b-psi.jpg
Profil Program Studi Psikologi Program Studi Psikologi
30908_1361374686511_1595906447_30855372_2861386_s.jpg
Kurikulum Program Studi Psikologi disusun untuk membekali para
tim-psi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Alfikalia,

Call For Paper jurnal ilmiah psikologi INQUIRY vol. 3 no. 1.

  • PDF

Kami mengundang rekan-rekan untuk berpartisipasi mengirimkan artikel di jurnal ilmiah psikologi INQUIRY vol. 3 no. 1. INQUIRY merupakan jurnal dengan ISSN 1979-7273.

Tema tulisan bisa merupakan hasil penelitian, review buku, tinjauan teoretik, atau inovasi teoretik dalam bidang psikologi atau perilaku manusia, terutama yang membahas mengenai psikologi timur.

Artikel bisa dikirimkan ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it atau ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , paling lambat 28 Februari 2010.

Tulisan yang masuk akan di-review oleh 2 Mitra Bestari (Reviewer) dengan menggunakan form penilaian yang telah ditentukan.

BERIKUT STANDAR PENULISAN JURNAL INQUIRY

A. Ketentuan Umum

1. Materi tulisan harus mempunyai relevansi dengan bidang psikologi

2. Naskah yang dimuat dalam jurnal ilmiah psikologi INQUIRY belum pernah

dimuat dalam jurnal atau media massa apapun

3. Materi tiap judul harus utuh, tidak bersambung

4. Tiap penulis hanya berhak dimuat satu tulisannya dalam edisi yang sama, kecuali

apabila dimuat dalam rubrik yang berbeda, atau jika kedudukan dalam tulisan

pertama sebagai penulis pertama sedangkan pada tulisan kedua sebagai penulis kedua

B. Materi Jurnal

Penelitian, review buku, tinjauan teoretik, atau inovasi teoretik dalam bidang

psikologi atau perilaku manusia, terutama yang membahas mengenai psikologi timur.

C. Penulisan Naskah

1. Naskah ditulis dalam format APA dalam bahasa Indonesia

2. Naskah disertai dengan abstrak yang tidak melebihi 250 kata

a) Naskah berbahasa Indonesia menggunakan abstrak berbahasa Inggris

b) Naskah berbahasa Inggris menggunakan abstrak berbahasa Indonesia

3. Naskah diketik dikertas A4 dan spasi 1,5 dalam bentuk file microsoft office

document (*.doc atau *.rtf) atau open office document (*.odt)

4. Jumlah halaman maksimal 20 termasuk daftar pustaka

5. Setiap tabel, gambar, dan ilustrasi lainnya diberi judul singkat dan nomor berurut

6. Sertakan biodata penulis, meliputi nomor telepon dan email yang dapat dihubungi

D. Pengiriman Naskah

Naskah dikirimkan dalam bentuk cetak dan soft copy

1. Naskah tertulis diserahkan dalam bentuk print out ke alamat:

Redaksi Jurnal Inquiry

Program Studi Psikologi Universitas Paramadina,

Jalan Gatot Subroto Kav. 97 Mampang, Jakarta Selatan 12700

2. Naskah dalam bentuk soft copy dikirim melalui email ke

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Apabila tulisan yang masuk telah masuk kuota untuk penerbitan, maka tulisan selanjutnya akan ditempatkan untuk edisi selanjutnya, dan akan mendapatkan pemberitahuan dari sekretariat jurnal.

Atas partisipasi rekan-rekan sekalian, kami ucapkan terima kasih.

Alamat Redaksi Jurnal Inquiry:
Program Studi Psikologi Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto kav. 97, Mampang Jakarta 12790
T +62 21 7918 11 88 ext. 225
F +62 21 799 33 75
email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Kegiatan Donor Darah

  • PDF

Dalam rangka meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap keadaan sosial, mahasiswa program Studi Psikologi berpartisipasi dalam memenuhi kekurangan darah di Indonesia, maka kami bekerjasama dengan PMI Daearah khusus ibukota - Jakarta, mengadakan acara donor darah bagi mahasiswa dan umum. Acara ini berlangsung di Auditorium Nurcholis Madjid pada tanggal 01 Juli 2009.

Acara donor darah ini mendapat sambutan yang positif dari mahasiswa dan seluruh civitas akademika. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang mendaftarkan dirinya menjadi calon pendonor. Pendonor sendiri tak hanya datang dari kalangan mahasiswa, namun juga dari civitas akademika. Sayangnya, tidak semua calon pendonor berhasil mendonorkan darahnya, kegagalan ini umumnya dikarenakan  pendonor yang tidak memenuhi syarat, seperti tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah. Donor darah yang dapat diperoleh dari pendonor sebanyak 50 kantong.

Seminar "What You Wanna Be In The Future"

  • PDF

Program Studi Psikologi Universitas Paramadina telah menyelenggarakan seminar dengan tema “What You Wanna Be In The Future” yang diadakan pada tanggal 4 November 2009, pada jam 09.00-12.00 WIB. Pada seminar ini, Prodi Psikologi menghadirkan tiga orang nara sumber yaitu: Ibu Alfikalia, M.Si (Staf pengajar Prodi Psikologi Universitas Paramadina), Ibu Maharsi Anindyajatii, M.Psi (staf pengajar dan head hunter dari PPM) dan Virnie Ismail (artis dan mahasiswa Prodi Psikologi) dan sebagai moderator Ibu Fatchiah E Kertamuda, M.Sc (Staf pengajar Prodi Psikologi Universitas Paramadina).

Adapun tujuan dari penyelenggaraan seminar ini adalah ingin memberikan informasi dan pengetahuan yang beragam dari narasumber yang memiliki pengalaman paraktis maupun teoritis tentang kemampuan atau kompetensi yang perlu dipersiapkan remaja sejak sekarang untuk mencapai masa depan yang diharapkan lewat pemilihan karir yang tepat.

Seminar ini dihadiri oleh beberapa Siswa dan Guru pendamping SMA/SMKN sekitar Jakarta, Bekasi dan Tangerang diantaranya dari sekolah SMAN 6, SMAN 51, SMAN 55, SMAN 62, SMAN 81, SMKN 8, SMKN 22, SMKN 25, SMK Pembangunan Jaya, SMA Adi Luhur, SMA Global Islamic dan mahasiswa Universitas Paramadina. yang mengikuti seminar ini ada sekitar 150 orang.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Psikologi, Devi Wulandari, M.Sc dan kemudian di ikuti sambutan dari Deputi Rektor Bidang Operasional dan Keuangan, Bpk. Bima Priya Santosa.

Materi pertama kali dibawakan oleh Maharsi Anindyajati yang memaparkan mengenai persaingan di dunia kerja dan kompetensi (hard skill dan Soft Skill) yang dibutuhkan di dunia kerja. Dalam pemaparannya Ibu Maharsi mengutarakan bahwa sumber daya manusia merupakan aspek penting dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Ibu maharsi juga menjelaskan bahwa soft skill seperti kejujuran, loyalitas dan integritasi, ketekunan diperlukan dalam dunia kerja.

Pemaparan kedua diberikan oleh Alfikalia, M.Si yang menjelaskan mengenai bagaimana menentukan jurusan atau pekerjaan yang akan diambil oleh peserta seminar dan menjelaskan bahwa penting untuk mengetahui minat atau bakat sebelum memilih jurusan maupun pekerjaan yang akan kita ambil. Selain itu kita perlu untuk mencari informasi yang lengkap mengenai jurusan atau pekerjaan dengan mencocokan antara pekerjaan yang akan kita jalani dengan minat ataupun bakat yang kita miliki.

Pemaparan ketiga dibawakan oleh Virnie Ismail yang mengutarakan dan membenarkan  bahwa soft skill yang dibutuhkan yang tadi dibawakan oleh Ibu Maharsi. Virnie mengemukakan bahwa ketekunan dan integritas membantu dirinya untuk mencapai prestasi-prestasi saat ini. Meskipun demikian ia menjalankan pekerjaan sambil kuliah, dan ia mengakui ada beberapa hal yang harus dikorbankan untuk menjalankan pekerjaan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta seminar dengan para nara sumber. Tanya jawab berlangsung cukup semarak dengan adanya sekitar 14 orang bertanya. Kemudian acara seminar ini ditutup pada pukul 12.15 WIB, sebelum penutupan acara peserta dihibur oleh musik yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswa Prodi Psikologi.

Halal Bihalal Program Studi Psikologi

  • PDF

Hima (Himpunan Mahasiswa) program studi psikologi menyelenggarakan halal bihalal yang dilaksanakan pada hari Jum'at, 16 Oktober 2009 di Aula Nurcholis Madjid Universitas Paramadina acara ini dimulai tepat pukul 17.00 s/d 19.00 WIB.

