b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Kuliah Umum "Color Manners Designer Matters With Leonard Pek"

  • PDF

 

Warna adalah kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari dimana tanpa disadari kita menggunakannya setiap hari. Dalam desain warna memegang peranan penting karena warna dapat memvisualkan emosi, karakter dan arti. Warna juga merupakan reprensentasi dari penjalanan tren dan kebudayaan. Misalnya tren fashion, tren budaya ‘60, ‘70, ‘80 dst.

DKV Paramadina kali ini mengundang Leonard Pek dari Designasea untuk mengupas lebih dalam lagi mengenai warna. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2016 di Auditorium Nurcholish Madjid Universitas Paramadina. Dengan pendekatan yang sistematis. Pak Leonard memaparkan fenomena warna yang kaitannya dengan Socio-Culture, dimana warna menjadi Tren dalam Fashion, Pop Culture dari masa ke masa. Menuturkan bagaimana warna menjadi ‘Identitas’ dari sebuah pergerakan, gejolak dan secara global menjadi simbol misalnya RED for AIDS, dsb. Pak Leonard memaparkan Pantone menjadi salah satu tonggak pendukung bangkitnnya industri warna didunia, industri seni dan kreatif.

Warna berperan besar dalam produksi cetak, dimana dari sejak awal desainer saat membuat desain harus memiliki pengetahuan dan pertimbangan akan efisiensi penggunakan warna dan mana berkaitan dengan biaya produksi. Pak Leonard juga berbagi pengalamannya dalam desain dimana dijelaskan Peranan Spot Color dalam desain, akurasi warna menggunakan Pantone color swatch dan membuat desain dengan cost yang efisien. “Dengan menggunakan Pantone Cost Produksi dapat ditekan cukup signifikan” tandas Pak Leonard. Beliau memberikan studi kasus dengan Pantone spot color dapat membuat desain yang “Elegan dan Mahal” namun dengan biaya yang rendah. “Desainer jaman sekarang umumnya kurang paham mengenai produksi, biasanya hanya menyerahkan desain ke tukang cetak lalu menunggu. Disitulah ada yang hilang” ujar Leonard. Beliau menjelaskan masih banyak fenomena desainer pemahaman minim mengenai cetak sehingga banyak mengalami masalah dalam hal produksi.Yang mana juga berpengaruh kepada biaya. Beliau menekankan pentingnya pengetahuan cetak dan produksi sebagai bekal yang wajib dimiliki setiap desainer.

Nah para Desainer... sudah saatnya kalian meng-upgrade pengetahuan kalian bukan? Kini saatnya belajar pengetahuan warna. Karena Warna adalah bagian besar yang berperan dalam produksi cetak.

 

Positive SSL