b-fa.jpg
Profil Program Studi Falsafah dan Agama Program Studi
ku_fa.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Kurikulum disusun dengan
tim-fa.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: A.Luthfi

Pesantren Days 2009

  • PDF

Kegiatan Pesantren Days 2009 diselenggarakan oleh Program Studi Falsafah dan Agama pada tanggal 27-28 Februari, dan 1 Maret 2009  dalam rangka mempromosikan Universitas Paramadina pada komunitas pesantren, membangun jaringan kemitraan dengan pesantren, dan menggali informasi tertentu dari pesantren sebagai "penjaga" tradisi keilmuan Islam. Rute pesantren yang dikunjungi yaitu pesantren At Taqwa (Bekasi), Buntet (Cirebon), Maslakul Huda (Pati), Raudlatut Thalibin (Rembang), Pabelan (Magelang), Al Munawwir Krapyak (Yogyakarta), Jakarta-Yogyakarta. Peserta  sebanyak 100 orang terdiri dari dosen, mahasiswa , santri  dan ustadz dari pesantren.  Bentuk kegiatan dari Pesantren Days 2009 yaitu : 1. Sambutan mengenai "Paramadina dan Tradisi Keilmuan Islam (ketua Program Studi Falsafah dan Agama : Suratno, MA), 2. Ceramah agama mengenai profil pesantren (pengasuh pesantren (Ustadz pesantren), 3. Ceramah ilmiah "Pesantren Sebagai Tradisi Keilmuan Islam (perwakilan pesantren), 4. Dialog antara pihak pesantren dan program studi Falsafah dan Agama)

.

 

 

Urban Sufism Days 2009

  • PDF

Gairah Spiritual atau Eksapisme adalah merupakan tema dari Urban Sufism Days yang diselenggarakan oleh Program Studi Falsafah dan Agama, 21-22 Januari 2009 bertempat diAuditorium Nurcholish Madjid.  Acara berlangsung lancar  diiringi pagelaran Budaya Urban Sufisme, juga diselenggarakan seminar Urban Sufisme,  sharing experience, dan perlombaan essai tingkat Sekolah Menengah Atas atau sederajat.  

Tema seminar yang dihadirkan pembicara sangatlah menarik, sehingga banyak khalayak luar hadir pada acara tersebut. Dr. KH Said Agil Siradj menyajikan  seminar mengenai Sufisme : Sejarah dan Doktrin, Prof. Dr.Julia D.Howell  menyajikan seminar mengenai Urban Sufism in Contemporery Indonesia, Syafaatun Al Mirzanah, Ph.D membahas mengenai Urban Sufisme dan Spritualitas Lintas Agama, Abdul Muis Naharong, MA membahas mengenai  New Age : Pencarian Spritualitas Alternatif, M. Wahyuni membahas mengenai Paramadina dan Gerak Spiritual Kelas

Menengah Perkotaan, Prof. Dr. Kautsar Azhari Noer membahas mengenai Urban Sufisme : Perspektif Tasawuf Positif, Dr. Haidar Bagir membahas mengenai Urban Sufisme : Pseudo-Sufisme atau Neosufisme. Sharing experience Urban Sufism dihadiri oleh Anand Krishna, Shafa Ihsan, Pardamean Harahap, Detty Tajuddin, Arif Hamdani, Rani Anggraeni, MA, dkk. Acara ini terselenggara berkat kerjasama seluruh instansi yang terkait. Sukses untuk  Urban Sufism dan Program Studi Falsafah dan Agama, Universitas Paramadina.

Kunjungan ke Lemhannas RI

  • PDF

Dalam rangka memperdalam materi perkuliahan Pancasila sebagai falsafah bangsa dan ideologi negara serta untuk memperluas wawasan kebangsaan para mahasiswa maka pada tanggal 13 Agustus 2009 mahasiswa program studi Falsafah dan Agama Universitas Paramadina mengadakan kunjungan ke LEMHANNAS dan  diterima langsung oleh Sekretaris Utama (SETTAMA LEMHANNAS), kuliah kunjungan langsung disampaikan oleh Gubernur LEMHANNAS yaitu Prof.Dr. Muladi, SH. Dalam Kuliahnya Gubernur LEMHANNAS mengemukakan perlunya menggali nilai-nilai kebangsaan sebagai tameng untuk membendung arus globalisasi guna mempertegas jati diri bangsa khususnya pada generasi muda.

Visitasi Akreditasi Yang Tertunda

  • PDF

Visitasi Akreditasi Yang Tertunda

Betapa pilunya hati kami, dimana sudah lama Program Studi Falsafah dan Agama telah menunggu hampir 6 (enam) bulan lamanya untuk persiapan visitasi akreditasi. Surat resmi datang dari BAN PT menyatakan bahwa kegiatan visitasi akreditasi Universitas tertunda sampai 2010 dikarenakan pendingnya dana dari Departemen Agama. Jadilah kami yang terkena imbasnya menunggu visitasi akreditasi yang tak pasti.

Masjid Cipete Berduka Karena Jacko Muallaf

  • PDF
Jakarta - Masjid Al Barkah di Cipete, Jakarta Selatan, memasang spanduk ucapan duka bagi Michael Jackson. Spanduk tersebut merupakan bentuk solidaritas sebagai sesama muslim. "Michael Jackson kan seorang muallaf," kata pengurus masjid Al Barkah Ustadz Parma saat ditemui detikcom di Kelurahan Cipete Utara Rt 09/05 di Jl Sawo, Cipete, Jaksel, Jumat (3/7/2009). Menurut Parma, seluruh jemaah masjid Al Barkah menghormati Michael sebagai seorang muslim. Sebagai bentuk ucapan belasungkawa, pihaknya kemudian memasang spanduk duka bagi Jacko. Kita hanya pasang spanduk saja untuk menghormatinya," jelasnya.
Spanduk tersebut berukuran 1x3 meter yang bertuliskan "Masjid Al Barkah Kelurahan Cipete Utara turut berduka cita atas meninggalnya saudara kita penyanyi pop dunia Michal Jackson." "Tapi kita tidak akan menyelenggarakan zikir atau tahlilan," ucapnya. Spanduk ini menarik perhatian para pengendara jalan yang melintas. Bahkan pada sore hari tadi sempat terjadi kepadatan di kawasan tersebut. Michael Jackson hingga akhir hayatnya masih menjadi buah bibir. Lewat segudang prestasi dan permasalahan pribadi, Jacko menjelma jadi bintang yang sangat menarik perhatian dunia.Banyak pihak meyakini bahwa sejak 2008 Jackson telah memeluk agam Islam. Dia juga sering berhubungan dengan penyanyi terkenal Cat Steven yang telah mengubah namanya menjadi Yusuf Islam. Gara-gara diyakini sebagai muslim itu, sempat ada pemberitaan bahwa Jackson akan dimakamkan secara muslim.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2009/07/03/180511/1158706/10/masjid-cipete-berduka-karena-jacko-muallaf

Page 7 of 7

Positive SSL