b-fa.jpg
Profil Program Studi Falsafah dan Agama Program Studi
ku_fa.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Kurikulum disusun dengan
tim-fa.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: A.Luthfi

Gegar Identitas dan Menjadi Sarjana Muslim

  • PDF

Gegar Identitas dan menjadi Sarjana Muslim

Seorang intelektual muslimpun bisa galau ketika ilmu pengetahuan dan identitas agama bertemu. Mereka sangat menguasai wilayahnya, profesinya, nomenklaturnya, tapi tergagap ketika harus menyandingkan dengan Islam. Dipikirnya Ilmiah tidak Islam dan Islam tidak Ilmiah. Maka terjadilah kebingungan identitas antara menjadi muslim sekaligus ilmuan. Hal ini lah apa yang disebut sebagai "Bending the Scientific. Bending the Islam.  A Trouble Identity". Menjadi seorang  muslim akan terpecah identitasnya ketika bersanding identitasnya sebagai ilmuan.  Bagaimana sebenarnya pertemuan antara Islam dan ilmu pengetahuan itu sendiri?

Program Studi Falsafah dan Agama mencoba mendiskusikan berbagai uraian diatas dengan tema : "Gegar Identitas dan Menjadi Sarjana Muslim, pembicara : Dewi Candraningrum, Ph.D (Ahli Antropologi Budaya) dan Fuad Mahbub Siraj, Ph.D (Ahli pemikir Islam) pada tanggal : 7 Maret 2012, pukul : 15.00-17.30, Ruang B1-1 Universitas Paramadina.

Diskusi ini ,merupakan refleksi atas terbitnya buku yaitu : Narrative of Sustainable Development :Industriew Meeting Socio-Ecological Responsibilities and Integrating Islam and Knowledge : Social Science and Technology.

 

Positive SSL