b-psi.jpg
Profil Program Studi Psikologi Program Studi Psikologi
30908_1361374686511_1595906447_30855372_2861386_s.jpg
Kurikulum Program Studi Psikologi disusun untuk membekali para
tim-psi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Alfikalia,

Kuliah Umum Prodi Psikologi "PSIKOLOGI-ENTREPRENEURSHIP"

  • PDF

Universitas paramadina memiliki tiga kompetensi utama yang harus dimiliki dan diinternalisasi oleh mahasiswa dan juga lulusannya yakni; 1) Leadership, 2) entrepreneurship, 3) ethic. Ketiga kompetensi tersebut menjadi warna khas mahasiswa dan lulusan universitas paramadina yang berfungsi sebagai identitas personal dan juga sebagai penciri khas/pembeda universitas paramadina sebagai institusi pendidikan dari institusi pendidikan lainnya, dengan harapan lulusan universitas paramadina mampu berkiprah dan mengaplikasikan keahlian dan kemampuannya dalam dunia kerja berdasarkan disiplin keilmuannya yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Sebagai sebuah kompetensi, tentu saja ketiga nilai tersebut harus mampu diturunkan dan diaplikasikan dalam bentuk kurikulum, yang pada akhirnya akan terinternalisasi dalam bentuk matakuliah-matakuliah yang diajarkan di kelas sesuai dengan program studinya masing-masing. Dengan demikian satuan terkecil yang akan menjalankan kompetensi-kompetensi tersebut adalah program studi melalui kurikulum yang disusun dan diterima oleh mahasiswa dalam bentuk matakuliah yang diajarkan dikelas.

Program studi psikologi, sebagai sebuah wadah disiplin keilmuan, pun memiliki kewajiban untuk menurunkan tiga kompetensi universitas dalam bentuk kegiatan perkuliahan. Pada kesempatan kali ini, salah satu kompetensi yang akan di-install-kan kepada mahasiswa adalah entrepreneurship melalui kuliah umum (studium generale) dengan mengusung tema “PSIKOLOGI-ENTREPRENEURSHIP – When psychology and entrepreneur meet” yang diselenggarakan pada Jum’at, 19 Desember 2014, dengan mengundang pembicara Bapak Antonius Yuwono, S.Psi yang berlatar belakang ilmu psikologi (alumni fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta) yang mengaplikasikan ilmu psikologi dalam bidang entrepreneurship dengan sangat baik dan mampu meraih kesuksesan dalam bidang entrepreneurship, dipandang sangat sesuai untuk memberikan perspektif baru kepada mahasiswa bahwa ilmu psikologi bukan hanya berkutat pada disiplin keilmuannya semata yang sudah mainstream di dunia kerja seperti bagian HRD perusahaan, di rumah sakit jiwa, di klinik atau biro psikologi, menjadi konsultan atau melakukan pengetesan psikologi semata, namun ilmu psikologi dapat diaplikasikan pada dunia entrepreneurship dan terbukti berhasil seperti yang telah dilakukan oleh narasumber kuliah umum kali ini dengan moderator oleh Bapak Haris Herdiansyah, M.Si.

Dan mahasiswa merasa senang dan cukup puas dengan tema kuliah umum yang dilaksanakan karena memberikan perspektif baru mengenai dunia bisnis dan wirausaha dari sudut pandang ilmu psikologi. Selain itu, muncul motivasi dari mahasiswa bahwa bisnis dan wirausaha dapat dilakukan oleh orang-orang dengan latar belakang ilmu psikologi, dan dapat berhasil seperti yang dilakukan oleh pembicara dalam kuliah umum. Kesimpulan lainnya adalah bahwa mahasiswa mengetahui jika bidang ilmu psikologi sebenarnya luas termasuk didalamnya bidang wirausaha sehingga pandangan yang sempit bahwa lulusan psikologi hanya akan bekerja pada bidang dan jalur yang sesuai dengan keilmuan psikologi saja seperti di bidang klinis, di rumah sakit, di sekolah , dan di biro-biro psikologi, terpatahkan dengan pemahaman baru yang mereka dapatkan dari kuliah umum.

Dengan terselenggaranya kuliah umum pada semester gasal TA 2014-2015 ini, prodi psikologi sudah sesuai dengan amanah yang dititipkan melalui para pendiri universitas untuk menurunkan komptensi inti (core-competences) universitas kepada mahasiswanya melalui kegiatan ini. Selain itu, sebagai sebuah prodi yang bertugas memberikan layanan keilmuan kepada peserta didik/mahasiswa, prodi psikologi telah memberikan perspektif lain kepada mahasiswa mengenai aplikasi ilmu psikologi diluar mainstream yaitu dalam ranah entrepreneurship.

Positive SSL