b-hi.jpg
Profil Prodi HI Studi Hubungan Internasional (HI) adalah
foto_parmad.jpg
  Kurikulum dan Metode Perkuliahan Program Studi Hubungan
tim-hi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Ahmad Khoirul

Kuliah tamu dari Makoto Nakano (Professor of Sociology, Faculty of Regional Sciences Tottori University, Japan

  • PDF

 

Kuliah Tamu Bersama Makoto Nakano (Kanan), didampingi oleh Ketua Program Studi Hubungan Internasional, Emil Radhiansyah, M.Si (kiri)

 

Pada 15 Mei 2015, Matakuliah Kawasan Asia Timur mendapatkan kunjungan dari Bapak Makoto Nakano. Beliau merupakan Professor Sosiologi pada Fakultas Studi Kawasan (Faculty of Regional Sciences) dari Universitas Tottori Jepang. Pada kunjungan tersebut Professor Makoto Nakano berkesempatan untuk memberikan pemaparan mengenai kehidupan sosial masyarakat Jepang.

Profesor Makoto menjelaskan bahwa Jepang merupakan salah negara yang mampu maju dari keterpurukan pasca Perang Dunia II. Kemajuan yang didapatkan Jepang menjadi pemicu berkembangnya persaingan dalam bidang ekonomi diantara negara-negara asia, khususnya Asia Timur (Korea Selatan, Tiongkok, Taiwan dan Jepang) yang memiliki dampak terhadap negara-negara asia lainnya. Namun yang perlu dicermati adalah terhadap perkembangan Jepang itu sendiri. Kemajuan yang didapatkan oleh Jepang dimulai dari revolusi budaya terhadap masyarakatnya. Pada masa Meiji, Jepang mengalami transformasi sosial yang cukup tinggi yang pada akhirnya mengubah tidak hanya dasar-dasar dalam sistem sosial masyarakat namun juga dalam sistem dan struktur pemerintahan. Perkembangan Jepang dimulai dengan mengkooptasi dan mengadopsi nilai-nilai yang ada pada masyarakat barat (Amerika pada khususnya) pada bidang perkembangan keilmuan, kemiliteran, teknologi serta pemerintahan, namun tetap mempertahankan sebagian kultur tradisionalnya. Pada kesempatan tersebut Profesor Nakano memutarkan sebuah dokumenter mengenai masyarakat Jepang.

 

Positive SSL