b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Sosialisasi Kegiatan BCIC 2015

  • PDF

Prodi DPI Dukung upaya Tingkatkan Potensi Produk Eksport

Coworking, Kemang, 19 Agustus 2015...

Sebagai wujud peran aktif perguruan tinggi dalam mendukung program pemerintah, masyarakat dan professional dibidang desain, Program Studi Desain Produk Industri Universitas Paramadina (prodi DPI) melakukan kerjasama (MOU) dengan BCIC (Bali Creatif Industry Center). BCIC adalah program dari Kementrian Perdagangan RI, berupa kegiatan pendampingan desain yang diikuti oleh para profesional dan mahasiswa desain seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama enam bulan dan diakhiri dengan pameran dan seminar internasional yang diadakan di gedung BCIC Denpasar, Bali.

Program ini bertujuan memberikan pengalaman dan wawasan kepada desainer untuk mengembangkan kekayaan budaya nasional. Peran para desainer sangat dibutuhkan untuk mengangkat kekayaan budaya nasional yang melimpah dan meningkatkan daya saing produk nasional untuk pasar eksport. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun lalu. Tahun ini kegiatan diperluas dengan menyertakan perguruan tinggi swasta dan desainer profesional dari beberapa kota termasuk DKI Jakarta. Sebagai wujud kerjasama/ MoU yang dilakukan, Prodi DPI universitas Paramadina ditunjuk menjadi tuan “Sosialisasi Program BCIC” untuk wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini berlangsung di Coworking, Kemang, Jakarta Selatan, tanggal 19 Agustus 2015. Acara terdiri dari sosialisasi program, fashion show dan sharing session oleh Dina Midiani (akademisi bidang Fashion) dan I Wayan Suklu (akademisi, seniman).

Prodi DPI berupaya agar mahasiswa mampu menghasilkan karya dengan mengembangkan kekayaan budaya lokal. Kemampuan dalam pengolahan material dan teknik produksi merupakan salah satu penekanannya. Pengetahuan mengenai trend dan fashion yang dipelajari di kampus juga menjadi bekal mahasiswa dalam menghasilkan produk yang disukai konsumen dan sesuai pasar yang dituju. Desainer harus berperan aktif dalam meningkatkan daya saing produk Indonesia khususnya untuk pasar eksport. Kerjasama dengan BCIC dan kementrian Perdagangan adalah upaya prodi DPI dalam memberikan kesempatan siswa untuk lebih update terhadap perkembangan desain, pasar (khususnya eksport) dan wawasan budaya nasional. (DPI/Agustus 2015)

 

Positive SSL