b-psi.jpg
Profil Program Studi Psikologi Program Studi Psikologi
30908_1361374686511_1595906447_30855372_2861386_s.jpg
Kurikulum Program Studi Psikologi disusun untuk membekali para
tim-psi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Alfikalia,

PEMBEKALAN PERSIAPAN MASA PUBER Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan

  • PDF

Fase perkembangan dalam konteks fisik dan psikologis dalam kehidupan manusia menjadi hal yang alami. Fase perkembangan yang seringkali menjadi perhatian bagi para orangtua dalam hal ini tidak terlepas dari perkembangan fase anak-anak menjadi seorang remaja. Perkembangan mengarah pada fase remaja tersebut, jika diperhatikan maka akan didapati sebuah perubahan-perubahan besar yang dapat menimbulkan kecemasan, ketakutan maupun ketidakstabilan jika tidak ada bekal maupun kesiapan yang dimiliki oleh anak sendiri. Salah satu hal yang penting dalam perkembangan anak memasuki fase remaja dalam hal ini adalah mulai berkembanganya alat reproduksi dan hormonal (pubertas). Anak harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang benar dan sesuai agar mampu beradaptasi dengan tepat sesuai dengan fase perkembangan remaja yang akan dimasukinya nanti. Dengan adanya pembekalan yang sesuai ini akan menghindarkan dari pemahaman keliru yang sangat mungkin dimiliki oleh anak dari rasa keingintahuan anak mencari informasi. Upaya pembekalan ini juga akan menghindarkan anak terhindarkan dari informasi-informasi yang dirasa belum layak dikonsumsi saat upaya pencarian informasi melalui media internet maupun media yang lainnya.

Dengan melihat pentingnya permasalahan tersebut maka program studi psikologi melalui lembaga Paramadina For People bekerjasama dengan Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu dan Lembaga Sentra Tumbuh Kembang Kancil mengadakan “Pembekalan Persiapan Masa Puber” yang dilaksanakan

 

Tanggal 22 September 2016 dengan kegiatan pelatihan “Pembekalan Persiapan Masa Puber” yang difasilitasi oleh para dosen dan mahasiswa program studi Psikologi Universitas Paramadina.

 

 

Foto bersama para fasilitator dari program studi Psikologi Universitas Paramadina dan guru SD Islam Al Izhar Pondok Labu

 

Pelaksanaan kegiatan pembekalan persiapan masa puber

 

Dalam pelaksanaan kegiatan pembekalan ini, penggunaan alat bantu/media peraga bagi peserta dalam memahami permasalahan reproduksi dan pubertas merupakan hasil karya yang pembuatannya melibatkan mahasiswa psikologi yaitu Nailys Syifa (angkatan 2013) yang dinamakan dengan CIBAKU (Cintai Badan Ku). CIBAKU ini memiliki tujuan sebagai media pendidikan seksual pada anak usia sekolah dasar. CIBAKU terdiri dari empat konten pendidikan seksual yaitu pengenalan alat reproduksi laki-laki dan perempuan, cara menjaga kebersihan alat reproduksi, aktifitas seksual (menstruasi, mimpi basah, pernikahan) dan pengetahuan tentang privasi anggota tubuh. Empat konten tersebut mendasarkan pada konsep yang dipaparkan dalam buku Beyond the Bird and the Bees (1997).

 

 

· D

 

CIBAKU sebagai alat bantu/media di dalam kegiatan pembekalan persiapan masa puber

·Tanggal 28 September 2016 dengan kegiatan diskusi hasil pelatihan dengan guru. Dalam hal ini dosen program studi Psikologi yaitu Tia Rahmania, M. Psi, Psikolog memaparkan hasil pembekalan yang sudah dilaksanakan dan mendiskusikan dengan para guru di Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu.

Tanggal 29 September 2016 dengan kegiatan diskusi seminar hasil pelatihan dengan para orangtua murid. Dalam kegiatan ini dosen program studi Psikologi yaitu Tia Rahmania, M. Psi, Psikolog memaparkan hasil pembekalan kepada para orangtua di Sekolah Dasar Islam Al Izhar Pondok Labu.

 

 

Presentasi hasil evaluasi kegiatan di depan para orangtua murid SD Islam Al Izhar Pondok Labu

 

 

Presentasi hasil evaluasi kegiatan di depan para orangtua murid SD Islam Al Izhar Pondok Labu

 

 

Positive SSL