengembangkan jejaring, selain untuk dapat membuka kesempatan kerjasama lebih lanjut dalam banyak hal seperti kuliah umum, seminar, riset bersama, pengabdian masyarakat dan lain sebagainya.

Untuk itu program studi psikologi mengajukan diri untuk bekerjasama dengan HIMPSI JAYA dan mengambil peran/berkontribusi dalam mewujudkan terlaksananya Musyawarah Wilayah. Gayung bersambut dan pengajuan untuk ikut berkontribusi disambut baik oleh HIMPSI JAYA. Serangkaian persiapan hingga terlaksananya kegiatan Musyawarah Wilayah dapat terlaksana di Universitas Paramadina dan prodi Psikologi Universitas Paramadina mendapakan penghargaan atas partisipasi dan dukungannya dalam musyawarah Wilayah HIMPSI JAYA.

Dengan adanya kerjasama yang dilakukan program studi Psikologi dengan organisasi sekelas HIMPSI JAYA, Prodi psikologi Universitas Paramadina akan semakin dikenal oleh khalayak dan jika ada kegiatan serupa, maka HIMPSI JAYA dapat kembali mempercayai program studi Psikologi sebagai rekan dalam bekerjasama. Sebaliknya, jika program studi melaksanakan kegiatan ilmiah lain, maka HIMPSI JAYA akan mendukung dan dapat terlibat didalamnya.

Semakin berkembangnya jejaring antara prodi psikologi dengan institusi lainnya, akan semakin mempermudah dijalinnya kerjasama dalam bentuk lain dikemudian hari dan juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam pengaplikasian tridharma perguruan tinggi khususnya dalam hal penelitian, pengajaran, kuliah umum maupun pengabdian masyarakat

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi pemahaman dan pengetahuan mahasiswa bahwa dalam bidang ilmu psikologi, terdapat organisasi yang menaungi keilmuan dan pengaplikasian ilmu psikologi yang bernama HIMPSI.

 

 


 

 

Surat Edaran Himpsi Pusat Mengenai Sebutan Psikolog Berdasarkan Surat Edaran No. 001/SE/PP-HIMPSI/XII/15

  • PDF

The 2nd Inter-Islamic University Conference on Psychology Konsorsium Keilmuan Psikologi Islam se-Indonesia dan Kuliah Umum Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif

  • PDF

Dalam rangka menambah dan memperdalam keilmuan Psikologi khususnya dalam keilmuan Psikologi Islam serta pengembangan jaringan program studi Psikologi Universitas Paramadina. Ketua program studi Psikologi, Bapak Haris Herdiansyah, M.Si  ikut serta dalam acara The 2nd Inter-Islamic University Conference on Psychology Konsorsium Keilmuan Psikologi Islam se-Indonesia dengan tema "Peran Psikologi Islam dalam Memahami Perilaku Kriminalitas". Acara tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, 26-27 November 2015. Masih dalam perjalanan kegiatan di Sumatera Barat, Bapak Haris Herdiansyah, M.Si dalam rangka menjalankan tugas dalam tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian masyarakat, juga memberikan materi mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif dalam acara kegiatan kuliah umum di Universitas Negeri Padang, Bukit Tinggi, 28 November 2015.

Ketua program studi Psikologi Universitas Paramadina Bapak Haris Herdiansyah, M.Si beserta para profesor dan pakar Psikologi Islam antara lain Prof. Abdul Mujib dari UIN Jakarta dan Dr. Subandi dari UGM

Bapak Haris Herdiansyah, M.Si Ketua program studi Psikologi Universitas Paramadina beserta para profesor dan pakar

Psikologi Islam antara lain Prof. Abdul Mujib dari UIN Jakarta dan Dr. Subandi dari UGM

Bapak Haris Hersiansyah, M.Si sedang memberikan kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif pada agenda Kuliah Umum di Universitas Negeri Padang

Bapak Haris Herdiansyah, M.Si sedang memberikan kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif pada agenda Kuliah Umum

Workshop Penulisan Ilmiah

  • PDF

Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPsi) Universitas Paramadina di bulan Oktober lalu mengadakan Workshop Penulisan Ilmiah. Workshop penulisan ilmiah ini merupakan salah satu kegiatan HIMAPsi dalam mengasah dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam hal penulisan ilmiah. Pembahasan mengenai penulisan ilmiah telah menjadi persoalan yang serius dikalangan mahasiswa. Tema yang diangkat kali ini adalah “Bagaimana menuangkan penulisan ilmiah?”. Workshop ini nantinya akan bermanfaat membantu mahasiswa Psikologi dalam melakukan penyusunan makalah dan skripsi. Selain itu, kegiatan penulisan ilmiah ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa menuangkan kreativitas dan memiliki kemampuan menyampaikan pendapat keilmuan dalam karya ilmiah. Hadir dalam workshop ini sebagai pemateri  yakni Ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si, Psi yang juga merupakan salah satu dosen aktif prodi Psikologi Universitas Paramadina.

 

 


 

Workshop "Public School Set Up of Special Education (case study in Indonesia and Phillippines), dan Accomodations, Inclusion and School Management for Children With Special Needs"

  • PDF

 

Prodi Psikologi Universitas Paramadina bekerjasama dengan HIMPSI Banten dengan bangga menyelenggarakan agenda Workshop dengan tema “Public School Set Up of Special Education (case study in Indonesia and Phillippines), dan Accomodations, Inclusion and School Management for Children With Special Needs pada Tanggal 12 Mei 2015. Agenda ini merupakan agenda utama karena, mengundang para Praktisi dan Edukasi Anak Berkebutuhan Khusus dari Phillippina yakni; 1) Maria Cristina Romero, M.A, 2) Jessica Flores Nepomuceno, OTRP, MAED ECED SPED, 3) Mary Jean Marquez-Contado, MAED ECED.


Agenda ini bertujuan sebagai bentuk dukungan bagi para praktisi psikologi, guru dan praktisi pendidikan dalam pengembangan pendidikan yang peka dengan kebutuhan anak didik berkebutuhan khusus agar mendapat pengetahuan maupun kemampuan dalam penanganan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus baik secara individual maupun dalam setting institusi pendidikan.


Workshop berjalan lancar sesuai dengan harapan dan peserta workshop yang mayoritas adalah psikolog, guru, dan praktisi pendidikan merasa puas dan mendapatkan banyak pembelajaran dari pemaparan para narasumber terutama kasus-kasus dan kebijakan-kebijakan terkait dengan penanganan anak berkebutuhan  khusus yang diterapkan di Phillippina.

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL