1.png
b-ik.jpg
Profil Program Studi Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi
img-20110608-00329.resized.jpg
Kurikulum dan Metode PengajaranKurikulum disusun untuk
tim-ik.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Dr. Rini

Akademi Indosiar 2012

  • PDF

Kamis, 19 April 2012, di Aula Nucholish Madjid diselenggarakan Seminar “Sukses Berkarir di Dunia Televisi”, kerjasama antara Universitas Paramadina dengan Indosiar. Seminar ini menghadirkan Bapak Totok Amin Soefijanto, Ed.D (Deputri Rektor Bidang Akademik dan Riset Universitas Paramadina), Bapak Nurjaman Mochtar (Pemred Indosiar), Tina Talisa (News Anchor & Manajer Dept. News Presentation & Show), Egge DP Yulianto (Manajer Dept Production Non Drama) dan Andi Natasya (Puteri Indonesia Pariwisata 2012).

 

Sekitar pukul 09.00 WIB acara di buka oleh Tina Talisa dengan melantunkan lagu Adele “Someone Like You” dan dilanjutkan dengan Workshop “How to be a Great News Anchor” yang juga di pandu oleh  Tina Talisa, Bapak Nurjaman Mochtar, dan Bapak Egge DP Yulianto. Dalam workshop tersebut, Tina Talisa menantang mahasiswa yang hadir untuk mempraktekkan membawakan berita di panggung. Mahasiswa begitu antusias dan berbondong-bondong maju ke depan. Ada sekitar 30 mahasiswa yang mencoba mempraktekkan menjadi pembawa berita. Beruntung bagi Bara (mahasiswa prodi Manajemen Universitas Paramadina) dan Indah (mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina) terpilih menjadi 2 orang terbaik, dan berkesempatan bersiaran bersama Tina Talisa di Fokus Pagi, pada hari Jum'at , 20 April , dan Sabtu, 21 April.

Selain seminar dan workshop, Akademi Indosiar 2012 yang akan berlangsung di enam kota juga membuka peluang kerja untuk menjadi karyawan Indosiar dan perekrutan calon finalis pemilihan putri Indonesia 2012. Perekrutan ini adalah kerjasama antara Indosiar, Mustika Ratu, dan Universitas Paramadina. (NPU)

 

Belajar Penyiaran di Trans TV

  • PDF

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina kembali mengadakan kunjungan studi dengan mengunjungi Trans TV pada hari Rabu (18/4/2012). Kunjungan ini melibatkan mahasiswa kelas Penyiaran Kontemporer A angkatan 2011 dengan didampingi oleh dosen Tri Wahyuti, M.Si dan Rizky Kertanegara, M.Si. Adapun kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk dunia penyiaran, serta memahami struktur perusahaan pertelevisian. Kunjungan ini juga merupakan pelengkap mata kuliah Penyiaran Kontemporer.

 

 

 

Pada saat kunjungan, para mahasiswa diterima oleh Dian Savitri selaku Humas Trans TV. Beliau kemudian memaparkan mengenai profil perusahaan, proses produksi program, hingga cerita suka duka bekerja di dunia pertelevisian. Para mahasiswa terlihat antusias dan banyak mengajukan pertanyaan. Mulai dari segmentasi, positioning, program in-house production, CSR (Customer Social Responsibility), hingga mengenai perekrutan dan magang di Trans TV.

Setelah sesi penjelasan dan tanya jawab, peserta kemudian melihat langsung proses produksi dengan mengelilingi studio-studio di dalam gedung Trans TV, antara lain studio Reportase dan Insert. Dalam tour itu, peserta mendapat penjelasan mengenai proses produksi dan kru yang terlibat, kondisi studio dan control room, hingga bagaimana sebuah program acara dapat disiarkan dan terdistribusi hingga menjangkau ke televisi masyarakat. Beruntung, peserta dapat menyaksikan proses taping program acara “Ketuk Palu”.

Di akhir kunjungan, tak lupa Trans TV dan Universitas Paramadina saling bertukar cinderamata dan foto bersama. Semoga para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pada peminatan Penyiaran mendapatkan manfaat positif dari kunjungan ini.

 


 

 

Kunjungan Study ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

  • PDF

 

TV Komunita

Mahasiswa kelas peminatan kajian media angkatan 2010 Universitas Paramadina, melakukan kunjungan belajar ke Untirta TV, Banten, pada Jumat 30 Desember 2011. Televisi komunitas kampus ini pun menginspirasi kamedians (sebutan untuk mahasiswa kajian media: red) untuk membuat media serupa.

Kunjungan ini diadakan oleh kelas Sejarah Perkembangan Media Massa yang diampu oleh Bu Eni Maryani. Kunjungan ini diawali dengan talkshow dan diskusi singkat oleh Pak Yoki, selaku pencetus Untirta TV bersama seluruh mahasiswa kamed dan kru U-TV (Untirta TV). Kemudian, seluruh mahasiswa diajak meninjau langsung ke studio siaran. TV komunitas yang berdiri sejak 3 tahun lalu ini memiliki 2 studio shooting, satu control room, dan satu editing room. Walaupun hanya menjangkau 5 km siaran, namun U-TV berusaha untuk siaran secara langsung setiap hari mulai pukul lima sore sampai tujuh malam.

Kamedians diwakili Rinindya, Rona, Bella, dan Nadia berkesempatan secara langsung siaran di salah satu program sore itu. Walaupun masih banyak kekurangan secara teknis, tapi Untirta yang belum memiliki jurusan penyiaran ini banyak memberi inspirasi untuk kamedians.

