1.png
b-ik.jpg
Profil Program Studi Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi
img-20110608-00329.resized.jpg
Kurikulum dan Metode PengajaranKurikulum disusun untuk
tim-ik.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Dr. Rini

Pengabdian Masyarakat Program Studi Ilmu Komunikasi

  • PDF

Elementary Fest'10: One Fun Day

 

Satu hari yang menyenangkan untuk adik-adik Kelas 3, 4, dan 5 di SDN Duren Tiga 05 dan 011 Pagi, dipersembahkan oleh para mahasiswa peminatan Humas Stratejik, Program Studi Ilmu Komunikasi, Angkatan 2008 pada hari Sabtu, 1 Mei 2010 lalu.

Dari pukul delapan pagi, keadaan sekolah menjadi semarak dengan beragam dekorasi dan kegiatan para fasilitator yang memberikan micro-teaching tentang Mind-Mapping atau membuat pohon ide. Proyek ini merupakan sebuah proyek “tantangan” dari dosen pengampu mata kuliah Humas Korporat, Ibu Henny Hariani, kepada mahasiswa peserta mata kuliah ini. Proyek ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program dengan mengutamakan sisi-sisi kehumasan.

Selanjutnya...

Program Studi Ilmu Komunikasi : Student Visit Pikiran Rakyat

  • PDF

Berguru ke Kota Kembang

Belajar tak melulu harus di kelas. Mendatangi media massa sudah menjadi hal yang wajib bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ikom) Universitas Paramadina untuk belajar lebih banyak. Selain itu, cara belajar seperti ini juga lebih menyenangkan dan menambah keakraban antar mahasiswa.

Kamis, 15 April 2010, sekitar 50 orang mahasiswa jurusan Humas dan Periklanan berkunjung ke kantor Harian Umum lokal Pikiran Rakyat (PR) yang ada di Bandung, Jawa Barat. Dalam kuliah kunjungan tersebut, mereka ditemani oleh dosen pengampu mata kuliah 'Produksi Media Cetak' bapak Harmen Munaf, MBA dan Ketua Prodi Ikom ibu DR. Rini Sudarmanti. Di sana, mahasiswa diterima oleh perwakilan Humas PR bapak Diki Harisman.
Selanjutnya...

Program Studi Ilmu Komunikasi : Student Visit Mahkamah Konstitusi

  • PDF

Belajar Humas di Mahkamah Konstitusi

Hari Kamis, 8 April 2010 yang lalu, mahasiswa peserta mata kuliah Teknik Publisitas, berkesempatan untuk mengunjungi Kantor Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat untuk melihat secara langsung proses kehumasan yang dilakukan di Mahkamah Konstitusi.

Selanjutnya...

Student Visit Exxon Mobil

  • PDF

 

Praktik Komunikasi Korporat dalam kehidupan sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Begitupun yang dialami oleh mahasiswa peserta mata kuliah Komunikasi Korporat dari Peminatan Humas, yang berkesempatan untuk melihat dan mengeksplorasi secara langsung praktik komunikasi korporat di Exxon Mobil.

Atas undangan dari Exxon Mobil, pada hari Kamis 12 November 2009 pukul 15.00 WIB sebanyak 30 orang mahasiswa yang sebagian besar merupakan angkatan 2008 dan didampingi oleh Ibu Ika Karlina, M.Si selaku dosen pengampu mengunjungi kantor Exxon Mobil di Wisma GKBI, Jakarta Pusat.

Dari kunjungan tersebut, para peserta kunjungan mendapatkan berbagai Informasi melalui dua presentasi yang diberikan yaitu mengenai praktik-praktik Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh Exxon Mobil selama masa operasionalnya di Indonesia, dan praktik komunikasi korporat di Exxon Mobil. Dari paparan yang disampaikan diharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan baru mengenai komunikasi korporat yang mungkin tidak cukup hanya diperoleh di dalam kelas saja.

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan ramah tamah, pada sesi ini dari pihak Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan ke berbagai kegiatan lain seperti misalnya pihak Exxon Mobil dapat memberikan kuliah umum di Universitas Paramadina sehingga hubungan baik antara keduanya dapat tetap terjaga dengan baik. Di akhir acara, sebagai bentuk rasa terima kasih, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina yang diwakili oleh Ibu Ika Karlina, M.Si menyampaikan cenderamata kepada Exxon Mobil.

