1.png
b-ik.jpg
Profil Program Studi Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi
img-20110608-00329.resized.jpg
Kurikulum dan Metode PengajaranKurikulum disusun untuk
tim-ik.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Dr. Rini

PENGABDIAN MASYARAKAT “CERDAS MENONTON TELEVISI” PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PARAMADINA & PAUD NURILANG

  • PDF

 

 

 

Kamis, 13 November 2014 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di PAUD Nurilang, Tegal Parang. Kegiatan ini mengangkat tema “Cerdas Menonton Televisi”. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00-12.00 WIB dimulai dari susunan acara mulai dari Pembukaan, Kata Sambutan, Penyampaian materi, Sharing session, Quiz keakraban, hingga sampai kepada Pembacaan doa dan Penutup.

 

Rangkaian acara tersebut berjalan dengan suasana penuh keakraban dan kekeluargaan dipandu oleh Pembaca Acara Anggun Meilandari, SH yang merupakan Staf Akademik Dosen bagian Ilmu Komunikasi.

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina dan PAUD Nurilang mengundang para orangtua/wali anak-anak PAUD Nurilang untuk hadir pada acara tersebut. Antusias dan semangat untuk hadir dari para orang tua/wali anak-anak terlihat mulai dari datang tepat waktu, menyambut ramah kedatangan para Dosen ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, tenang dan serius memperhatikan penyampaian materi-materi yang mengangkat tema “Cerdas Menonton Televisi tersebut.

 

 

Mengangkat tema Cerdas Menonton Televisi maka kita ketahui bahwa Televisi masih menjadi primadona dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Banyaknya stasiun televisi mendorong perkembangan di berbagai bidang termasuk dunia hiburan yang semakin lama menjadi semakin semarak. Perkembangan berita juga menuntut masyarakat untuk melek Media. Tidak dapat dipungkiri tidak selamanya beberapa acara di stasiun televisi membawa kebaikan sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai media massa penyebar informasi. Banyak tayangan dan informasi harus dicermati terlebih dahulu terutama dalam hal memberikan tayangan yang sesuai untuk anak-anak. Oleh karena itu, muncullah pertanyaan “Mengapa harus Melek Media?”. Pertanyaan tersebut terjawabkan ketika Dr. A.G Eka Wenats memberikan materi I tentang mengapa harus melek media terutama bagi orang tua dan tanpa terkecuali semua masyarakat Indonesia. Suasana keakraban, penyampaian materi yang mudah dipahami semakin menunjukkan antusias dari para semua yang hadir untuk mendengarkan materi dengan serius dan semangat.

Selanjutnya, ketika orang tua anak-anak PAUD Nurilang sedang mengikuti acara kegiatan Pengabdian Masyarakat maka anak-anak di PAUD Nurilang diajak untuk mendengarkan dongeng-dongeng lucu dari kak Rona Mentari di bantu Nabilla yang merupakan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina. Anak-anak PAUD Nurilang dengan polosnya sangat memperhatikan gerak-gerik Rona dalam berdongeng hingga seolah-olah terbawa suasana dalam cerita dongeng tersebut *hurrraayyy*

Memasuki Materi II yaitu mengenai Mengobservasi Tayangan para orang tua anak-anak pun masih dengan semangat mengikuti rangkaian acara tersebut. Penyampaian materi ini langsung diberikan dari kolaborasi dosen Prodi Ilmu Komunikasi Dr. Rini Sudarmanti dan Dr. Suraya,MM. Praktek dan contoh langsung beberapa tayangan televisi diberikan dalam materi II tersebut, sehingga para orang tua bisa bersama-sama bertukar pendapat dengan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina tentang tayangan-tayangan televisi ter-update sekarang terutama kewaspadaan bagi tontonan anak-anak.

 

Setelah rangkaian acara Pengabdian Masyarakat terlaksana semoga beberapa materi yang telah disampaikan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi para tamu undangan yang hadir. aamiin.

Televisi adalah salah satu Penyebar Informasi canggih lewat Media, dari nya lah kita bisa melihat cakrawala informasi-informasi dunia!!!!

 

 

AMD

 

 

 

 

 

Positive SSL