1.png
b-ik.jpg
Profil Program Studi Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi
img-20110608-00329.resized.jpg
Kurikulum dan Metode PengajaranKurikulum disusun untuk
tim-ik.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Dr. Rini

Kuliah Umum "Komunikasi yang Efektif"

  • PDF


Meski kemampuan berkomunikasi kita miliki sejak usia sangat dini, namun tak semua orang dapat berkomunikasi dengan efektif. Sebagai salah satu rangkaian dalam mata kuliah “Pengantar Ilmu Komunikasi”, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina pada Selasa, 06/12/11, mengadakan kuliah umum mengenai “Komunikasi yang Efektif” yang dibawakan oleh Konsultan Human Skills Bapak Lohjenawi Trinadi dan dipandu oleh salah satu dosen pengampu mata kuliah tersebut ibu Suraya, M.Si, M.M



Berikut beberapa tips dari Bapak Lohjenawi agar para mahasiswa dapat berkomunikasi dengan efektif:
1. Sadarilah bahwa segala hal yang kita lakukan adalah komunikasi
2. Cara pesan disampaikan selalu mempengaruhi bagaimana pesan itu diterima. Untuk itu, mahasiswa perlu mencari cara yang tepat untuk menyampaikan sebuah pesan.
3. Komunikasi yang sebenarnya adalah pesan yang diterima, bukan yang diharapkan untuk diterima.
4. Cara kita memulai pesan seringkali menentukan hasil komunikasi
5. Komunikasi merupakan jalan dua arah. Dengan demikian, sangat penting untuk merespon sebuah pesan dengan cara yang baik.
6. Berkomunikasi ibarat sedang menari. Jika ada pihak yang tidak sensitif, maka tarian tak akan sedap dipandang karena tidak seirama, atau bahkan bisa saja ada yang terinjak kakinya. Begitupun dalam proses komunikasi, jika ada pihak yang tak sensitif maka potensi kesalahpahaman sangat besar. (SRY)

Speak Up!

  • PDF

Pada Rabu, 8 Juni 2011, di aula Nurcholis Madjid digelar acara Speak Up (Sehari Pendidikan Antikorupsi Universitas Paramadina) yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Acara ini diadakan oleh mahasiswa humas angkatan 2009 Universitas Paramadina dengan didukung oleh Program Studi Ilmu Komunikasi dan Divisi Humas sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Acara ini ditujukan untuk menanamkan kepedulian generasi muda terhadap bahaya korupsi. Korupsi di Indonesia seolah menjadi praktek yang sistemik dan “membudaya”, mulai dari tingkat rendah hingga ke pejabat tinggi. Oleh karena itu, untuk membekali generasi muda tentang bahaya korupsi, perlu dilakukan tindakan preventif dan langkah awal yang baik, yaitu pendidikan yang menanamkan nilai-nilai antikorupsi.

Acara Speak Up ini dihadiri oleh Anies Baswedan, Ph.D (Rektor Universitas Paramadina), Wijayanto, MPP (Penulis buku “Korupsi Mengkorupsi Indonesia”), Didie Rachim (Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat), Dinda Kanya Dewi, dan Asha Shara.

Sekitar 75 peserta siswa-siswi kelas X dan XI dari 15 SMA di DKI hadir dalam acara yang bertemakan “ Yang muda, semangat, dan berani memutus budaya korupsi” ini. Mereka begitu bersemangat saat kegiatan role play, dimana diberikan tantangan permainan dalam kelompok, yaitu permainan investigasi penyelidikan kasus-kasus korupsi dan Anti Corruption Campaign Contest. Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi Divisi Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pengabdian Masyarakat di SMK Al Fiqoriyah

  • PDF

Pada hari Sabtu, 26 Maret 2011, Program Studi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, yang berlokasi di SMK Al Fiqoriyah Yayasan Pondok Pesantren Al Fiqoriyah Bojonggede Bogor.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud tanggung jawab sosial Program Studi Ilmu Komunikasi dan juga untuk memberikan para siswa pelatihan seputar kemampuan berkomunikasi yang baik dengan harapan dapat menjadi bekal soft skill, serta bekal pemahaman seputar internet dan pemanfaatannya dengan bijak.