Kejutan ternyata tidak berhenti, karena setelah mendapatkan materi yang menarik dan menambah wawasan, para peserta sebelum kembali ke Universitas Paramadina ternyata juga mendapatkan goodie bags yang isinya sangat bermanfaat, seperti contohnya Ensiklopedi untuk anak. Betapa menyenangkannya menggali ilmu melalui Student Visit ini. (DKU)

 

Putri Berbusana Batik Terbaik dalam Penobatan Putri Pariwisata Indonesia 2009

  • PDF

 

sumber foto: www.putripariwisataindonesia.com/candidates.php

Risa Herawati, salah satu alumni Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, berhasil mendapatkan penghargaan dalam pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2009. Risa, yang merupakan wisudawan terbaik pada Wisuda Sarjana Universitas Paramadina Maret 2009 dengan IPK 3.85 ini, meraih gelar Putri Berbusana Batik Terbaik. Putri yang mewakili propinsi Sulawesi Barat ini, dinobatkan pada malam final Pemilihan Putri Pariwisata 2009 yang diselenggarakan di Jakarta International Exhibition Center (JITEC) Mangga Dua,  pada hari Sabtu 7 November 2009 yang lalu.

Untuk berita yang lebih lengkap, silahkan klik pada URL di bawah ini:

http://metrotvnews.com/index.php/metromain/newscatvideo/sosbud/2009/11/07/93645/Malam-Penobatan-Putri-Pariwisata-Indonesia-2009

 

 

 

Semut Pemimpin

  • PDF
oleh : Dr. Rini Sudarmanti-Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi


Kita tentu sering melihat sejumlah semut mengerubungi sisa-sisa makanan lalu dibawa ke dalam sarangnya. Semut hanyalah binatang kecil yang dirasakan mengganggu. Setiap ada makanan tercecer, terutama yang mengandung gula, tentu semut akan selalu ditemukan berada di sana.

Namun, pernahkan Anda berpikir, mengapa semut itu dapat menentukan mana sisa makanan yang dapat bersama-sama diangkut dalam waktu singkat dan mana yang tidak? Mengapa semut dapat membedakan mana yang ia mampu panggul sendiri di bahunya dan mana yang dia tidak dapat panggul selain bersama-sama dengan teman-temannya?

Semut pun menganut prinsip-prinsip memimpin. Semut akan memilih untuk bekerja bersama-sama dan tidak mengutamakan individualismenya. Bila ia tidak mampu mengarahkan teman-temannya, tentu ia tidak akan pernah berhasil untuk mengangkut bongkahan besar sisa-sisa makanan yang akan disantap di dalam sarangnya.

 

Seni kepemimpinan semut

 

Pemimpin sulit memperoleh kesuksesan bila dilakukan tanpa memedulikan orang-orang yang dipimpinnya. Memimpin memerlukan kemampuan untuk mampu segera menentukan mana yang terbaik dilakukan untuk semua anggota kelompok, yaitu orang-orang yang menyandarkan dirinya pada kemampuan si pemimpin untuk mengatur kehidupan mereka. Menjadi pemimpin memerlukan kemampuan untuk merasakan "ruh" yang ada di dalam kelompoknya tersebut.

Ilmu pengetahuan mengajarkan bahwa binatang tidak memiliki otak untuk berlogika. Seekor semut pun kemungkinan besar tidak menggunakan logika untuk memimpin koloninya. Kita tidak dapat memastikannya, karena tentu saja manusia bukan semut.

Namun, bila dilihat dari perilakunya, seekor semut akan menyebarkan "ruh" kebersamaannya semut-semut lain yang berada dalam satu koloni dengannya. Anehnya dia tidak pernah salah membedakannya. Tidak pernah ada semut yang salah bekerja sama dengan semut dari koloni lain untuk mengangkut makanan.

Inilah yang patut kita contoh. Kita adalah manusia berakal yang mampu berlogika serta berpikir lebih kreatif dari seekor semut. Seorang manusia pemimpin seyogianya tidak hanya mengandalkan kemampuan berpikirnya saja, tetapi juga mampu menemukan "rasa bersama" "rasa" sepenanggungan, "rasa" saling memiliki, "rasa" empati dan sejuta "rasa" lainnya sehingga semua anggota yang dipimpinnya secara sukarela tergerak untuk melakukan kegiatan secara bersama.

 

Komunikasikan "rasa"

 

Memimpin bukanlah suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Semua manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Memimpin memerlukan kecerdasan yang paling tinggi yaitu intuitif atau menggunakan kecerdasan hati.

Namun sebelum memimpin orang lain, dia akan dituntut terlebih dahulu untuk memimpin dirinya sendiri. Sejauh mana dia mampu memimpin dirinya akan tecermin dari bagaimana dia mampu mengarahkan dirinya untuk mencapai tujuan harapannya.

Pancaran kepemimpinannya ini akan dirasakan oleh sekitarnya sehingga akan menggerakkan perasaan orang lain untuk bersama-sama mencapai tujuan bersama.

Namun, perlu digarisbawahi terlebih dahulu bahwa "rasa" berbeda dengan "emosi". Kata emosi berasal dari bahasa latin emovere yang artinya setara dengan to move. Sesuatu yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Perasaan tidaklah sama dengan rasa.

Jensen menjelaskan dalam bukunya Brain Based Learning (Jensen; 2000,202) bahwa emosi merupakan hal yang secara biologis telah ada dalam diri kita sebagai reaksi dari hubungan manusia antarbudaya atau hubungan sosial antar manusia.

