b-dkv.jpg
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bidang desain yang
img_5349.jpg
Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual berbasis
tim-dkv.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Gilang

Kuliah Umum"Corporate Communication : The Flip Side Of Opportunity"

  • PDF

 

Kuliah Umum“Corporate Communication : The Flip Side of Opportunity”

 

Kuliah umum berikutnya dalam semester ini adalah kerjasama prodi DKV Universitas Paramadina dengan PT. Maksimedia Satya mitra (Maksimedia), adalah graphic agency yang spesifikasi lingkupnya di bidang corporate communication. Reputasi Maksimedia sudah tidak diragukan lagi dalam menggarap sejumlah annual report perusahaan besar di Indonesia, baik BUMN maupun swasta. Pembicara dalam kuliah umum ini adalah Bapak Untung Setyo irawan sebagai Director of account service dan ibu Orchidarina sebagai creative head dari Maksimedia.

Tema “Corporate Communication : The Flip Side of Opportunity” diambil karena corporate communication di ibaratkan sebuah koin, corporate communications adalah sisi lain dari marketing communications. Sisi lain dari peluang (the flip-side of opportunity) yang dihadirkan oleh fungsi corporate communications berbeda dengan marketing communications atau advertising. Corporate communication mempromosikan reputasi perusahaan yang dihasilkan dari keberadaan budaya perusahaan yang kuat, identitas korporat, nilai dan filosofi perusahaan, corporate citizenship, serta hubungan atau relasi secara professional terhadap pihak internal dan eksternal.

Industri corporate communication tumbuh karena adanya kebutuhan, terutama dalam merespon informasi yang dibutuhkan oleh publik internal dan eksternal. Seiring perkembangan bisnis global, perusahaan menyadari bahwa reputasi dan citra perusahaan merupakan hal yang penting untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif serta dalam rangka memenangkan persaingan. Melalui strategi komunikasi yang tepat, corporate communication mampu menjelaskan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan menjadi sebuah pesan kohesif kepada para stakeholder. Menyadari pentingnya fungsi corporate communications dalam menentukan arah bisnis perusahaan, saat ini peluang semakin terbuka bagi para pemikir kreatif untuk turut serta dalam membangun reputasi dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi perusahaan.Saat ini, corporate communications telah menjadi aset yang signifikan untuk keberlanjutan pertumbuhan perusahaan. Corporate communication kini telah muncul sebagai suatu ilmu dan seniman menpersepsi.



Kuliah ini menambah wawasan mahasiswa mengenai lingkup corporate communication, dengan menunjukkan pula proses brain storming sampai dengan proses produksi sebuah annual report pada peserta. Para pembicara menunjukkan banyak contoh kalender, dan annual report yang sudah dikerjakan oleh Maksimedia yang diapresiasi secara antusias oleh para mahasiswa DKV.



 

Positive SSL