b-fa.jpg
Profil Program Studi Falsafah dan Agama Program Studi
ku_fa.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Kurikulum disusun dengan
tim-fa.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: A.Luthfi

Mengenal Wacana KeIslaman : Ushul Fiqh/Fiqh Oleh Lukman, M.Ag

  • PDF

Mengenal Wacana KeIslaman : Ushul Fiqh/Fiqh, Pembicara : Lukman Hakim, M.Ag, Moderator : M.Subhi, M.Hum, pada tanggal : 28 Oktober 2010.images/stories/FA/28102010745.jpg

Mengenal Wacana KeIslaman : Kalam dan Falsafah oleh Fuad Mahbub Siraj, Ph.D

  • PDF

Mengenal Wacana KeIslaman : Kalam dan Falsafah

Diskusi Serial Mengenal Wacana KeIslaman dengan Tema Kalam dan Falsafah dilaksanakan pada Tanggal : 14 Oktober 2010, Jam 10.00-12.00 WIB, Ruang : Granada, Pembicara : Fuad Mahbub Siraj, Ph.D, Moderator : M. Subhi, M.Hum.

Mengenal Wacana KeIslaman : Ulum Al Qur'an dan Ulum Al Hadits oleh Abdul Muid Nawawi, MA

  • PDF

Mengenal Wacana KeIslaman : Ulum Al Qur'an dan Ulum Al Hadits oleh Abdul Muid Nawawi, MA

Diskusi serial  Mengenal Wacana KeIslaman dengan tema : Ulum Al Qur'an dan Ulum Al Hadits pada Tanggal 7 Oktober 2010, Ruang: B1-1, Jam : 10.00-12.00 WIB. Dengan Pembicara Abdul Muid Nawawi, MA. Diskusi ini membahas tentang Sejarah  munculnya Ulum  Hadits dan Ulum Al Qur'an, Perkembangan Ilmu Tafsir, Para Pendahulu Tafsir, Ruang Tafsir bagi Nalar, Tafsir Kontemporer, Kodifikasi  Hadits, Ulum Al Hadits, Cabang-cabang Ilmu Hadits.

The Concept of Wahdat Al Wujud Al Ibn Arabi

  • PDF

The Concept  of Wahdat Al Wujud Ibn Araby

Roundtable Discussion kerjasama ICAS dan Program Studi Falsafah dan Agama pada tanggal 11 Juni 2010 di ruang A1-10, pembicara : Prof.Dr. Mahmoud Ghurab. Dalam diskusi ini beliau membahas secara singkat dan padat konsep Wahdatul Wujud dalam teks-teks Ibn Araby yang mempunyai beberapa kemungkinan makna. Salah satunya berkaitan dengan hubungan antara dzat (entitas) dan sifat yang dipredikatkan kepadanya, dalam hal ini adalah sifat wujud (keberadaan). Dalam konteks makhluq yang bersifat mungkin, sifat ini dalah bukan dzatnya, karena bisa terpisahkan atau dipilahkan. Sedangkan kalau berbicara tentang Sang Khaliq, maka sifatnya tidak bisa dipisahkan dan dipilahkan dari Dzat-Nya. Ini menurut Syaikh Ibn Araby ; berbeda dengan pandangan Asy'arian dari kalangan teologian Islam . Dengan demikian, Wahdatu; Wujud berarti kesatuan antara Dzar dan sifat Tuhan yang tidak bisa dipisahkan; Dzat adalah sifat dan begitu sebaliknya. Maka yang namanya wujud bukanlah maujud kecuali dalam konteks Allah SAW, agar supaya eksistensi Allah tidak disebabkan oleh sifat  yang disematkan kepada-Nya. Berbeda dari semua mahkluk yang baru ada ketika sifat wujud itu menjadi predikatnya setelah diciptakan.

Semua makhluk adalah tiada dan kemudian mempunyai sifat ada setelah diciptakan. Sedangkan Allah SAW wajib ada dan tidak diciptakan. Dengan demikian yang disebut wujud sebagai wujud itu sendiri adalah satu tak berbeda. Tetapi ketika perbedaan penisbahan antara Khaliq dan makhluk yang membuatnya mempunyai konsekwensi yang berbeda : a. Wahdatul Wujud dalam konteks Tuhan berarti Dia adalah satu-satunya Dzat yang Maha Kekal b. Karena Wahdatul Wujud ini tidak relevan dalam konteks makhluk-makhluk-Nya maka mereka adalah entitas bayangan yang hakikatnya tidak ada, dan kalaupun terlihat ada sejatinya adalah tiada c. Wahdatul Wujud ini sama sekali bukan wahdatul maujud karena Allah memang Maujud tapi Dia Maujud Sejati  sedangkan semua makhluk disebut maujud, sejatinya mereka ada karena Allah dan sejatinya adalah tiada.

Program Studi Falsafah dan Agama Mendapatkan Akreditasi A

  • PDF

 

Kami dari Program Studi Falsafah dan Agama mengucapkan alhamdulilah karena Program Studi telah mendapatkan akreditasi A berdasarkan Keputusan  Ban PT No.049/BAN-PT/Ak-XII/S1/III/2010, tanggal  19 Maret 2010. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Rektorat, para dosen dan staff yang telah membantu dalam proses akreditasi Program Studi Falsafah dan Agama.

Visitasi Akreditasi Program Studi Falsafah dan Agama

  • PDF

Akhirnya momen yang kami tunggu telah tiba, yaitu Visitasi Akreditasi  Program Studi Falsafah dan Agama Fakultas Falsafah dan Peradaban, tepatnya pada tanggal 14 Desember 2009.  bertempat di granada. Dimana merupakan saat-saat yang menegangkan, mengharukan, menggembirakan semua bercampur-aduk  menjadi  satu. Acara tersebut  dihadiri  oleh  Bapak  Anies  Rasyid  Baswedan, Ph. D (Rektor), Totok Amin Soefijanto, Ed. D (Deputi Rektor I), Bima Priya Santosa, Ak, MPM (Deputi Rektor II), Wijayanto, MPP (Deputi Rektor III) dan ketua Program Studi Desain, Manajemen, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Psikologi serta dosen Falsafah dan Agama Abdul Muis Naharong, MA (Ketua Program Studi Falsafah dan Agama), Luthfi Assyaukanie, Ph.D, Prof. Abdul Hadi WM, M.Subhi Ibrahim, M. Hum. Asesmen yang hadir yaitu Prof. Drs, BA, MA, Ph.D Yusny Saby dan Prof. Dr.  Moh. Natsir Mahmud, MA. Proses asesmen lapangan berjalan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti. Diharapkan nilai yang diperoleh akan mencapai nilai maksimal bagi Program Studi Falsafah dan Agama.

 

 

 

Page 5 of 7

Positive SSL