b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

“Design Atmosphere “…in Paramadina

  • PDF

“Desproyer Gathering”, Sabtu 30-5-2015, Universitas Paramadina

“Peran aktif Prodi DPI, memajukan desain melalui forum desainer profesional”

Program Studi (Prodi) Desain Produk Industri (DPI) menjadi tuan rumah pertemuan pertama desainer produk se-Jabodetabek dan Bandung, pada hari Sabtu, tanggal 30 Mei 2015 lalu. Pertemuan ini merupakan salah satu upaya prodi DPI untuk meningkatkan “atmosfir” desain khususnya desain produk di Universitas Paramadina. Prodi DPI sudah ada sejak awal berdirinya Universitas Paramadina dan menjadi salah satu program unggulannya. Berbagai aktivitas desain produk dihadirkan di kampus mulai dari kegiatan kemahasiswaan hingga kegiatan bagi para desainer professional. Prodi juga didirikan oleh para aktivis desainer produk Indonesia dan hingga kini tetap menjadi tempat berkumpul membahas berbagai hal terkait desain produk. Semangat inilah yang ingin kami ditularkan kepada para siswa melalui pengembangan atmosfir keilmuan dan profesi desain produk.

Berawal dari membuat sebuah “group chat” untuk berkumpul, yang kemudian dinamai “desproyer”. Komunitas desainer produk ini terdiri dari para desainer produk lulusan dari berbagai PT di Indonesia dan luar negeri, baik yang bekerja sebagai profesional maupun akademisi. Ide untuk “kopi darat” ini dimaksudkan untuk sharing tentang beberapa topik yang disarikan dari diskusi ruang maya sebelumnya. Universitas Paramadina sebagai "rumah bagi para desainer" khususnya desainer produk di Jakarta, menawarkan menjadi tuan rumah. Tema materi sharing adalah Desain Produk & Akademik (sertifikasi profesi dan KKNI), Desain Produk & Inovasi, Desain Produk & Entrepreneurship, dan sosialisasi ADPI (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia). Pada kesempatan tersebut dipresentasikan dan dipamerkan pula beberapa karya inovatif desainer produk Indonesia yang dipasarkan di dunia.

Semoga program ini dapat berjalan dengan baik dan menjadi momentum yang tepat bagi desainer produk untuk lebih berperan dan bersinergi dalam mendorong kemajuan bangsa. Prodi mencoba menjadi pusat pengembangan desain produk sebagaimana yang telah mulai dirintis. Terima kasih kepada rekan desainer dalam kepanitiaan, dan juga rekan mahasiswa INPRODES (Hima DPI), staf yang mendukung kelancaran kegiatan ini. Semoga juga desain produk lebih dikenal dimasyarakat, dan berkembang seiring kebutuhan SDM desain produk dalam mengembangkan meningkatkan pendapatan negara dari sektor industri kreatif. (DPI/Mei 2015)

 

 

 

 

 

Positive SSL