Emosi terjadi lebih disebabkan oleh hubungan antarmanusia. Tipikal emosi antara lain gembira, takut, jijik, marah, kesal, dan sedih. Yang namanya emosi memang biasanya timbul dari hasil penangkapan indrawi manusia.

Melihat catatan demi catatan prestasi perolehan laba yang diperoleh suatu divisi yang ditampilkan secara jelas dan lengkap, tentu sangat menggembirakan. Kegembiraan yang meluap-luap ditumpahkan dalam teriakan-teriakan kesuksesan.

Seorang pemimpin yang baik akan sensitif untuk menangkap sinyal bahwa akan ada perasaan yang mengikuti emosi tersebut. Perasaan setia atau loyal karyawan karena keberhasilannya diapresiasi terhadap lembaga tentu akan timbul sebagai reaksi dari kebanggaannya.

Namun, kepekaan perlu diperlebar dengan menangkap sinyal-sinyal perasaan lain yang mungkin terjadi sebagai reaksi terhadap situasi dan kondisi tersebut seperti cemas, antipati, frustasi, sinis, dan optimistis atau seperti insting.

Kita dapat merasakan kecemasan, optimistis ataupun pesimisme yang dialami orang lain sebagai kesimpulan dari interpretasi kita tentang suatu keadaan. Suatu keberhasilan penjualan yang diperoleh oleh seorang anggota divisi marketing dapat saja menimbulkan perasaan iri, sinisme dari anggota lainnya yang belum mampu mencapainya.

Sinisme terhadap insentif yang diberikan atas prestasi yang diperoleh menuai pergunjingan yang diinterpretasikan kurang mengenakkan. Perasaan cemas timbul sebagai akibat tidak memperoleh reward sebagaimana yang dicapai orang lain.

Persoalan emosi dan perasaan ini menjadi penting untuk dipertimbangkan dan diantisipasi karena akan memengaruhi "perasaan bersama" yang semestinya dibangun dalam suatu kelompok seperti halnya keluarga koloni semut.

Manakah yang harus terlebih dahulu diutamakan ketika memimpin? Perasaan ataukah emosi? Tampaknya sulit untuk dibedakan karena keduanya saling mengisi dan tak terpisahkan. Namun, yang terpenting di sini adalah bagaimana seorang pemimpin mampu mengomunikasikan perasaan dan emosinya itu. Kepemimpinan tidak mungkin terjadi tanpa komunikasi efektif.

Setiap jenis kepemimpinan akan selalu bergantung pada kekuatan komunikasi. Seorang pemimpin menyampaikan visi, insipirasi, dan memotivasi bawahannya menuju tujuan harapan yang ditetapkan tidak mungkin terjadi tanpa komunikasi.

Para pemimpin perlu membangun iklim komunikasi terbuka, mendengarkan secara aktif, mampu menangkap apa yang ada di balik pesan, melakukan dialog, memfasilitasi, dan melakukan percakapan strategis untuk menggerakkan orang-orang yang dipimpinnya agar mampu bekerja dengan lebih baik lagi melalui gerakan solidaritas "rasa bersama".

Seorang pemimpin, menghendaki adanya kemampuan untuk mengonstruksi dan mempertahankan keteraturan dan ketertiban sosial. Seorang pemimpin hendaknya dapat mengetahui dan memahami lingkungan sekaligus menginterpretasinya.

Pengalaman juga memegang peranan penting di sini. Kepemimpinan terbentuk seperti spiral of experience. Memimpin berawal dari bagaimana dia mampu mempersepsi apa yang diindranya melalui observasi.

Kemudian dari apa yang diindranya ini, ia merefleksikan dalam persepsinya sehingga menentukan tindakan yang diambil. Refleksi dari keberhasilan tindakan yang dilakukan menjadi dasar pengalaman untuk pengambilan tindakan atau keputusan-keputusan selanjutnya.

Semakin sering kita melatihnya maka kemampuan kepemimpinan kita akan semakin terasah. Untuk itu diperlukan pengerahan seperangkat semua kemampuan yang Tuhan berikan untuk kita.

Semakin pandai memimpin semakin banyak hal yang dapat kita raih dalam kehidupan. Seperti semut, meskipun dia melaju sendirian mendekati objek sisa makanan yang cukup besar, dia tetap berhasil mengumpulkan sisa-sisa makanan yang tidak mungkin diusungnya sendiri dengan memanggil dan mengerahkan koloninya untuk bersama-sama bekerja bergotong royong mengangkutnya.

Suatu beban pekerjaan yang berat, dengan kemampuannya memimpin, dia tetap akan mampu mengerahkan sumber daya yang ada untuk mencapai harapan dan tujuan demi kepentingan bersama.

Artikel ini dimuat pada Edisi Minggu Bisnis Indonesia, Edisi 148-1 November 2009-
URL: http://web.bisnis.com/kolom/2id2617.html

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL