1.png
b-ik.jpg
Profil Program Studi Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi
img-20110608-00329.resized.jpg
Kurikulum dan Metode PengajaranKurikulum disusun untuk
tim-ik.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Dr. Rini

Pengabdian Masyarakat: Tim Prodi Ikom Berpartisipasi Melatih Pramuka Dasar.

  • PDF

Kurikulum 2013 mewajibkan tiap siswa untuk mengikuti kegiatan Pramuka dengan tujuan mengasah budi pekerti. Demikian Rosleny, Guru SMAN 8, Jalan Salontongan. Buah Batu, Bandung.

Dalam kesemparan tersebut, Tim Dosen Ikom berpartisipasi melatih kerjasama, dan kemampuan komunikasi kelompok melalui permainan Pesan Berantai.

Pameran Fotografi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi

  • PDF

"Melawan Kemiskinan" karya Jody Ridwan Juniarsyah terpilih menjadi salah satu foto terbaik kelas Fotografi semster genap 2013/2014. Menurut Anton Ismail (Fotografer Profesional), juri dalam Pameran, foto tersebut terpilih sebab "Hasil foto bagus, tapi pas banget momennya. Tampak objek melakukan ini untuk mencari uang buat keluarganya." objek foto Jody, perempuan mengenakan pakaian putih panjang - tergolong mewah untuk lingkungannya, menarik bagi yang melihat foto tersebut. Selain itu, foto tersebut kontras dengan lingkungannya. Fotonya simple, dan bisa menyampaikan informasi secara instan.


Karya terbaik lainnya adalah jepretan Rezita Prihandani . Deputi Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, Totok Amin Soefijanto Ed.D. memilih foto berjudul Eat or Tweet sebagai foto terbaik (Peminatan brand management) karena perpaduan gambar dan teks-nya begitu kuat.

Foto-foto karya mahasiswa ini digelar selama dua hari (22 - 23 Mei 2014). Pameran Fotografi ini digelar sebagai ajang apresiasi bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah fotografi, yang diampu oleh Ir.Budi Suprayogo dan Yogi Ardi,S.Sos.

 

[PRESTASI] Community Journalism Competition British Council

  • PDF

 

 

Enam mahasiswa peminatan (yang terbagi dalam tiga tim) Penyiaran angkatan 2010 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, memenangkan penghargaan pembuatan video dokumenter lewat ajang Community Journalism Competition (CJC) yang diselenggarakan British Council bekerjasama dengan Arthur Guiness Fund, 7 Mei 2014 di Tugu Kunstkring Paleis, Jakarta.

Community Journalism Competition (CJC) merupakan bagian dari AGF-BC Community Entrepreneur Challenge Wave IV yang memberikan kesempatan kepada para sineas muda non-profesional untuk mendokumentasikan kegiatan berbagai komunitas sosial yang berhasil menjadi finalis. Mahasiswa yang meraih penghargaan tersebut adalah: Muhammad Rafrizal Salahudin dan Muhammad Ashadi Rianto (Juara 1); Dhaniar Sabrina dan Mayang Sari (Juara 2); Nanda Jody Perdino dan Fajrin Abdhilah (juara 3).

 

Kuliah Umum: Governance in New Media Era

  • PDF

Perkembangan internet dan media sosial mendorong terwujudnya e-government (pemerintahan elektronik) yang transparan dan bersih. Akan tetapi, dalam menerapkan e-government, sebuah negara seringkali hanya fokus pada penggunaan teknologi. Padahal, hal yang paling penting namun sering dilupakan dalam penerapan e-government adalah komunikasi dua arah yang strategis untuk publik.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof Miriam Lips, Professor of E-Government dari Victoria University of Wellington, Selandia Baru, dalam kuliah umum "Governance in New Media Era" Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina pada Kamis, 3 April 2014, di Aula Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina. Selain Prof Miriam, pembicara lain dalam kuliah umum tersebut adalah Deputi Rektor bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Universitas Paramadina Bapak Totok A. Soefijanto, Ed.D.

 

Dalam kesempatan itu Prof. Miriam juga menambahkan bahwa sebanyak 75 persen pelaksanaan e-government di seluruh dunia gagal. Salah satu penyebabnya adalah masalah birokrasi, dimana hal ini cenderung memperlambat dalam proses pembuatan keputusan.

 

“Dari pengalaman pemerintah Selandia Baru, penerapan e-government membutuhkan kepemimpinan yang kuat dari atasan dan reformasi di level bawah,” tegas Prof. Miriam.

Bapak Totok menambahkan bahwa penerapan e-government di Indonesia dapat mendorong transparansi pemerintahan dan pengurangan korupsi. Meski Indonesia adalah negara yang sangat aktif dalam penggunaan media sosial, namun media massa juga turut berpean dalam mendorong penerapan e-government.

 

 

Yudisum XI Program Studi Ilmu Komunikasi

  • PDF

 

 

Pada Senin 7 April 2014, Program Studi Ilmu Komunikasi mengadakan Yudisium ke XI. Yudisium ini merupakan acara rutin yang diadakan prodi menjelang Prosesi Wisuda Universitas Paramadina. Yudiisum ini dihadiri oleh dosen-dosen dan para calon wisudawan Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam yudisium ini diumumkan lulusan-lulusan dengan predikat lulusan terbaik, lulusan tercepat, lulusan dengan skripsi kualitatif terbaik, dan lulusan dengan skripsi kuantitatif terbaik. Lulusan terbaik Program Studi Ilmu Komunikasi tahun ini diraih oleh R. Indah Riadiani Hapsarie. Indah juga mendapatkan predikat lulusan dengan skripsi kualitatif terbaik. Untuk lulusan tercepat diraih oleh Maharani Amalia Nafitri, sedangkan untuk lulusan dengan skripsi kuantitatif terbaik diraih oleh Ranja Fahmilia. Untuk menghangatkan suasana, diumumkan pula lulusan dengan predikat-predikat yang sesuai dengan ciri khas mereka selama penulisan skripsi. Para calon wisudawan pun juga memberikan kenang-kenangan untuk dosen-dosen Ilmu Komunikasi. Sama seperti sebelumnya, kenang—kenangan tersebut berupa award yang menunjukan ciri khas dosen-dosen Program Studi Ilmu Komunikasi.

Dalam Wisuda Universitas Paramadina kali ini, universitas meluluskan 103 wisudawan S-1 dan S2, Program Studi Ilmu Komunikasi sendiri meluluskan 32 orang mahasiswa. Wisudawan terbaik dalam Universitas Paramadina kali ini jatuh pada R. Indah Riadiani Hapsarie. Selamat.

Kami dari Program Studi Ilmu Komunikasi mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan Ilmu Komunikasi.

 

Learning is Playing (The Safari Lesson)

  • PDF

 

Rabu, 26 Maret 2014 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina Kelas Teknik Kamera berkunjung ke Taman Safari, Cisarua, Bogor. Kunjungan dengan tema Learning is Playing merupakan ajang bagi mahasiswa Peminatan Penyiaran untuk  melatih keterampilan mereka dalam bidang fotografi. Dengan didampingi Ilham, dosen pengampu mata kuliah Teknik Kamera, para mahasiswa menggunakan teknik-teknik kamera yang selama ini dipelajari. Dengan objek yang bervariasi dan suasana yang berbeda, kunjungan ini menjadi kuliah yang sangat menyenangkan bagi mahasiswa.

Ingin tahu liputan selengkapnya?

Silahkan klik link berikut ini

Visit Youtube

 

Selamat Menyaksikan

 

 

 

Page 3 of 8

Positive SSL