“Salut gue, Untirta aja bisa bikin TV komunitas kayak gini. Semoga kita bisa cepet nyusul”, ujar Bella disambut amin dari teman-temannya. (rona)

 

Pengabdian Masyarakat ke SD Diniyah Aisyiyah Manggarai

  • PDF

Program Studi Ilmu Komunikasi kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, yang ebrlokasi di SD Diniyah Aisyiyah Manggarai Jakarta Selatan, pada hari Rabu, 21 Desember 2011. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud tanggung jawab sosial Prodi Ilmu Komunikasi dan juga untuk memberikan para siswa dan para guru pelatihan penggunaan internet dengan harapan dapat menjadi pemahaman seputar internet dan pemanfaatannya dengan bijak.

 

Sekitar pukul 09.00 WIB acara di awali dengan sambutan dari Kepala Sekolah SD Diniyah Aisyiyah dan Bapak Wahyutama, M.Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi di halaman sekolah. Kemudian penyampaikan materi dilakukan di ruang terpisah. Materi mengenai internet  untuk siswa kelas 1,2 dan 3 diberikan oleh Ibu Suraya, M.SI, M.M dan Ibu Tri Wahyuti, M.Si, dan untuk siswa kelas 4,,5 dan 6 diberikan oleh Ibu DR. Rini Sudarmanti dan Ibu Kurniawaty Yusuf, M.Si. Para guru juga ikut dalam pelatihan tersebut dan pematerinya adalah Ibu Ika Karlina Idris, M.Si dan Ibu Leonita K Syarief, M.Si.

i

Dipenghujung acara Prodi Ilmu Komunikasi memberikan bingkisan kepada semua murid dan tak lupa Prodi Ilmu Komunikasi dan SD Diniyah Aisyiyah saling bertukar cinderamata. Semoga dapat tercipta lagi pengabdian masyarakat di masa yang akan datang, hidup Prodi Ikom!!!

Kunjungan Study ke Dentsu Strat

  • PDF

Pada hari Kamis, 15 Desember 2011, mahasiswa peminatan Brand Management angkatan 2009 Program Studi Ilmu Komunikasi mengadakan kunjungan study ke Dentsu Strat, agency periklanan tingkat worldwide. Kunjungan kali ini, yang merupakan bagian dari salah satu materi matakuliah manajemen advertensi dan brand, didampingi oleh Dosen Bapak Harmen Munaf, M.Si. Tujuan dari kunjungan ini adalah agar mahasiswa tidak hanya paham dalam segi teori saja, namun juga dalam praktek di dunia nyata.

Pada saat kunjungan, para mahasiswa dan dosen di sambut ramah oleh Bapak Janoe Arijanto selaku President Director

dan Bapak Her Sanyoto selaku Account Director. Beliau kemudian memaparkan tentang profile perusahaan, pengalaman Dentsu Strat dalam periklanan dan branding, hingga suka duka di dunia advertising dan branding. para mahasiswa terlihat antusias dan banyak pengajukan pertanyaan, mulai dari proses periklanan, branding produk, macam-macam produk dan lain-lain.

 

Di akhir kunjungan, tak lupa Program Studi Ilmu Komunikasi dan Dentsu Strat saling bertukar cinderamata dan saling foto bersama, semoga mahasiswa peminatan Brand Management mendapatkan manfaat positif dari kunjungan ini.

 

 

Belajar Relasi Media di Pulse Communication

  • PDF


Bagi seorang praktisi public relation, menjaga hubungan baik dengan media massa adalah hal yang mutlak. Praktisi PR tak hanya membangun hubungan dengan institusi media, namun juga dengan insan pers yang bekerja di sana. Kesuksesan membangun hubungan dengan media tak hanya terlihat saat perusahaan membutuhkan publisitas, namun terlebih saat perusahaan mengalami krisis.

Belajar monitoring media dan aktivitas media relations rasanya kurang lengkap tanpa belajar langsung dari ahlinya. Untuk itulah pada Kamis, 08/12/2011, sebanyak 25 orang mahasiswa peminatan Humas Stratejik Angkatan 2009, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina berkunjung ke Pulse Communication, sebuah divisi dari Ogilvy PR Worldwide. Dalam kunjungan tersebut mahasiswa didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Relasi Media ibu Novi Arlaida, Sekretaris Program Studi ibu Ika Karlina Idris, dan staf administrasi program studi ibu Dwi Susiyati.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa mendapatkan penjelasan seputar strategi dan aktivitas Relasi Media oleh Client Service Director Pulse Communication Bapak Eugene Laksono. Menurut Eugene, PR mesti konsisten dengan key message yang diusung dalam sebuah konfrensi pers. Jika tidak, maka pesan yang akan dimuat di media massa bisa sangat beragam.

If we stick to the key messages, then media will get it and forget their agenda,” tegas Eugene.

Selain itu, ia juga memberi beberapa tips seputar relasi media, di antaranya adalah mengenai pemanfaatan sosial media, kontrol isu setelah konferensi pers, dan monitoring hasil pemberitaan.

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan ramah tamah, pada sesi ini dari pihak Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan ke berbagai kegiatan lain, contohnya pihak Pulse Communication dapat memberikan kuliah umum di Universitas Paramadina sehingga hubungan baik antara keduanya dapat tetap terjaga. (Dwi Susiyati)

Page 5 of 8

Positive SSL