Sekitar pukul 09.00 WIB, acara diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Ibu Dr. Rini Sudarmanti, Ketua Yayasan Al Fiqoriyah dan Kepala Sekolah SMK Al Fiqoriyah. Dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dilakukan di ruang terpisah. Materi Public Speaking dikhususkan untuk siswa/1 kelas XII, dengan pemateri Bapak Syafiq Basri Assegaf, M.A dan Bapak Wahyutama, M.Si. Sedangkan untuk materi Social Media dikhususkan untuk siswa/i kelas X-XI, dengan pemateri Ibu Ika Karlina Idris, M.Si dan Bapak A.G. Eka Wenats W., M.Si.

Untuk lebih menghidupkan acara, tim panitia mengadakan beberapa permainan sebagai simulasi materi yang telah disampaikan oleh pemateri, dan tak lupa panitia juga menyediakan doorprize kepada siswa yang berani bertanya maupun menjawab pertanyaan dari pemateri di setiap sesinya. Di penghujung acara, suasana semakin meriah dengan adanya lomba yel-yel dari setiap kelompok siswa.

“Sukses besar!!” Ujar Riki Rachman Permana, Ketua Pelaksana kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Semoga dapat tercipta lagi Pengabdian Masyarakat yang meriah di masa yang akan datang, hidup Prodi Ikom!! (NPU&RPP)

Diskusi dan Bedah Buku “ Media dan Perubahan Sosial”

  • PDF

Rabu, 23 Maret 2011, diselenggarakan diskusi dan bedah buku “ Media dan Perubahan Sosial, di aula PGS (Paramadina Graduate School), gedung Energy, lantai 22, SCBD. Acara yang dimoderatori oleh Bapak A.G. Eka Wenats W., M.Si ini menghadirkan Bapak Putut Wijanarko, Ph.D dan Ibu Nina Armando sebagai pembicara.

Sekitar pukul 10.00 WIB, acara ini dibuka oleh sambutan dari Ibu Dr. Rini Sudarmanti, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi. Kemudian dilanjutkan Bapak Totok Amin Soefijanto, Ed.D, Deputi Rektor Bidang Akademik dan Riset, dan juga Bapak Deddy Mulyana, M.A, Ph.D, Dekan Fikom Universitas Padjadjaran.

Buku yang ditulis oleh Dr. Eni Maryani, Dra, M.Si ini mengetengahkan tentang posisi radio komunitas yang masih strategis. Buku ini adalah hasil penelitian beliau di daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu di sebuah radio komunitas yang bernama “Angkringan”. Sebagai informasi, radio ini pernah digunakan untuk mengungkap korupsi di daerah tersebut.

Acara semakin hidup ketika di penghujung acara diadakan sesi tanya jawab. Bayak peserta bedah buku yang mengajukan pertanyaan, baik dari kalangan mahasiswa, tamu undangan, wartawan, dll.

Dari sesi tanya jawab ini terlihat bahwa adanya dukungan untuk radio komunitas, yang pada prakteknya masih menemui hambatan-hambatan yang berkenaan dengan regulasi. Regulasi tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Komunitas dipandang kontras dengan kemampuan radio komunitas, yang dengan konsep dari komunitas untuk komunitas mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.

"Alhamdulilah mendapat sambutan yang luar biasa," kata Ibu Dr. Eny Maryani, Dra, M.Si.

(NPU)

Mahasiswa Peminatan Stratejik Humas Angkatan 2008

  • PDF

Table Manner Course at Hotel Borobudur

Jumat, 10 November 2010 yang lalu, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dari Peminatan Stratejik Humas angkatan 2008 berkesempatan untuk mengikuti kursus singkat mengenai Table Manner atau tata cara berperilaku dalam acara jamuan makan resmi. Lokasi yang dipilih untuk mengikuti kursus singkat ini adalah Hotel Borobudur yang terletak di daerah Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Selanjutnya...

Studi Banding Program Studi Ilmu Komunikasi Univ. Andalas

  • PDF

Hari Senin, 22 Juli 2010 yang lalu Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina mendapatkan kunjungan istimewa dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Andalas. Rombongan dosen dan mahasiswa yang jauh-jauh datang dari ranah minang ini melakukan kegiatan studi banding mengenai program dan proses pendidikan dan pengajaran di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina.

Selanjutnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Positive SSL