b-psi.jpg
Profil Program Studi Psikologi Program Studi Psikologi
30908_1361374686511_1595906447_30855372_2861386_s.jpg
Kurikulum Program Studi Psikologi disusun untuk membekali para
tim-psi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Alfikalia,

Peer Counseling dari Mahasiswa untuk Mahasiswa

  • PDF

Program pengabdian masyarakat berupa Peer Counseling merupakan bentuk pengabdian Prodi Psikologi terhadap Civitas Universitas Paramadina terutama mahasiswa, dalam bentuk layanan konseling dari mahasiswa untuk mahasiswa. Mahasiswa yang menjadi konselor adalah mahasiswa yang terlatih dan memiliki minat untuk membantu mahasiswa. Dalam mengkampanyekan program ini kami telah mengadakan lounching pada Senin, 2 Agustus 2010 di taman Peradaban Universitas Paramadina.

Pelatihan Guru SMA "Membangun Remaja Berkarakter Melalui Layanan Konseling"

  • PDF

Remaja sebagai generasi penerus menjadi tumpuan dan harapan baik bagi dirinya sendiri, orangtua, keluarga dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan remaja saat ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang dapat membuat mereka menjadi pribadi yang kehilangan karakternya. Hal-hal apa yang dapat diharapkan mampu membentuk mereka tumbuh berkembang menjadi apa yang diharapkan dan memiliki potensi-potensi untuk kehidupannya di masa mendatang.

Dalam rangka membangun remaja agar dapat memiliki karakter dan kepribadian yang unggul maka tidak hanya peran orangtua di rumah yang turut membantu, namun juga peran dari sekolah. Di sekolah peran guru-guru dan juga konselor di sekolah menjadi sangat berarti dan penting untuk membangun generasi yang berkarakter di masa mendatang. Peran konselor diantaranya adalah melalui layanan konseling yang diberikannya untuk siswa-siswa di sekolah. Oleh karena itu penting bagi konselor untuk memiliki kemampuan dan ketrampilan untuk terus mengembangkan dirinya agar dapat memberikan konseling yang optimal bagi remaja masa kini.

Pada Rabu, 28 Juli 2010 Program Studi Psikologi Universitas Paramadina telah mengadakan pelatihan untuk guru SMA dengan tema "Membangun Remaja Berkarakter Melalui Layanan Konseling" dengan pembicara Ibu Fatchiah E Kertamuda, M.Sc dan Bapak Haris Herdiansyah, M.Si dengan moderator Ibu Devi Wulandari, M.Sc.  Pelatihan ini dihadiri sekitar  18 orang guru SMA di Jabodetabek. Diharapkan pelatihan ini dapat menambah wacana dalam memahami remaja dan juga dapat menambah kemampuan dalam menerapkan ketrampilan dasar konseling bagi guru dan konselor di sekolah. Kami selaku penyelenggara (program studi Psikologi, Universitas Paramadina) berharap seminar ini dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta yang hadir, baik dalam hal penyajian materi, penyelenggaraan, serta suasana seminar yang serius tapi santai.

"Kerjasama Program Studi Psikologi Dengan Strata Consultant"

  • PDF

Pada tanggal 19 Juli 2010, Program Studi Psikologi Universitas Paramadina melakukan penandatanganan kerjasama dengan Strata Consultant dalam rangka peningkatan kualitas calon sarjana psikologi Univesitas Paramadina. Penandatanganan ini dilakukan oleh Ibu Devi Wulandari, M.Sc selaku ketua Program Studi Psikologi dan Ibu Fransisca Romana Kristi Utami, Psi sebagai wakil dari Strata Consultan. Adapun kerjasama kedua belah pihak ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Paramadina melalui penyelenggaraan pelatihan dan kesempatan magang.

Semoga kerjasama ini dapat terjalin dengan baik.

"Sex Education Ke Sekolah Global Mandiri, Cibubur"

  • PDF

Majalah GIRLS Gramedia mengundang Dosen Psikologi Paramadina untuk memberikan materi “sex education” kepada siswa-siswi kelas 6 SD Global Mandiri yang telah selesai menjalankan ujian nasional. Prodi Psikologi mengirimkan dua orang dosen Tia Rahmania, M.Psi dan Haris Herdiansyah, M.Si.

Acara ini diadakan pada tanggal 18 Mei 2010 di SD Global Mandiri, Kota Legenda Wisata, Cibubur dengan peserta sekitar 75 orang, berusia sekitar 10 – 15 tahun (masa remaja). Tujuan dari diadakannya acara sex education ini dapat memberikan pengetahuan tentang perkembangan seksual dalam bentuk pendidikan seks, berupa pengenalan organ tubuh, cara merawat kesehatan organ tubuh tersebut juga tentang perkembangan fisik dan psikologis yang terjadi pada remaja serta memberikan pemahaman bagi para siswa mengenai pendidikan seksual agar siswa dapat memiliki sikap positif dan perilaku yang bertanggung jawab terhadap kesehatan reproduksinya secara umum.

Berdasarkan sudut pandang psikologis pendidikan seksual sangat diperlukan bagi perkembangan remaja, dengan harapan agar remaja tidak memiliki kesalahan persepsi terhadap seksualitas dan tidak terjebak pada perilaku-perilaku yang kurang bertanggung jawab baik dari segi kesehatan maupun psikologis

Materi dengan tema “sex education” ini ditampilkan dengan judul “Who Am I?”. Pertama-tama para pemateri bersama-sama memperkenalkan diri, acara juga dibuka dengan “ice breaking” melalui nyanyian dan games. Pihak Majalah Girls sendiri telah menyediakan banyak hadiah bagi para peserta acara sehingga membuat menarik dan meriah acara ini. Dari eksplorasi diketahui bahwa secara umum para siswa telah mendapatkan materi tentang pendidikan seks terlebih dahulu sehingga pembicaraan tentang organ-organ reproduksi dapat dengan mudah dipahami. Penitik beratan materi pendidikan seks kali ini lebih pada perubahan dan keadaan psikologis yang berubah akibat terjadinya perkembangan sebagai seorang remaja.

Berdasarkan pengamatan selama berlangsungnya acara, para siswa memiliki persepsi yang bermacam-macam ketika diminta menjelaskan tentang seks, misalnya ada yang mengatakan ini adalah kelamin, hubungan laki-laki dan perempuan, dll. Pengarahan akan persepsi mereka tentang seks bahwa hal tersebut mengacu pada ‘jenis kelamin’ dan bukan lagi tentang hal-hal diluar itu. Saat penjelasan pun disampaikan bahwa pertumbuhan sebagai remaja membuat mereka mengalami perubahan yang tidak hanya bersifat fisik tetapi juga psikologis, misalnya emosi, kognitif dan sosial. Hal ini mengharuskan mereka lebih mawas diri dan lebih memahami diri serta mau bertoleransi pada kondisi orang lain. Semua materi disampaikan secara interaktif tetapi mengena dengan disertai permainan, nyanyian dan pemberian hadiah-hadiah dari pihak Majalah Girls.

Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari pihak Sekolah Global Mandiri kepada para pembicara dengan disertai ucapan terimakasih. Antusiasme yang diberikan oleh peserta serta performa atraktif dari para pemberi materi tampaknya meninggal kesan positif bagi pihak sekolah juga pihak Majalah Girls dari Gramedia yang menyeponsori acara.

Field Studi Kelas Wawancara Dan Observasi Ke "Badan Narkotika Nasional, Lido"

  • PDF

Sebagai rangkaian matakuliah Wawancara (diampu oleh Haris Herdiansyah, M.Si) dan Observasi (diampu oleh Tia Rahmania, M.Psi) yang dilaksanakan pada setiap semester genap, kedua matakuliah ini mensyaratkan studi lapangan (Field-study) bagi mahasiswanya dalam rangka mengaplikasikan teori-teori yang diajarkan di kelas kepada lingkungan real yang ada di masyarakat.

Prodi Psikologi berhasil menjalin kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dalam melaksanakan field-study tersebut. Field-study dilaksanakan di sebuah pusat rehabilitasi narkoba, kampus UNITRA, Badan Narkotika Nasional, Lido pada tanggal 6 Mei 2010. Mahasiswa yang ikut berkunjung ke BNN Lido sekitar 60 orang mahasiswa dan dua orang dosen pendamping (Haris Herdiansyah, M.Si dan Tia Rahmania, M.Psi).  Field studi ini diterima oleh Bapak Kombes Dr. Gigi Agus (Pimpinan BNN Lido).

Harapan dengan diadakannya field-study ini, setiap mahasiswa bukan hanya mampu mengaplikasikan teori yang diajarkan tetapi juga mampu memberikan wawasan baru terhadap fenomena sosial yang ada di masyarakat dan lebih jauh lagi, diharapkan mampu memupuk kepekaan sosial bagi para mahasiswa psikologi Universitas Paramadina.

Prodi Psikologi Paramadina Secara Berturut-Turut Berhasil Meraih “Supersemar Award” Skripsi Terbaik di Bidang Psikologi

  • PDF

Shinny (Ke empat dari kiri depan) bersama dengan peraih penghargaan Supersemar Award tahun 2010)

Alhamdulillah salah satu alumni kami angkatan 2005 Shinny Islamiyah berhasil meraih “Supersemar Award tahun 2010” dalam rangkaian memperingati hari ulang tahun Yayasan Supersemar ke-36 untuk skripsi terbaik di bidang psikologi setelah tahun sebelumnya alumni kami Stenny Imelda berhasil meraih penghargaan yang sama.

Skripsi yang ditulis Shinny Islamiyah berjudul “Gambaran Resiliensi Perempuan Penderita Penyakit Lupus” dengan pembimbing Ibu Devi Wulandari, M.Sc.

Shinny akan mendapatkan medali emas, piagam dan dana bantuan sebesar 20 Juta Rupiah yang diberikan pada tanggal 8 Juni di Jakarta, didampingi oleh Rektor Universitas Paramadina.

Semoga prestasi-prestasi lain akan terus dihasilkan oleh mahasiswa Psikologi Paramadina.

Page 5 of 8

Positive SSL