Halal bihalal kali ini dihadiri oleh keluarga besar psikologi dari dosen tetap sampai alumni dari psikologi. Tema yang diangkat dari halal bihalal kali ini adalah memperkuat persaudaraan dan kebersamaan antar sesama khususnya pada program studi psikologi.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh sekretaris Program Studi dan di ikuti dengan acara makan bersama kemudian di selangi dengan nyanyian yang dibawakan oleh mahasiswa psikologi. Semoga halal bihalal seperti ini dapat diadakan setiap tahun.

Kuliah Umum Program Studi Psikologi dengan tema "The Pursuit of happiness"

  • PDF

Pada tanggal 2 Oktober 2009, Program Studi Psikologi menyelenggarakan kuliah umum dengan tema "The Pursuit of happiness", dengan mengundang Gobind Vashdev sebagai pembicara.

Adapun hal yang melatarbelakangi dipilihnya tema ini sebagai tema dalam kuliah umum adalah banyaknya mahasiswa yang merasakan emosi-emosi negatif di dalam kesehariannya. Mahasiswa tersebut merasakan emosi negatif meskipun segala kebutuhannya terpenuhi.

Selain itu banyak buku-buku dan bahasan-bahasan di berbagai media masa mengenai bagaimana mencari kebahagiaan. Apakah kebahagiaan tersebut dapat dicari bahkan dikejar oleh individu yang menginginkan kebahagiaan? Oleh karena itu, tema ini dipilih agar dapat memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai bagaimana memperoleh kebahagiaan di dalam kehidupan.

Dalam presentasi yang dibawakan selama 2 jam itu Gobind memaparkan mengenai 5 F dalam mengendalikan emosi yang kita rasakan:

  1. Fisiology berarti bahwa tidak hanya emosi yang mempengaruhi tubuh kita tapi tubuh kita juga mempengaruhi emosi yang kita rasakan. Dengan mengubah sikap berdiri, nafas, postur tubuh kita dapat mengubah emosi kita lebih baik. Seperti misalnya jika merasa sedih atau marah kita dapat mengatur nafas secara perlahan, memasang senyum di bibir dan badan ditegakkan
  2. Food mengacu pada makanan-makanan yang dapat membantu kita untuk memperoleh suasana hati yang lebih baik. Makanan-makanan yang membantu adalah seperti sayur-sayuran dan buah-buahan
  3. Focus mengacu pada memindahkan perhatian kita dari masalah. Terlalu terfokus pada masalah menjadikan kita tidak dapat melihat masalah secara utuh dan menyulitkan untuk mencari jalan pemecahannya
  4. Find meaning mengacu pada menemukan makna pada setiap kejadian yang kita alami. Meskipun kita mengalami keadaan yang tidak menyenangkan pasti ada hikmah di balik kejadian tersebut. Dengan menemukan makna kita dapat memiliki emosi ynag lebih baik dari keadaan yang kita alami
  5. Forgive mengacu pada memaafkan masa lalu kita dan berusaha untuk memaafkan diri kita sendiri. Selain itu kita juga perlu untuk bersyukur atas segala hal yang kita miliki. Dengan bersyukur kita akan merasa bahwa kita memiliki keadaan yang lebih baik dan emosi akan menjadi lebih baik.

Kuliah umum yang dibawakan pada kali ini, mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa peserta. Hal ini diketahui dari hasil feedback yang menyatakan bahwa mahasiswa merasa dapat menyerap materi secara optimal. Selain itu mahasiswa merasa bahwa kuliah umum ini memberikan pengetahuan baru. Kemampuan memahami yang baik ini ditunjang oleh menariknya dan praktisnya materi yang dibawakan .

Beberapa masukan untuk kuliah umum mendatang adalah supaya topik lebih banyak ke arah pengelolaan emosi dan stres, pengendalian diri dan praktek-praktek hipnosis atau meditasi.

Supersemar Award

  • PDF

Yayasan Supersemar menggelar Supersemar Award untuk mengapresasi anak bangsa yang berprestasi. Pada ulang Tahunnya yang ke 35 pada tahun 2009 ini, alumni Psikologi Steny Imelda,  angkatan 2004, telah berhasil meraih "Supersemar Award" Lomba Karya Ilmiah (Skripsi), untuk kategori bidang ilmu psikologi.

Skripsi tersebut berjudul "Gambaran Stress dan Strategi Coping penderita Skizofrenia Pasca Rehabilitasi" dengan pembimbing Adriatik Ivanti, MPsi.

Skripsinya terpilih lebih dari 600 skripsi yang diajukan untuk 11 kategori bidang ilmu yang diperlombakan, penganugerahan Supersemar Award 2009 ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Mei 2009.

More Articles...

Page 7 of 8

Positive SSL